Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2016
Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2017
Peluang Bisnis Online Indonesia
Bisnis Online

Mau Bisnis Online ? Tapi gak tahu harus mulai dari mana ?

Artikel ini merupakan rangkuman artikel pada website www.bisnisindonesian.com Diharapkan dengan dibuatkannya artikel ini bisa mempermudah anda dalam memahami bisnis online. Ada banyak jenis bisnis online di dunia ini. Jangan coba menghitungnya, karena hampir setiap orang bisa membuat jenis bisnis online-nya sendiri. Maksudnya ? Itulah yang kadang membuat pemula bingung. Banyak iklan yang menjanjikan penghasilan besar dengan ikut jaringan bisnis online mereka, itu hanya salah satu contoh bisnis online buatan mereka. Sebagian besar iklan-iklan bisnis online tersebut, sama sekali tidak menghasilkan bagi anda.

Pertama, TIDAK ADA BISNIS ONLINE YANG MENGHASILKAN SECARA INSTAN ! Kedua, KALAUPUN ADA TIDAK MUNGKIN BERTAHAN LAMA (HANYA JANGKA PENDEK) Kenapa saya berkata seperti itu ? Sudah 2 tahun lebih saya menjalankan bisnis online dan semuanya butuh proses untuk benar-benar menghasilkan. BOLEHKAN Coba-coba ? Kalo ada peluang kenapa tidak ? Benar. Sudah seharusnya anda memperbanyak trial & error. Sampai anda paham bagaimana membangung bisnis online yang sesuai minat (passion) dan benar-benar menghasilkan. Tidak salah, cobalah pelajari jaringan bisnis-bisnis online yang ada. TAPI ! Saya kasih tahu, jangan tergiur dengan iklan bisnis online yang menawarkan penghasilan BESAR, GRATIS dan CEPAT ! Dijamin itu bisnis abal-abal. Penghasilan yang besar dan cepat umumnya hanya bisa diperoleh jika anda MAU Mengeluarkan Modal yang BESAR atau Kerja Keras dan Investasi Waktu yang Lama.
Saya sarankan anda membaca artikel saya ini dahulu mengenai “Pola Pikir Jika Anda Ingin Jadi Pengusaha”

Lebih baik anda memulai bisnis dari yang mudah dan nyaris tanpa modal, namun tetap menghasilkan dan berpotensi dapat dikembangkan. Lanjutkan membaca.

3 Bisnis Online ini Tanpa Modal Uang

Pemasukan saya ketika menjadi seorang mahasiswa per bulan menembus angka Rp 6 juta-an. Namun, keuntungan bersihnya sekitar Rp 1,2 juta. Memang, tidak terlalu besar, tetapi itu fantastis dan lebih dari cukup bagi seorang mahasiswa pemula yang menjalankan bisnis tanpa mengeluarkan modal sedikitpun (kecuali pulsa internet) dan tenaga banyak. Sebetulnya ini merupakan bisnis termudah dan saya kira memang cocok bagi pemula yang baru mau belajar bisnis. Saya masih

kalah dengan beberapa teman saya yang sama-sama terjun dalam bisnis online. Salah satu teman sekaligus sahabat saya selama kuliah “Alan” sapaan akrab, pernah berbagi pengalaman pada pertemuan komunitas MEC kampus bahwa keuntungan per bulan dari bisnis online yang dijalankannya menembus angka Rp 2-3 juta perbulan dan itu dia gunakan untuk membiayai hidup selama ngekost. Pertanyaannya apa yang kami lakukan saat itu ? Saya tidak akan menjawabnya terlebih dahulu, sebab ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh anda secara online tanpa modal uang ( yang selanjutnya disebut duit). Saya harap anda tidak terdikte mengikuti jenis bisnis online yang saya lakukan karena semuanya tergantung pada passion atau jenis bisnis online apa yang membuat anda nyaman menjalankannya. Beberapa jenis bisnis online yang saya rekomendasikan karena mudah dan nyaris tanpa mengeluarkan biaya dan hanya bermodal koneksi internet dari HP anda, diantaranya :

1. Dropshipping
2. Affiliate (Afiliasi)
3. Penulis artikel

“Syarat utama berbisnis online salah satunya adalah anda harus memiliki rekening di bank, jika belum maka ini saatnnya anda belajar membuka rekening di bank” Ketiga bisnis online tersebut sebetulnya tergolong jenis pekerjaan ringan dan mobile (dapat dilakukan ketika anda berada dimana saja). Namun, banyak orang yang sering menyebutnya dengan bisnis online. Pertama saya ingin menjelaskan mengenai dropshipping yang mana adalah sebuah sistem bisnis online dimana anda menjadi perantara yang menjualkan produk orang tanpa harus memiliki stok barang. Sistem Dropshipping ini hampir sama dengan affiliate namuna sejauh yang saya ketahui perbedaannya terletak pada ada tidaknya transaksi finansial langsung dengan pelanggan.
Pada sistem dropshipping biasanya anda tidak diwajibkan mendaftar. Hanya saja untuk beberapa kasus, akhir-akhir ini pedagang/penjual mengharuskan calon dropshipper mendaftar dahulu agar mudah pendataan dan pemberian harga dropshipper (potongan harga). Prinsip kerjanya sederhana anda tinggal menawarkan produk pedagang ke pelanggan, lalu pelanggan tertarik dan memesannya kepada anda dengan mentransfer uang ke rekening anda sesuai harga produk yang sudah anda mark up (lihat catatan 1) tersebut + ongkos kirim. Kemudian, anda mengontak pedagang bahwa terdapat orderan produk dari pelanggan bernama A dengan alamat x mohon berapa harga + ongkos kirimnya untuk dropshipper. Setelah pedagang membalas bahwa produk masih ada stoknya dan memberikan total biaya, maka anda langsung mentransfer ke rekening pedagang. Setelah itu, barang akan dikirim pedagang ke pelanggan anda dengan atas nama pengirim anda.

"Catatan 1 :

· Mark up sederhananya adalah menaikkan harga agar mendapat selisih untung. Namun pada sistem dropshipping biasanya pedagang sudah memberikan selisih harga buat anda. Misal harga jual produk Rp 100.000, namun pedagang menjual ke anda karena dropshipper seharga Rp 80.000 sehingga nanti anda jual lagi ke pelanggan seharga Rp 100.000 agar pelanggan membeli sesuai harga produk sebenarnya.

· Sebelum menyuruh pelanggan mentransfer ke rekening anda, pastikan terlebih dahulu dengan mengontak pedagang bahwa produk yang dipesan pelanggan masih ready stock (ada stok)."

Sistem afiliasi biasanya berkaitan dengan komisi yang diberikan sesuai dengan jumlah pelanggan yang membeli yang anda datangkan. Prinsip kerjanya seperti berikut ini :

1. Pertama, anda mendaftar menjadi member affiliate salah satu pedagang (merchant) yang menyediakan affiliate.

2. Jika sudah terdaftar, anda biasanya akan mendapatkan link-link produk yang harus anda gunakan untuk promosi ke banyak orang di dunia maya. Caranya anda, bisa memasang link tersebut dalam bentuk banner pada blog/website, link tulisan dan lain lain disebar melalui media sosial seperti facebook dsb.

3. Jika ada orang yang mengklik maka dia akan dibawa ke website pedagang (merchant) sesuai jenis link produk yang diklik dan secara otomatis dia akan terekam sebagai pelanggan dari anda selaku affiliate. Jika pelanggan jadi membeli produk maka anda akan diberikan komisi sesuai ketentuan yang telah diberitahu sebelumnya.

Singkat kata, sistem affiliate umumnya lebih mudah dibanding dropshipping karena anda tidak perlu bertransaksi finansial secara langsung dengan pelanggan. Sederhananya, pada sistem afiliasi ini, anda hanya bertugas mencari pembeli di dunia maya dengan menyebarkan link affiliate anda, itu saja. Sistem affiliate ini berbeda dengan MLM (Mulit Level Marketing) yang mencari downline untuk memperoleh pendapatan. Sistem affiliate benar-benar pure anda mendapatkan pendapatan dari komisi penjualan barang-barang milik pedagang. Terakhir adalah jasa penulisan artikel, yang satu ini memang membutuhkan keahlian menulis. Jika anda tidak pandai menulis tidak disarankan memilih jenis pekerjaan online ini. Beberapa pemilik blog dan website sukses di dunia maya sangat berupaya menjaga traffic pengunjung blog atau websitenya. Hal itu dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan page rank website atau blog tersebut agar mereka bisa memperoleh penghasilan bisnis dari google adsense atau advertiser “iklan” (biasanya). Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan rutin mem-publish artikel, namun banyak pemilik blog atau website tersebut yang tidak selalu punya waktu untuk menulis artikel. Oleh karena itu, jasa penulisan artikel mulai ramai dibicarakan dan sejauh ini bahkan bukan lagi perorangan yang menawarkan jasa penulisan artikel namun sudah berbentuk organisasi. Persaingan memang cukup ketat, apalagi jika anda pemula dan belum mengetahui cara menulis artikel
berstandar SEO. Namun peluang selalu ada, jika memang anda memiliki komitmen untuk mau memulai pekerjaan atau bisnis. Rekomendasi dari teman saya anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel di ads.id.

BISNIS YANG MANA YANG SAYA JALANKAN ?
Ke-tiga bisnis di atas pernah dan beberapa sedang saya jalankan. Namun, pemasukan utama saya saat ini adalah pada Bisnis Online Dropshipping. Selain itu saya juga tengah mempelajari beberapa bisnis online lainnya seperti google ads dan sebagainya.

BILA anda ingin berbisnis Dropshipping Anda bisa memulai dari sana menjualkan produk-produk yang ada di toko online yang menyediakan sistem dropship.

BAGAIMANA Langkah-langkah memulainya ?

Tutorial Bisnis Online Dropshipping

Bisnis online dropshipping banyak dipilih, baik oleh anak muda maupun orang tua. Mengapa ? karena bisnis online ini cukup familiar dan memiliki metode yang mudah. Lucunya, sebagian besar pelaku jenis bisnis ini tidak tahu bahwa bisnis yang dijalankannya adalah dropshipping. Mereka hanya tahu istilah menjualkan barang penjual via online tanpa nyetok barang dengan memark-up harga barang tsb atau meminta potongan harga. Mekanisme bisnis online dropshipping, sebetulnya tidak sesederhana bisnis afiliasi, hanya saja bisnis afiliasi perlu dibarengi dengan pembuatan blog agar efektif. Bisnis dropship ini tidak perlu dibantu dengan pembuatan blog atau website. Mekanisme dropshipping sederhananya seperti ini : Promosikan produk penjual ke teman atau orang lain - > jika ada yang minat beli, kontak penjual dan pesan produk, lalu minta kirimkan ke pelanggan saya dengan atas nama pengirim saya.

Langkah Berbisnis Online Dropshipping

Bila anda masih bingung, langsung saja simak langkah berbisnis online dropshipping sebagai berikut :

1. Anda mencari penjual via online (di internet) yang menawarkan bisnis dropshipping produk mereka. Anda bisa mencarinya di mesin pencari 'google', ketikan saja kata kunci "Penawaran dropshipping". Lihat, biasanya penjual punya syarat dan ketentuan serta potongan harga.

2. Daftarkan diri anda pada penjual tersebut, setelah terdaftar mintalah 'katalog produk-produk' dari penjual tsb. Katalog produk biasanya berisi foto-foto produk yang dimiliki penjual beserta keterangnya seperti nama, bahan, ukuran dan harga. Biasanya penjual akan menyuruh anda untuk mendownload katalog tersebut di alamat link yang nanti diberikan penjual. Namun ada juga penjual yang tidak tahu kata katalog dan solusinya mintalah foto-foto produk dan keterangannya bisa dikirim via bbm atau e-mail. Jika penjual punya facebook atau website, biasanya anda akan disuruh download sendiri foto-foto produknya.

3. Setelah anda memiliki foto-foto produk dan keterangannya (nama, bahan, ukuran yang tersedia, harga), saatnya anda cus mencari pembeli (mempromosikannya). Anda bisa mencari pembeli via online (di seluruh Indonesia) dengan mempromosikan produk di situs jual beli dan media sosial. Rekomendasi situs jual beli online gratis yang bisa anda gunakan untuk promosi yaitu : www.kaskus.co.id, www.olx.com, www.tokopedia.com, www.yukbisnis.com, www.bukalapak.com, www.jualo.com dan lain-lain. Sementara promosi di media sosial bisa dengan memanfaatkan akun facebook, twitter, instagram, line, whatsapp, bbm dan sebagainya.
catatan : sebelum mencari pembeli atau mempromosikan produk, anda harus tetapkan dahulu harga jual produk itu. Jangan-jangan anda tidak mengambil untung. Jika tidak ada penawaran harga khusus bagi dropshipper (potongan harga) otomatis anda harus memark-up harga produk. Misalkan, harganya Rp 100.000 per produk dari penjual, anda mark-up Rp 125.000 agar untung Rp 25.000 per satu penjualan produk. Pesan saya, lebih baik anda mencari penjual yang menawarkan harga khusus (potongan) bagi dropshipper agar anda bisa bersaing dan menjual berdasarkan harga pasar (harga penjual). Mengapa penetapan harga produk penting ? Ini mengingat saat anda menjualkan produk penjual ke konsumen, penjual juga sedang menjual produk yang sama ke konsumen sebab rata-rata penjual melakukan mekanisme seperti itu. Jika anda memark-up harga terlalu tinggi, otomatis konsumen akan memilih harga yang murah dari penjual dibanding dari anda.

4. Daftarlah dengan mencari button "sign up" atau "daftar" pada situs jual beli online tsb. Setelah anda terdaftar, mulailah mem-posting (publikasikan) produk anda di situs jual beli tersebut. Setiap situs jual beli online memang memiliki tampilan antar muka yang berbeda sehingga anda perlu tahu cara mempublikasikan produk anda. Normalnya di kaskus setelah anda log in, kemudian klik sebelah pojok kanan atas nama akun anda, nanti anda pilih Kaskus Store atau FJB, lalu pilih Start Selling, selanjutnya tinggal ikuti saja petunjuknya (seperti kategori produk dll).
Jika anda kesulitan cara mempublikasikan produk di beberapa situs jual beli online lain, nanti akan saya bantu dengan menerbitkan artikel cara mempublikasikan produk di beberapa situs jual beli online tersebut. Sementara anda, bisa mencari caranya di mbah Google dulu saja atau coba-coba cari sendiri pasti bisa (masa tidak bisa ^_^). Point penting saat hendak mempublikasikan produk adalah sertakan informasi selengkap mungkin dari yang anda punya. Informasi tersebut seperti nama produk, ukuran tersedia, harga, cara memesan, kontak yang bisa dihubungi serta info tambahan lain (jenis bahan, panjang x lebar ukuran dll).

5. Promosikan (publikasikan) produk anda di beberapa situs jual beli online berbeda. Anda juga perlu memiliki akun media sosial minimal satu seperti akun facebook atau twitter, bila perlu semakin banyak semakin bagus. Akun media sosial juga sangat efektif menjaring pembeli. Jika facebook, buatlah halaman 'fanpage' untuk mempromosikan produk atau sebagai lapak jualan.

6. Konsisten dan tidak putus asa. Jika masih sedikit pembeli atau bahkan belum ada pembeli, jangan frustasi. Konsisten lakukanlah seperti langkah-langkah di atas, dijamin jika anda menerapkan langkah-langkah di atas pasti ada saja pembeli yang akan menghubungi anda. Ini sudah terbukti, karena saya juga sedang menjalankan bisnis dropshipping online. Saya kira langkah-langkah tersebut sagat mudah dipraktekan. Ada beberapa aplikasi penunjang Bisnis Online Dropshipping.

Saya kira itulah gambaran umum dan cara berbisnis online yang mudah dan bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Anda bisa mempelajari ilmu dan informasi penting lainnya mengenai bisnis online dan internet marketing di website saya.

Selamat mencoba.

Artikel Terkait : Mau Bisnis Online Tapi gak tahu harus mulai dari mana




Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia