Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2016
Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2017
Peluang Bisnis Online Indonesia
Bisnis Online

60 Tips Personal Branding via Twitter

Perkembangan sosial media saat ini membuka jalan yang sangat besar bagi setiap individu untuk melakukan personal branding secara murah dan efektif. Twitter, sebagai salah satu social media tools merupakan tools yang sangat efektif bagi banyak orang untuk membangun personal brandingnya. Berikut 60 tips yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding (notes, saya perlu berikan catatan untuk membangun personal branding via twitter sangat dianjurkan untuk Anda memiliki website / blog yang mendeskripsikan secara lengkap personal branding Anda dan service/ product yang Anda tawarkan).
Mengapa personal branding via twitter? Ini tentu pertanyaan yang muncul di bekak Anda yang membaca. Tahukah Anda jumlah pengguna twitter di Indonesia saat ini sudah mencapai 19 juta orang? Itu dari sisi jumlah user twitter, belum lagi dari sisi sifatnya yang sangat viral dan tingkat enggament (hubungan) yang juga sangat tinggi antara seorang personal dengan followernya (penggemar/ teman dsb).
Nah apakah kemudian tips-tips ini tidak bisa diaplikasikan di brand yang bukan personal (produk?) tentu sajah sangat bisa, pada prinsipnya sama saja namun perlu modifikasi dibeberapa bagian. Sisanya tinggal kreatifitas kita diuji sebagai brand managernya.

1. Personal Profile
Profile menunjukan siapa diri Anda dan apa bidang keahlian Anda, kecuali memang Anda membuat sebuah account dengan identitas tersamar/ anonim. (ingat sangat penting untuk mulai membangun brand positioning dari profile pribadi Anda). Identitas, baik itu yang menjelaskan mengenai data diri Anda secara pribadi, bidang keahlian Anda, alamat website atau blog Anda serta contact email atau nomor telepon merupakan jejak yang sangat penting untuk Anda tinggalkan di dunia online. Calon klien, teman ataupun supplier Anda pasti akan mengecek terlebih dahulu profile diri Anda sebelum mau berteman atau berbinis dengan Anda.
Selain itu identitas adalah gerbang untuk kita membangun positioning personal brand kita, jadi dalam tahap pengisian profile ini Anda sudah harus memikirkan masak-masak hal ini dan juga ingat hal di atas, website atau blog Anda sudah harus sesuai dengan brand positioning Anda.

2. Easy to Remember
Setiap tweet hanya dapat menampung 140 karakter maka Anda harus pintar dalam merangkai kata-kata sehingga pesan dikirim dengan efektif & efisien. Akun twitter juga sebaiknya dibuat sesingkat mungkin, jika nama Anda terlalu panjang bisa disingkat. Hal ini akan memudahkan teman Anda yang ingin mengirim tweet dengan mention akun twitter Anda, umumnya akun twitter terdiri dari 7-10 karakter. Nah selain itu juga jangan membuat ID yang rumit dan tidak jelas sehingga membuat orang sulit untuk menyebut dan mengingat ID tersebut. Coba lihat account di bawah sebentar, kemudian tutup mata, coba ingat kembali apa ID nya? Sulit bukan, nah untuk branding tentu hal ini kurang baik.

3. Link to Blog/ Web
Buat link di profile yang mendirect seseorang yang ingin mengetahui Anda lebih jauh. Hal ini sangat penting karena profile Anda dan service/ product yang Anda tawarkan tentu tidak dapat ditampilkan di twitter secara lengkap.

4. Backgroun Profile
Dengan picture/ image dan coprywriting yang mendefinikan personal brand Anda. Anda bisa membuatnya secara manual (Cuma settingnya harus pas dan tepat) atau bisa menggunakan http://www.twitbacks.com/ . Memang ada keterbatasan dalam hal ini, khususnya bila profile kita dilihat dari netbook karena backgroundnya jadi tidak terlihat, but it’s ok lah, mana tau yang lihat lagi menggunakan PC dengan ukuran layar yang cukup besar.

5. Followlah Share Akun
seperti @updateblog (account di mana Anda bisa mengirimkan update an blog Anda dan kemudian bila update an blog Anda memenuhi syarat account @updateblog tersebut akan menshare link artikel di blog Anda ke seluruh followernya).
Account-account ini akan membantu Anda untuk lebih mudah terkenal tentunya karena account-account ini lebih mirip media di mana bisa membantu kita melakukan broadcast konten milik kita ke orang banyak. Bayangkan jika follower share account tersebut mencapai 1.000 orangkan banyak sekali total reach (penyebaran) yang bisa Anda dapatkan ketika ID tersebut melakukan tweet share dari tweet anda.
Namun yah perlu dicatat bahwa Andapun harus menshare sesuatu yang memang berguna bagi banyak orang dan relevan dengan komunitas dari account-account tersebut. Jangan lupa juga baca aturan main dari account-account tersebut.

6. Followlah Komunitas Barter ID
Melakukan ini tentu dengan catatan yang (tebal), bahwa komunitas barter ID (saling follow) adalah komunitas di mana segmennya sesuai dengan personal brand yang Anda bandung. Komunitas ini diprakarsai oleh salah orang yang sukses menjadi penguasaha (jayteroris) yang juga tergabung di dalam komunitas Tanga di Atas (Pengusaha). Nah jika anda pengusaha dan ingin lebih dikenal atau personal branding Anda cocok dengan profile komunitas di atas maka tidak ada salahnya untuk mengikuti #srudukfollow ini karena bisa menambah relasi/ teman Anda dalam jumlah cukup banyak.
Nah perlu diingat karena ada etika dalam setiap program komunitas, pastikan kita mengetahui konsekuensi dari keikutsertaan kita jika tidak ingin di komplain.

7. Follow SelebTweet
SelebTwit (Dalam fase ini jangan harapkan mereka memfolback anda, dan jangan pula meminta-minta untuk di folback). Setelah follow, sapahlah sering-sering orang-orang tersebut. Buat list id SelebTwit yang ingin Anda follow dan Anda ingin mereka juga memfollow Anda, dengan begitu Anda memiliki target dan memikirkan strategi bagaimana hal tersebut bisa terjadi (mereka memfollow Anda) Menyapa, meminta pendapat atau sedikit memberikan opini akan mendekatkan Anda dengan mereka dan mungkin saja karena sudah terbiasa mereka akhirnya akan memfolback Anda. Kadang orang-orang ini bukan target market Anda, namun dengan kehadiran mereka di follower Anda dan timeline Anda akan meningkatkan kredibilitas Anda tentunya.
Beberapa hal lainnya yang juga penting, dengan memfollow mereka, bertanya dan berdiskusi Anda sudah membuka wawasan dan kenalan baru yang mungkin saja sangat bermanfaat bagi Anda. Saya sudah mendapatkan beberapa klien dari cara-cara seperti ini, tentu butuh waktu dan komunikasi yang intens untuk terus membangun keeratan hubungan dengan mereka. Hal yang juga amat sangat penting dalam memfollow orang-orang terkenal dan membangun hubungan dengan mereka adalah ketika kita meminta tolong untuk dibantu menyebarkan link kita atau bahkan kadang dengan sukarela mereka menyebarkan link kita karena menarik menurut mereka.

8. Share Sesuatu yang Bermanfaat.
Misalnya bagikanlah ebook/ slide presentasi secara free di twitter. Dengan berbagi, selain Anda secara konsisten bisa membangun brand, jika ada follower Anda atau account share (seperti @updateblog dll) melakukan retweet otomatis account twitter Anda akan tersebar kemana-mana. Atau bisa juga langsung kasih link downloadnya (sebelumnya tentu Anda harus upload filenya ke hosting yang Anda inginkan. Sering-seringlah berbagi seperti ini karena ini adalah sarana yang sangat bagus untuk membangun personal branding Anda.

9. Timeline and Conversation
Jika Anda ingin branding diri sebagai seorang ahli fitness (contoh) maka buat dan gunakan timeline dan bahasa yang memberikan personifikasi yang jelas mengenai diri Anda dan tweetlah sesuatu yang bermanfaat untuk follower Anda khususnya mengenai fitness. Sehingga orang bisa mengenal Anda sebagaia personal branding yang jelas. Contoh ID dari @dennysantoso yang secara konsisten timelinenya membahas seputar fitness dan diet yang baik, dari sini setiap orang baik itu followernya maupun calon followernya dapat dengan jelasn mengetahui personal branding dari yang bersangkutan.
Atau ID Dr. Phaidon yang selalu konsisten membahas topik-topik kesehatan seperti Fat Loss not Weight Loss. Jika diperhatikan penambahan follower ID ini cukup cepat, tidak lebih dari 3 bulan jika tidak salah followernya sudah mendekati angka 30 ribu follower, hal ini sangat jelas menunjukan bahwa timeline dan conversation yang dibangun disukai dan dibutuhkan banyak orang sehingga kemudian banyak yang memfollow @dr_phaidon.

10. Join Social Movement
Gerakan social seperti Indonesia Bercerita dan Akademi Berbagi cukup banyak di dalam dunia twitter, dengan bergabung di dalam gerakan social ini Anda secara tidak langsung akan memperbanyak kenalan dan teman di mana tentu secara personal brandpun akan ikut terangkat. Yah tentu bukan hanya bergabung menjadi follower ID twitternya, maksud saya bergabung adalah dengan ikut serta di dalam kegiatan yang dicanangkan oleh gerakan-gerakan tersebut. Misal anda menghadiri kegiatan #akademiberbagi atau malah menjadi pembicara di kelas #akademiberbagi, nah dari sini personal brand Anda bisa mulai dikenal banyak orang tentunya. Namun perlu diingat, gerakan social adalah sebuah wadah untuk menyalurkan aspirasi terhadap sesuatu yang kita peduli di dalamnya, jadi jangan pernah “berjualan” di dalamnya, banyak saja komunikasi secara intens, kenalan dengan banyak orang di dalamnya dan nantinya percaya atau tidak hal ini akan membuka banyak pintu peluang untuk Anda.

11. Mulailah dari yang paling Anda sukai.
Sebagai permulaan untuk menjadi dikenal, bergabunglah dengan grup atau komunitas yang benar-benar Anda sukai atau kuasai bidangnya, dengan begitu Anda tidak akan kehabisan ide untuk ngetweet. Lalu aktiflah di sana. Manfaatkan account twitter grup seperti ini untuk mendapatkan perhatian sebanyak-banyaknya (syukur-syukur kalau akhirnya Anda difollow juga oleh para followers grup tersebut).

12. Copywriting.
Buatlah kalimat-kalimat/ judul yang menarik untuk dibaca dan membuat penasaran follower Anda untuk membacanya atau melakukan retweet terhadap tweet Anda. (tentu sesuaikan dengan personal branding Anda,kalo misalnya seorang bisnisman yah mbok ngetweetnya soal bisnis jangan soal cinta)
Contoh ID @ihateqoutes dengan jumlah follower melewati 1 juta. Tweet-tweet yang dibuat sangat sering di retweet oleh followernya karena memang sangat mendalam dan bagus. Atau ID @jeffbullas di bawah yang saya pribadi sering melakukan retweet dan men klik ke linknya karena artikel-artikel yang dibuatnya sangat menarik dan penting bagi saya. Mengapa kedua ID ini menarik? Yah betul karena mereka menyajikan content (copywriting) yang menarik untuk dibaca, memberik inspirasi dan alasan untuk kita melakukan tweet. Jadi penting sekali untuk kita sebagai personal branding memiliki kemampuan dalam membuat copywriting yang narik untuk dibaca.

13. Real Time Monitoring
Pantau personal brand Anda, url link Anda, @replies and @mentions dan apapun yang berhubungan dengan “kata kunci” Anda (via email) sehingga Anda dapat memberikan respon dengan cepat. Nah untuk melakukan ini Anda bisa membuat account di tweetbeep.com atau dapat juga gunakan twazzup.com dan Twitter Advanced Search untuk memantau kata kunci yang berhubungan dengan Anda. Melakukan pemantauan ID twitter yang berhubungan dengan personal branding anda sangat penting bagi Anda apalagi sudah memiliki banyak follower, cukup banyak tools yang bisa digunakan untuk hal ini namun intinya dengan melakukan pemantauan Anda akan mengetahui sejauh mana brand Anda dibicarakan, ke arah mana pembicaraan tersebut dan strategy apa yang bisa Anda siapkan.

14. Promosikan account twitter Anda di banyak media.
Jika sudah mulai membangun branding via twitter pastikan seluruh material yang memuat identitas Anda harus mencantumkan ID twitter Anda baik itu kartu nama, email signature, slide presentasi bahkan sampai jika Anda sedang mengisi acara mintalah MC untuk menyebutkan ID twitter Anda.

15. Personalisasi diri lewat hashtag.
Beberapa orang, terutama yang sudah punya nilai ketokohan di twitter seringkali ngetweet rutin dengan tema khusus dan menggunakan hashtag (#). Hal ini rutin ia lakukan sehingga mirip program acara televisi, di mana pada jam/waktu yang sudah ditetapkan ia akan membahas tema tertentu yang dinamai dengan menggunakan hashtag (#). Seperti yang dipunyai sineas Joko Anwar lewat “program”nya yaitu #DrBoyno.
Atau jika anda cinta dengan suatu bidang tertentu bisa dengan menciptakan hashtag yang sesuai dengan bidang tersebut. Contoh saya menciptakan #indonesiaindah dan mencantumkannya setiap kali mendapatkan informasi yang berhubungan dengan alam indonesia

16. Identitas
Anda merupakan founder atau anggota dari sebuah komunitas yang mempunyai positioning kuat di kalangan tertentu? Cantumkan nama akun tersebut di profile pribadi Anda sebagai identitas dan tuliskan posisi Anda di komunitas tersebut. Jika orang lain melihat profile pribadi Anda dan mempunyai minat terhadap komunitas tersebut maka dia akan melihat Anda sebagai teman yang memiliki kesamaan minat dan cenderung memfollow Anda.

17. Twitter for Privacy? Absolutely NO!
Oke, memang tidak ada salahnya memproteksi akun twitter Anda, tapi “hei!”, bukankah saat Anda memutuskan masuk dunia online berarti sudah siap dengan keterbukaan informasi? Lalu kenapa Anda mesti memproteksi akun twitter Anda? Kalau Anda masih main seperti itu, tetap “main” di Facebook. Kalau kita mau dikenal di twitterland atau dunia online, memang harus menyadari akan keterbukaan informasi, kecuali Anda memang public figure. Memproteksi twitter Anda yang mungkin“bukanlah siapa siapa” hanya akan membatasi pertumbuhan followers Anda. Apalagi jika target Anda membangun personal branding (hei kita sedang ngobrolin ini khan). Terbukalah.

18. Memahami fungsi reply dan retweet (RT)
Walau (sekilas) sama penggunaannya, tapi justru kedua tools ini sangat beda dan bisa cukup menentukan karakter orang tersebut lho! Ngga percaya? Pernahkah Anda melihat percakapan seperti ini di timeline Anda: “xxx hihi ;p RT @xx1: yeee..katanya mo mandi! @xxx: yang penting cantik :p RT @xx2: iya ih bau! RT @xxx: mandi aah..”.
Bayangkan! Bahas beginian aja orang se-timeline @xxx, @xx1, dan @xx2, jadi tahu semua. Inilah bedanya me-RT dan me-reply. RT sama dengan postingan baru, artinya semua tweet kita muncul di semua timeline followers kita. Sementara me-reply berarti membalas tweet hanya kepada orang yang posting sebelumnya (hanya muncul di timeline orang tersebut).
Dengan kata lain, pesan atau percakapan tidak penting seperti yang dicontohkan sebelumnya antara teman Anda dan teman lainnya yang (bahkan) kita tidak kenal, muncul di timeline kita. Kadangkala hal ini tentu akan mengganggu Anda sebab merasa dibanjiri pesan/ obrolan tidak penting. RT menjadi penting dan berfungsi baik saat yang di RT adalah pesan yang benar-benar penting/ berisi/ punya nilai tambah bagi followers Anda.
Jadi sebelum me-RT atau me-reply, pikirkan lebih baik. Jangan sampai followers Anda kesal karena pesan RT Anda yang tidak penting.

19. Claim Your Brand
Khusus untuk Anda yang menggunakan twitter sebagai media pemasaran brand/ produk Anda, sebaiknya dari jauh-jauh hari Anda sudah “booking” nama brand/ produk Anda di twitter. Dan bukan cuma 1 nama tapi beberapa. Misalnya nama brand Anda Naruto, booking jangan hanya @Naruto, tapi juga @InfoNaruto, @NarutoInc, @NarutoCorp, @NarutoTechnic, @NarutoMobile, dll, pokoknya apapun yang sesuai dengan bidang brand Anda. Jangan dulu berpikir akan digunakan untuk apa, yang penting booking saja dulu. Kenapa harus seperti itu, karena sempat ada kasus di mana Exxon Mobile harus menghadapi account tiruan yang bernama @ExxonMobileCorp. Dengan account tiruan ini pihak peniru bisa melakukan apa saja hingga ngetweet pesan yang tidak sesuai dengan perusahaan atau justru menjatuhkannya. Hal ini tentu jadi masalah besar bagi Exxon Mobile, padahal perusahaan tidak melakukan apapun, tapi karena keberadaan account yang mengatasnamakan perusahaan ini maka masalah bisa muncul dalam sekejap. Bayangkan bila ini terjadi pada brand Anda.
Nah kalau brand di bawah ini gimana menurut Anda? Sama atau tidak sama? Silakan temukan sendiri jawabannya :D

20. Brand Name Unik
Mana yang lebih “mengganggu” Anda saat mendengar Keripik Pedas dan Keripik Setan? Nama, bagaimanapun juga ada hal termudah untuk diketahui pertama oleh orang lain, seperti halnya nama kita. Agak janggal rasanya kalau ngobrol tanpa tahu siapa nama orang yang sedang kita ajak ngobrol. Hal ini juga berlaku di twitterland. Nama yang unik memudahkan orang lain untuk mengalihkan perhatian hingga mengingatnya.
Kalau beberapa waktu ke belakang kita kenal fenomena Maicih, snack pedas yang sekarang sudah tersedia banyak macamnya, sekarang ada lagi yang cukup mengganggu. Masih bermain di produk snack pedas, brand ini punya nama lady lada (@theladylada). Belum kelihatan heboh memang sepak terjang si lady lada ini (kalau dibandingkan Maicih), tapi intinya, kalau Anda pilih nama brand dengan kata-kata unik, minimal orang akan langsung melirik dan penasaran, sisanya ya tergantung konten dan kualitas pesan Anda.
Nah account-account diatas followernya sangat banyak, yang jadi masalah personal brand Anda kemudian harus disesuaikan dengan image tersebut haha. Saya pernah bertemu dengan terselubung, yah begitu kalo tampil semua aksesories harus digunakan hehe. Namun coba kita kembali lagi ketujuan personal branding, yah khan ujung-ujungnya jualan, nah account twitter seperti di atas tentu saja bisa mendatangkan banyak uang asal tahu bagaimana cara memonetisasinya misal dengan menjual spot iklan di blog atau tweet berbayar.

21. Program twitter Anda secara terencana
Salah satu situs yang dapat membantu Anda memprogram twitter Anda adalah www.twitvance.com atau http://hootsuite.com Salah satu syarat Anda dapat dikenal dan memberi nilai lebih bagi para followers atau orang-orang yang belum jadi followers Anda adalah konsistensi Anda memberikan informasi yang bermanfaat. Dan saya yakin Anda tidak selalu punya waktu untuk itu. Maka sebaiknya setiap harinya ada beberapa tweet yang sudah ada program sebelumnya, misalnya tentang artikel2 yang bermanfaat atau quotes-quotes yang berhubungan dengan positioning yang ingin Anda bangun. Namun penting untuk diperhatikan! Dilarang sepenuhnya twitter hanya Anda program, karena para followers ingin Anda yang sebenarnya, Anda yang adalah manusia bukan mesin yang terprogram. Twitvance bisa membantu Anda dalam menjaga konsistensi namun Anda tetap harus hadir menjawab semua pertanyaan dan tentu saja melakukan live tweet yang melibatkan emosional yang nyata kepada para followers 

22. RT (Retweet)
Sama dengan persahabatan di dunia nyata, dunia mayapun membuka peluang persahabatan yang luas. Siapa suka siapa, siapa tidak suka siapa semua terjadi sama hal nya dengan dunia nyata. Jadi lakukanlah pendekatan dengan orang-orang yang memiliki followers danpengaruh yang besar bagi para followersnya lalu sering-seringlah mengangkat topik yang menarik bagi mereka agar mereka mau me RT tweet kita. Melalui cara ini para followers mereka yang juga tertarik dengan topik bahasan kita tertarik menjadi followers kita.

23. Manjakan followers Anda.
Jika Anda ingin membangun brand personal Anda, maka mau tidak mau Andalah produk dari brand tersebut. Memanjakan followers bisa salah satunya dengan memberikan hadiah. Lakukan interaksi dengan mereka melalui tantangan-tantangan yang unik dan menarik perhatian dan siapkan hadiah khusus bagi mereka. Tidak penting harga dari hadiahnya, yang penting adalah perhatian Anda kepada para followers.

24. Jadilah penggerak!
Di Twitter sama dengan di masyarakat umum, ada orang-orang pengikut ada juga orang-orang penggerak. Personal branding seseorang hanya bisa dibangun bila Anda teridentik dengan suatu hal dan Andalah penggerak hal tersebut.
Untuk menjadi somebody di Twitter cenderung lebih mudah dibandingkan di dunia nyata, karena dengan talenta Anda berkata-kata dalam 140 character Anda bisa mengambil hati banyak orang.
Sebut saja @beradadisini seorang yang memiliki kegiatan pengumpulan coin untuk dana-dana sosial @coinachance, ia memulainya murni dari social media, blog dan twitter. Atau @ridwankamil seorang arsitek yang menjadi pencetus gerakan berkebun yang menyebar ke berbagai kota, atau @indrahalim seorang pecinta kuliner yang banyak menginformasikan ilmu-ilmu bisnis di bidang kuliner #kulinerpreneur
Apa yang membuat mereka mampu memberi nilai lebih kepada para followersnya? Karena mereka adalah dalam kategori para penggerak dan Anda harus menjadi bagian di dalamnya

25. Personal Brand Topic
Tentu tidak harus setiap saat berhubungan dengan personal branding tersebut, namun Anda harus secara konsisten melakukan tweet tersebut. Safir Senduk merupakan Perencana Keuangan yang sangat konsisten melakukan tweet berhubungan dengan rencana keuangan, hal ini sangat penting karena memang personal brand yang ingin dibangun adalah demikian. Namun tentu kadang-kadang di timelinenya ada tweet yang tidak berhubungan dengan keuangan, it’s ok tentunya.

26. Creating Social Movement
Tentu nama Anda harus sering muncul di account tersebut sehingga orang mengenal Anda. (Pada kondisi ini sangat mungkin Anda tetap memiliki account twitter dengan nama pribadi).
Akademi berbagi ini merupaka social movement untuk setiap orang yang merasa terpanggil agar mau berbagi dan belajar secara gratis. Nah penggagasnya adalah @pasarsapi (lihat account twitter dibawah). Ini merupakan saran yang sangat efektif dan kreatif dalam membangun personal branding tentunya walaupun bukan perkara mudah.

27. Respon
Jika orang menyapa maka sapalah balik, bila bertanya segeralah jawab pertanyaan tersebut apalagi bila yang ditanyakan berhubungan dengan dengan bisnis Anda ataupun sekedar percakapan ringan, karena bisa jadi orang tersebut kelak mau merekomendasikan Anda, membuka peluang bisnis, me retweet tweet Anda dan segala kemungkinan positive dikarenakan hubungan baik antara Anda dan dia. Saya beberapa kali ingin melempar project besar kepada beberapa orang di twitter, namun sapaan saya jarang direspon mungkin karena memang saya belum menjadi seorang artis twitter, hal ini tentu kerugian untuk orang tersebut karena terbiasa untuk tidak merespon sapaan.

28. Evaluasi tweet Anda
Apakah tweet yang dilakukan menyebabkan pertambahan follower atau malah menyebabkan pengurangan follower. Dengan evaluasi seperti ini, Anda dapat menentukan strategi konten yang tepat untuk personal branding Anda. Untuk evaluasi ini bisa gunakan tweeteffect.com Atau coba pantau berapa banyak conversion (penyebaran) dari tiap tweet yang kita lakukan dan siapa saja yang melakukan retweet dan komen terhadap tweet yang Anda buat dengan tweetreach.com

29. Buatlah “Kartel” Tweet
Berkerjasamalah dengan beberapa ID twitter yang punya market sejenis untuk saling merekomendasikan untuk follow ID twitter. Hal ini biasanya punya dampak besar karena kita sendiri pemilik akun yang merekomendasi follower kita untuk mem follow ID yang berkerjasama dengan kita tersebut.
Seperti contoh di bawah, Dr Vampir ini sepertinya berteman/ satu group dengan ID lainnya seperti Testcinta, pepatahku dan bijakkk sehingga mereka akan melakukan rekomendasi satu sama lainnya sehingga brand masing-masing ID bisa di aware dengan cepat dan tentu menambah follower. Nah untuk personal branding saya sarankan membuat kartel dengan personal lain yang tentunya punya follower dengan segmen yang sejenih jangan sampai ada perbedaan segmen yang signifikan.
Misal Anda membentuk kartel kerjasama dengan followernya yang anak-anak remaja sementara target market Anda adalah orang dewasa, lah ga nyambungkan kalo sudah begini.

30. Ajaklah kenalan
Terlihat sederhana namun satu ini kadang-kadang sulit dilakukan karena malu, gengsi, tidak percaya diri dan sebagainya. Kenalan sangat penting untuk kita membangun relasi dan sekaligus tentu memperkenal personal brand kita, secara konsiten lakukankanlah setiap hari 2-3 kenalan di twitter, tentu Anda harus memilih siapa yang diajak berkenalan.
Kalo setiap hari 1 kenalan ajah yang Anda buat, berarti ada 30 kenalan setiap bulannya, dimana effect multiplier misalnya kenalan Anda tersebut melakukan retweet terhadap artikel/ posting Anda misalnya akan jadi lebih besar.

31. Jasa Pihak ke Tiga
Jika memang Anda serius untuk membangun personal branding dengan terlebih dahulu membangun jumlah follower dalam jumlah cukup massive dan punya budget sepertinya bisa juga menggunakan jasa pihak ke tiga yang akan membantu untuk meningkatkan jumlah follower Anda dalam jumlah tertentu sesuai budget. Yang perlu diingat di sini adalah, pastikan bahwa follower yang ditawarkan adalah follower yang “benar” dan sesuai dengan target market Anda.
Beberapa website yang menawarkan jasa follower seperti http://yukfollow.com/ dapat digunakan untuk memperbanyak jumlah follower dalam waktu yang relatif lebih cepat. Nah tentu saja berhubung ini jasa professional ada cost yang harus dikeluarkan hehe. Yukfollow ini pernah saya coba untuk sebuat account, dengan target 60.000 ribu follower kita harus merogoh kocek belasan juta rupiah dengan target waktu kurang lebih 9 bulan dan dari pantauan saya penambahan follower perharinya paling sedikit 100 follower (Ini bukan iklan, hanya contoh real case yang pernah kami coba).
Selain itu ada juga jasa seperti sociabuzz.com yang menawarkan jasa tweet dengan pilihan influencer dan budget yang bisa disesuaikan dengan kocek kita, namun jasa ini tidak memberikan jaminan penambahan jumlah follower karena mereka lebih mirip ke influencer. Nah kalo yang jasanya

32. Influencer
Nah ini yang sangat sering digunakan oleh brand-brand besar untuk mem push awanreness brand, penjualan, follower dan berbagai objective perusahaan lainnya. Membangun personal branding melalui influencer ini juga merupakan sarana yang sangat efektif, namun pastikan follower dari si influncer merupakan segmen yang memang Anda tuju.

33. Media Berbasis Twitter
Membangun personal brand melalui media berbasis twitter akan sangat efektif, mengapa? Sederhananya karena ini merupakan media yang memang sudah dipercaya/ punya kredibilitas dan followernya biasanya cukup besar, tinggal seberapa besar budget yang Anda anggarkan untuk membangun personal brand melalui media-media ini. Hal yang perlu dicatat juga adalah pastikan media yang Anda gunakan adalah media dengan segmen yang sesuai dengan personal brand Anda. Contoh, katakanlah Anda ingin membangun personal branding sebagai ahli dalam bidang keuangan, nah mungkin beriklan di timeline twitter detikfinance merupakan pilihan yang tepat untuk Anda membangun personal brand tersebut. Ingat, pastikan setiap beriklan Anda mencantumkan link web/ blog jika tidak tentu sangat sia-sia. Atau bila Anda ingin menarget orang bandung katakanlah, mungkin akun @infobg merupakan media yang sangat tepat secara segmentasi walaupun sebaran segmen demografinya mungkin cukup luas.

34. Kultweet/ Share Tweet
Nah kultweet (kuliah twitter) ini kurang lebih seperti sharing bersambung dalam membahas sebuah topik. Buatlah kultweet yang menarik sehingga follower Anda yang mengikuti kultweet Anda dengan senang hati melakukan retweet ke followernya dengan begitu personal branding Anda akan semakin banyak dikenal. Tentu saja kultweet yang Anda lakukan harus sesuai dengan personal brand Anda. Saran saya untuk bentuk kultweet ini, Anda buat dulu di word or note pad semua yang mau ditweet, berikan nomor-nomor agar mudah mengikuti timelinenya dan jangan lupa cantumkan hastag (#)agar bisa ditrace kembali buat yang ketinggalan.

35. Sharing Session
Sharing session merupakan sarana yang sangat penting bagi seseorang untuk membangun personal branding via twitter, sedikit berbeda dengan Kultweet (biasanya lebih 1 arah karena memang semacam kuliah singkat), sharing session selain kita melakukan kultweet ataupun membahas sebuah topik, kita juga melakukan komunikasi dua arah dengan orang-orang yang sedang menyimak timeline kita, bisa dengan menjawab pertanyaan dari follower dan me-retweet tambahan pendapat dari follower berkenaan dengan topik yang kita bahas sehingga terbangun sebuah “kelas” timeline yang aktif membahas sebuah topik (jangan lupa berikan hastag “#” pada topik yang sedang dibahas tersebut).

36. Avatar.
Nah ini penting banget nih, sebagai personal brand, buatlah avatar (photo diri) yang mencerminkan personal brand Anda. Kalo misalnya Anda seorang planner keuangan atau manager investasi mbok yah gunakan avatar yang keren dan berdasi. Jangan pernah menggunakan avatar di mana orang tidak bisa mengenali Anda (misal avatarnya kartun) apalagi menggunakan avatar telor ... hadoohhh please deh.
Nah kalo avatar begini khan secara personal brand ok. Mencerminkan personal yang mapan, keren dan terpercaya. Coba kalo lihat avatar dibawah?
Gimana menurut Anda? Siapa sih devsonn ini ga jelas, kerjaannya apa ga jelas, kayanya ga niat buat profilenya dan lain-lain sebagainya. Pertanyaannya gimana mau membangun personal branding?

37. Bertemulah
Apa sih inti dari komunikasi via online ini? Yah salah satunya adalah tatap muka atau kopdar (kopi darat). Keakraban bisa dibangun melalui twitter namun bisnis seringkali hanya bisa dibangun ketika kita mulai bertemu dan saling mengenal secara pribadi. Bertemu akan membuat kita lebih saling percaya untuk melakukan bisnis.
Nah yang perlu diingat adalah tidak mesti bertemu itu harus langsung berbisnis, kadang dalam banyak kesempatan saya bertemu hanya untuk berkenalan dan menjalin persahabatan, seiring waktu barulah bersahabatan ini mengarah pada sebuah bisnis. Simplenya tak kenal maka tak sayang, yah kenalan dulu hehe.

38. Spam
Nah ini sangat perlu dihindari, tidak ada yang suka dengan Spamming bahkan sekalipun orang itu sudah menjadi follower Anda. Berbeda dengan posting yah, kalo posting anda menuliskan sesuatu yang memang “anda” baik itu berkorelasi dengan personal brand Anda secara langsung maupun kegiatan yang tidak berkorelasi langsung. Spam adalah sesuatu yang di luar konteks dan punya arah untuk “memaksa” dan promosi secara berlebihan. Simplenya seperti BBM blast atau email blast lah. Kadang kita kenal sih orangnya, bahkan dalam case BBM blast pasti itu teman kita, namun “bt” ga kalo kerjaannya tiap hari nge blast sesuatu? Coba lihat contoh di atas, males khan kalo punya temen timelinenya promo terus misalnya (guys please gua mau temenan bukan mau dipromoin terus). (hehe sengaja saya samarkan, ga enak profile orangnya).
Sebetulnya kalo memang account twitternya brand “produk” bukan personal atau media sih it’s ok karena memang kita follow mereka untuk menerima informasi tersebut seperti contoh di bawah.
Nah kalo account ini promosi terus tiap hari yah it’s ok karna memang ditujukan untuk itu dan kita memang memfollownya karena menginginkan informasi tersebut.

39. Doing Research
Ini kritikal point untuk sukses (harusnya saya letakan di depan, Cuma emang baru kepikir ditulis haha). Sebelum memulai membangun personal brand Anda, coba lakukanlah riset terhadap keyword/ positioning yang ingin Anda bangun ke depannya. Perhatikan peta persaingan personal branding Anda apakah masih ada change untuk masuk atau malah sudah terlalu crowded di dalamnya. Misal Anda ingin dikenal sebagai Digital Creative Entreprenuer, setelah Anda pelajari ternyata personal brand yang sudah Ada sudah cukup banyak yang terkenal dan hebat dalam bidang ini, nah alih-alih membangun positioning yang sama lebih baik kita bangun pendekatan lain sehingga tidak secara langsung kita direct/ disandingkan/ dibandingkan dengan orang-orang terkenal tersebut. Bukan tidak mungkin melewati mereka, namun tentu butuh waktu dan usaha yang lebih banyak, intinya cari differensiasi yang lebih tajam dan unik yang membedakan kita dengan personal-personal tersebut. (lihat contoh di bawah) Nah profile personal di atas, alih-alih melakukan direct competition dengan personal-personal di atas tadi, beliau lebih memilih untuk lebih fokus pada penjualan walaupun sebetulnya bidang yang mereka geluti sama dan service yang ditawarkan oleh perusahaannya juga mirip.

40. Team
Apakah Anda ada waktu nge tweet setiap saat? Pada mulanya mungkin kita masih bisa menghandle seluruh tweets yang ada, namun seiring waktu dengan brand Anda semakin terkenal, kesibukan Anda semakin menjadi-jadi, kebutuhan terhadap tim menjadi sangat penting. Anda tentu tetap memegang peranan central dalam menentukan tweet yang akan dipublish, namun secara admintrasi pada kondisi ini biarlah tim Anda yang mengerjakannya agar konsistensi personal brand Anda bisa terus terjaga dan dibangung.
Tugas dan tanggung jawab team dalam hal ini bisa dibagi-bagi menjadi misalnya yang khusus berkordinasi konten dengan Anda, khusus melakukan scheduling tweet, khusus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul/ conversation yang Ada atau bahkan khusus untuk melakukan riset dan evaluasi brand Anda di social media. Intinya tim sangat penting namun kontrol dan evaluasi secara periodik.

41. Ukuran
Ok ini itu sudah dilakukan di dalam twitter, terus pertanyaan yang paling mendasarnya kemudian apa ukurannya Anda dikatakan berhasil membangun personal branding?
Nah bicara soal ukuran ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengukur aktivitas twitter Anda, tinggal mau ukur apa dulu. Paling sederhana misalnya jumlah follower, ini sih ga perlu pake alat ukur, liat ajah jumlahnya hahaha, namun ingat satu hal, jumlah twitter belum tentu ukuran sukses dalam membangun personal branding, Anda bisa saja memiliki ribuan bahkan ratusan ribu follower namun soal jualan dan menjadikan uang kalah dengan yang followernya hanyak ribuan bahkan hanya ratusan. Kuncinya ditujuan awal ketika Anda ingin membangun personal branding Anda. Katakanlah si A ingin membangun personal branding sebagai motivator, Nah apakah dengan banyaknya follower, katakanlah sampai puluhan ribu orang, banyaknya retweet kemudian iya dikatakan sukses membangun personal brandingnya? Bagaimana kalo kemudian yang mengundang si A untuk seminar motivasi ternyata tidaklah banyak bahkan jarang ada yang mengundangnya? Atau ketika beliau mengadakan seminar di sebuat kota, eh yang dateng sepi padahal followernya banyak, Apa bisa dikatakan sukses?. Nah hal ini kembali lagi objectives dari membangun personal branding nya apa, jika jumlah follower yang dijadikan acuan, mungkin bisa dikatakan sukses. Tapi bila objectivenya “dapet duit” dari seminar/ klien yang menggunakan jasanya ini sudah lain cerita ukurannya. Atau ketika si A mengeluarkan buku biar banyak yang beli, inipun sudah ukuran yang berbeda jadinya. Untuk mengukur seberapa besar pengaruh akun twitter Anda, gunakanlah http://klout.com/. Website ini akan memberikan scoring untuk akun twitter Anda, semakin besar nilai tersebut maka artinya akun twitter Anda semakin memiliki pengaruh di dunia maya. Jadi dari awal bangun objectives yang jelas mengenai personal branding Anda ini.

42. Do Beyond Creative
Pernah denger cerita Joko Anwar dengan keheboannya bugil di Circle K? Cerita Joko Anwar nge tweet “If I got my 3000th follower today, I’ll go into a Circle K naked,” Nah gayungpun bersambut, tidak disangka-sangkan banyak sekali twitter user yang melakukan retweet dan mem-follow akun dari Joko Anwar ini sampai melebih 3000 pada hari tersebut. Singkat cerita akhirnya memang bener di Joko Anwar bugil di sebuah Circle K di daerah jakarta untuk melaksanakan janjinya yang ditagih oleh followernya. Coba lihat sekarang berapa follower dari Joko Anwar?
Nah tentu ini sebuah case special, saya tidak ingin berkata lakukan hal yang sama jika ingin membangung personal branding dengan cepat (karna toh Joko Anwar juga sudah cuku terkenal), namun intinya kita harus men create sesuatu yang “WOW’ dan menyebabkan “WOM” sehingga personal brand kita lebih cepat terbangun. Dan ingat sekali lagi, ciptakan “WOW” yang bisa mendongrak personal brand yang positif dan sesuai dengan image Anda, jangan sampai “sesuatu” yang kita ciptakan malah menjadi bumerang buat personal brand kita.

43. Sekali-sekali Narsis
Jika Anda pembicara seminar atau motivator katakanlah, nah setelah selesai memberikan seminar atau motivasi jangan lupa berphoto dan kemudian photo tersebut di tweet agar follower Anda bisa melihat aktivitas Anda tersebut. Atau suatu waktu, katakanlah Anda seorang pakar konsultan Management, eh kebeneran ketemu dengan Peter F Druker, jangan lupa langsung minta photo bareng dan tweet, keren khan diri Anda diphoto bersama Druker yang merupakan bapak dan legenda Managemen. Atau ketika Anda sedang memberikan seminar, maka rekam seminar tersebut dan share link yout tube/ video nya di twitter agar follower Anda yang tertarik untuk menonton diri Anda bisa mengakses Video tersebut.

44. Fitur List
Dari beragam akun twitter yang Anda follow, Anda pastinya adalah seorang spesialis di sebuah bidang dan akan merepotkan dan memboroskan waktu jika harus mencari informasi yang Anda inginkan dari Timeline yang banyak. Fitur list akan membantu Anda dalam membuat daftar akun twitter apa saja yang ingin Anda simak secara khusus. Misalnya Anda seorang Digital Entrepreneur, maka Anda bisa membuat list yang terdiri dari akun twitter yang sering share informasi update seputar dunia digital.

45. Favorite
Untuk Anda yang memiliki kegiatan spesialis misalnya di dunia finance maka selain membaca & share retweet, sebaiknya Anda juga memberikan tanda bintang (favorite) untuk tweet yang menurut Anda paling informatif dan layak untuk disimpan. Sehingga jika suatu saat ada teman yang menanyakan hal berkaitan dengan tweet tersebut, Anda mudah mencarinya di daftar favorite dan cepat membalas pertanyaan tersebut. Dengan demikian kredibilitas bahwa Anda memang berkompeten dalam hal tersebut semakin diyakini orang lain.

46. Fun
Tweet hal-hal yang jenaka dan mengundang tawa, Anda dapat membuat tweet dari pengalaman sehari-hari atau mengkomentari tweet teman/berita dari sudut pandang yang berbeda dan lucu. Buat unsur fun dalam tweet Anda, followers yang membaca akan dengan senang hati me retweet Anda.

47. Up to date
Meskipun Anda sibuk, usahakanlah untuk tetap up to date dengan perkembangan umum dan berita yang sedang panas banyak dibicarakan massa. Anda bisa dengan mudah cek trending topic apa yang sedang naik daun. Selain hal umum, Anda wajib up to date dengan hal-hal berkaitan dengan brand yang ingin ditonjolkan dari diri Anda karena followers pasti mencari Anda jika ingin bertanya tentang hal yang dibrandingkan dari diri Anda.

48. Jangan mengeluh
Hindari mengeluh di twitter, meskipun hal ini jarang dilakukan namun jika misalnya setiap hari Senin Anda mengeluh karena sudah masuk kantor lagi maka orang lain cenderung akan mem follow Anda karena mengeluh hanya menimbulkan aura negatif yang tidak menyenangkan. Hal ini juga akan berefek dalam dunia nyata, bayangkan jika teman kantor atau bos Anda membaca keluh kesah Anda di twitter, hubungan interpersonal dalam tim tidak nyaman bukan?

49. Tweet hal-hal yang menginspirasi
Nah ini kebalikan dari contoh pada nomor 44, tweet lah sesuatu hal yang positif dan menginspirasi orang lain. Kalau Anda sulit menuliskan hal yang menginspirasi,

50. Membuat Trending Topic
Jika Anda ingin membuat sebuah topik/produk/event menjadi sebuah tren, maka tips di bawah ini bisa membantu :
· Ajak teman-teman untuk bantu retweet
· Setiap akun, maksimal tweet 3x per menit (kalau lebih akan dihitung spam)
· Setiap tweet, maksimal berisi 3 hashtags #trendingtopic (kalau lebih akan dihitung spam)
· Akun twitter jangan private ya
· Jangan mention akun twitter lain di awal twit. Kalau mau mention, di tengah atau di akhir tweet.
· Sebisa mungkin, ajak public figure (yang followersnya banyak) untuk bantu retweet.

51. Membuat profil about.me
Pada Bio Twitter Anda tentu tidak bisa sebebas-bebasnya mendeskripsikan tentang Anda, maka lebih lengkapnya bisa Anda jabarkan di about.me. Ini adalah halaman profil Anda yang bisa dibuat gratis. Jadi Anda hanya perlu menambahkan url /alamat dari about.me di Bio Anda sehingga mereka yang tertarik untuk mengenal Anda atau mengetahui tentang karya/portfolio Anda bisa mengakses halaman profil Anda tersebut.

52. perhatikan keyword!
Untuk sebuah brand, campaign atau bisa saja profil Anda sendiri, jika ingin membangun suatu positioning tertentu, jangan lupakan kata kuncinya. Karena sama seperti di Google, orang memiliki kemungkinan men-search di kolom search. Dan akun-akun twitter yang akan direkomendasikan atau “ketemu” dari pencarian ini adalah akun-akun dengan keyword yang sesuai. Pastikan nama akun twitter anda sesuai /mendekati dengan keyword dan definisi di bio anda pun demikian.

53. Pantau image Anda!
Masih menyangkut image/positioning yang sedang Anda bangun, jika ingin mengetahui sudah sejauh mana berhasil, Anda bisa mengeceknya di klout.com. selain klout memiliki fungsi melakukan penilaian seberapa influencing kita di Social Media, mereka juga bisa memberikan informasi tentang berbagai topik yang identik dengan kita. Di sini kita bisa memantau, apakah memang sudah sesuai atau belum. Jika belum, berarti masih kurang topik tersebut yang anda bicarakan sehari-hari di Timeline.

54. Sudah memiliki traffic sebelumnya? manfaatkanlah traffic tersebut. Contohnya Anda memiliki blog, cantumkan ID twitter Anda atau bahkan timeline twitter Anda. Saat ini banyak widget yang sudah menyediakan fasilitas ini. Jadi tidak perlu repot2 meng-coding, tapi sudah tinggal pasang saja. Siapa tau para pembaca blog Anda jadi tertarik mendapat info dari Anda setiap hari dengan memfollow Twitter Anda.

55. Tetap jadilah manusia!
Bagi Anda yang ingin membangun personal branding, dengan nama akun pribadi, sebaiknya tetap menampilkan sisi manusia atau bahkan karakter Anda sendiri. Banyak orang yang ingin atau bahkan lebih menyukai Anda apa adanya. Kasarnya jangan kebanyakan pencitraan :D atau bahkan jangan hanya memposting berita saja pada timeline Anda. Sisipkan humor atau bahkan opini pribadi Anda tentang berbagai hal yang bisa jadi memancing adanya diskusi dan interaksi dengan followers Anda. Kembali lagi pada aturan sebelumnya bahwa conversation bersifat mutlak di Twitter, yaitu Anda wajib berinteraksi dengan followers Anda, jangan hanya ingin didengarkan.
Nah seperti twitternya Jeffbullas, hampir sebagian besar timeline merupakan tweet artikel blognya, tidak ada yang salah dengan hal ini namun dengan strategi ini follower Anda akan melihat twitter dari jeffbullas ini sebagai “media” publikasi bukan media komunikasi dua arah antara follower dan pemilik ID.

56. Manfaatkan #FF (Follow Friday)
Sudah menjadi lumrah di dunia Twitter bahwa setiap hari Jumat itu dilakukan ritual semacam mempromosikan akun Twitter lain agar difollow oleh para pengguna akun lain, yang dinamakan #FF atau lengkapnya #FollowFriday.
Hal tersebut bukan hanya dilakukan oleh para pengguna akun di dalam negeri, tapi di seluruh dunia juga. Justru ritual semacam itu datang dari luar negeri karena bahasa dari hashtag (#; tanda pagar) yang digunakan itu adalah Bahasa Inggris. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan fitur menarik tiap hari Jumat ini untuk menjadi materi seru di akun kalian. Jadi, setiap hari Jumat, para followers bisa mendapatkan rekomendasi akun-akun yang menurut mereka menarik dan seru untuk difollow.
Selain keuntungan untuk para followers, yang paling penting adalah hal itu bisa menjadi keuntungan untuk para pengelola akun agar menjalin hubungan baik dengan pemegang akun lainnya. Bagaimana tidak.. Kalian mempromosikan akun menarik menurut kalian dan menyuruh followers kalian untuk memfollow mereka, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan melakukan hal yang sama seperti apa yang sudah kalian lakukan.
Hal ini sedikit berbeda dari memanfaatkan jasa influencer.Pada saat memanfaatkan influencer, tentu saja pemilik akun yang menjadi influencer tersebut jumlah followers jauh lebih banyak dari akun kalian, dan kalian pun kemungkinan besar dituntut untuk menyumbangkan dana tertentu sebagai kompensasi kepada mereka. Tapi disini, kalian usahakan agar mencari akun yang akan di #FF jumlah followers yang sama besar atau sedikit saja lebih banyak dari kalian, dengan harapan mereka akan melakukan hal yang sama. Karena di kebanyakan kasus, akun-akun dengan jumlah followers besar tidak akan menggubris #FF kalian yang jumlah followersnya jauh lebih sedikit dari mereka mempertimbangkan bahwa tidak ada keuntungan apapun yang bisa mereka dapat dari mempromosikan akun dengan jumlah followers sedikit. Tapi jika niat kalian hanya ingin memanjakan followers kalian dengan memberikan rekomendasi unik dan seru untuk followers kalian tanpa tujuan ingin direkomendasikan balik, itu sah-sah saja.

57. Bahas Topik Yang Sedang Marak Dibahas
Dengan fiturnya yang bisa mengupdate informasi apapun dalam hitungan detik, Twitter ini menjadi media yang paling up-to-date mengenai hal apapun yang sedang marak di kehidupan masyarakat. Di Twitter pula, terkadang para pengguna akun membicarakan hal yang sedang marak tersebut dan mempergunjingkannya. Tidak salah lagi, hal yang tadinya sudah marak kian menjadi marak. Untuk para pengguna akun sendiri, ada rasa kebangaan tersendiri yang muncul jika ada pengguna akun lain yang menanyakan lebih detil mengenai hal yang sedang ramai diperbincangkan di dunia internet tersebut.
Dari sini, akun yang mengupdate informasi yang sedang ramai diperbincangkan akan banyak difollow oleh para pengguna akun yang sedang ‘kehausan’ info dan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka ingin menjadi orang paling update diantara kalangannya. Oleh karena itu, membahas topic yang sedang marak diperbincangkan di Twitter adalah salah satu strategi untuk menambah jumlah followers mempertimbangkan banyak para pengguna twitter yang rasa ingin tahunya sangat besar untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal marak tersebut. Karena dengan memfollow akun kalian, maka mereka yang penasaran akan terpenuhi rasa penasarannya dengan menyimak update-an info yang akun kalian suguhkan. Dengan begtu, pada saat banyak respon dari followers kalian mengenai info yang sedang marak, kalian bisa selipkan atau hubungkan dengan produk dari brand kalian. Sehingga kalian bisa meraup perhatian para followers kalian di saat mereka sedang aktif-aktifnya kehausan info.

58. Manfaatkan Primetime
Sama halnya seperti media-media lainnya, Twitter pun memiliki waktu-waktu khusus yang biasa disebut Primetime. Primetime adalah waktu dimana jumlah para pengunjung atau kita sebut pengguna akun di Twitter lebih banyak dari waktu atau jam-jam lainnya. Biasanya waktu primetime ini adalah waktu diluar jam bekerja (working hours). Pada primetime inilah seluruh manusia mengistirahatkan otak mereka dari pelajaran atau pekerjaan mereka. Pada jam-jam ini, para pengguna akun akan memanfaatkan waktu istirahat mereka dengan bertwitter, entah untuk mencari hiburan ataupun sekedar ingin eksis. Pada primetime ini, kalian bisa memanfaatkan keberadaan followers agar mengunjungi atau me-retweet tweet kalian. Di jam-jam primetime tersebut, kalian bisa mengupdate materi mengenai brand kalian. Kemaslah dalam bahasa yang unik dan seru, sehingga menarik followers untuk me-retweet tweet kalian dan menyebarkan kepada followers mereka.

59. Menjadi Suatu Media Partner
Menjadi pembicara? Sudah. Menjadi penyelenggara suatu acara? Sudah. Ikut aktif dalam suatu program? Sudah. Bagaimana jika menjadi suatu media partner dari sebuah event besar? Boleh dicoba. Dalam hal ini, akun twitter brand kalian menjadi suatu buzzer atau promotor. Tidak ada yang salah mempromosikan event, bahkan mempromosikan brand lain. Asalkan kalian tetap profesional. Dalam hal ini, yang dibutuhkan untuk menjadi suatu media partner memang cenderung akun-akun yang memiliki jumlah followes cukup banyak. Kalau jumlah followers kalian banyak, syukur. Tapi bagaimana jika jumlah followers kalian sedikit tapi kalian ingin menjadi sebuah media partner? Siapa bilang tidak bisa. Jika jumlah followers kalian terlalu sedikit untuk menjadi media partner atau buzzer, yang harus kalian garisbawahi adalah kalian harus lebih selektif dalam memilih suatu event yang akan dipromosikan. Jika event yang akan dipromosikan tidak berpotensi akan menjadi event besar, pilihlah event-event kreatif. Contohnya jika akun twitter kalian mengenai kuliner, kalian bisa menjadi sebuah media partner atau buzzer untuk acara kuliner kreatif seperti Keukeun Bandung yang diadakan setiap setahun sekali. Dengan menjadi media partner, image brand kalian akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya responn dari followers terhadap event yang kalian promosikan

60. Trending Topic
Nah ini strategi yang juga bisa dimanfaatkah untuk membangun personal brand, caranya banyak-banyak involve di #hastag trending topic khususnya tentu yang punya korelasi dengan personal branding yang ingin kita bangun.
Misal kita seorang pakar Social Media Marketing (Information Technology), nah coba perhatikan trending topik yang berhubungan dengan industri anda.

Nah bagaimana kita bisa meamnfaatkan trending topik “Etika Main Instagram”? Pertama tentu yang paling mudah adalah join the conversation (yg berkualitas ngomongnya) sehingga nama Anda akan muncul di timeline itu dengan frekwensi yang cukup sering. Dikarenakan treding topin biasanya orang yang membuka treding topic tersebut ingin mengetahui detail yang sedang trending sehingga timelinenya akan dibaca satu persatu.
Namun cara di atas masih kurang punya impact, yang paling punya impact adalah Anda tulis sebuah artikel mengenai trending topic tersebut, rangkum pembicaraan dari trending topic tersebut, buat analisa dan informasi lainnya kemudian letakan artikel tersebut di Blog. Nah buat tweet dengan tentunya mengandung “etika main instagram” yang mancing rasa penasaran dan sertakan link blog Anda sehingga orang akan men-klik blog tersebut untuk membaca ulasan trending topic tersebut dengan lengkap.

Selamat mencoba.

Artikel Terkait : 60 Tips Personal Branding via Twitter


Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia