bisnis online

Bisnis Online Internet Modal Kecil

bisnis online internet peluang usaha rumahan cara cari uang dari bisnis online internet dengan modal kecil

bisnis online

 

Bisnis Online Internet Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Semua orang pasti mengetahui arti kata bisnis, yaitu kegiatan perekonomian yang menghasilkan uang. Untuk mencukupi kebutuhan, manusia melakukan bisnis dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan bisnis online. Sejatinya, banyak orang yang telah memahami apa itu bisnis online. Semenjak booming beberapa dekade yang lalu, bisnis online terus berkembang mengikuti arah kebutuhan pasar.

Namun, jika masih terdapat pertanyaan apa sih bisnis online itu ? Umumnya mereka adalah orang yang baru mengenal teknologi internet atau mulai tertarik dengan usaha yang sangat memiliki ketergantungan dengan akses internet ini.

Definisi Bisnis Online

Secara sederhana, bisnis online dapat diartikan sebagai usaha atau pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan sebuah komputer yang terkenoksi dengan jaringan internet.

Tentu saja usaha yang dikerjakan ini tidak tampak secara kasat mata. Anda memang bisa melihatnya, namun di dunia maya yang namanya internet dan bukannya di dunia nyata.

Bisnis online mulai trend ketika para pengusaha atau orang dibalik sebuah perusahaan mulai menyadari potensi besar yang sesungguhnya dari sebuah internet.

Tidak sedikit dari mereka yang mensinergikan usahanya dengan internet. Dan tidak sedikit pula dari mereka yang banting setir justru berpaling ke internet dalam berjualan barang atau jasanya.

Kegiatan bisnis online sebenarnya sama saja dengan bisnis bukan online (bisnis offline). Ada yang menjual baju, menjadi reseller sebuah program penjualan, menyediakan jasa pembuatan website, dan lain-lain. Bila kita mempunyai produk berupa sepatu dan biasanya kita hanya menjual di pasar, melalui internet kita bisa memajangnya secara online. Begitupun bila kita mempunyai keterampilan membuat lukisan, kita bisa menawarkan keterampilan tersebut melalui internet. Apabila kita tidak mempunyai barang dan keterampilan yang bisa dijual, kita bisa menjadi reseller dari kedua bidang tersebut. Kita akan mendapatkan komisi setiap berhasil melakukan goal usaha tersebut.

Bagaimana Proses Transaksi di Bisnis Online?

Sama seperti usaha pada umumnya, ada uang ada barang. Hanya saja caranya sedikit berbeda. Apabila kita ingin membeli sebuah produk dari sebuah toko online, pulpen berkamera misalnya, maka yang perlu kita lakukan adalah transfer uang terlebih dahulu sebesar harga pulpen berkamera yang ditawarkan. Biasanya toko online menyediakan nomor rekening untuk bertransaksi atau metode pembayaran lain. Jika kita sudah melakukan transfer, maka barang akan dikirimkan ke alamat kita. Begitu juga jika kita ingin ikut program-program pelatihan online yang berbayar dan aneka usaha online lainnya.

Begitu Pentingkah Bisnis Online ?

Jika internet telah menjadi sebuah kebutuhan, Artinya, apapun yang dilakukan di dunia internet akan menjadi penting dan diperlukan. Begitu juga dengan bisnis online di dalamnya. Sekarang di Indonesia sudah ribuan atau mungkin jutaan orang yang tengah melakukan usaha secara online. Dan tentu sudah banyak yang sukses menjalaninya.

Apa keuntungannya ?

Keuntungan bisnis online antara lain :

bisnis online 1. Tidak memerlukan modal yang besar

Modal utama hanyalah perangkat komputer dan jaringan internet. Kita tidak perlu menyewa kantor, karena kantor bisa diadakan di rumah bahkan di kamar sendiri. Begitu juga dengan barang. Kita tidak selalu harus menyediakan stock dalam jumlah banyak. Kita bisa memproduksi atau mengadakan barang tersebut sesuai pesanan saja. Jadi, tidak ada penumpukan barang di gudang. Tidak perlu membayar karyawan, karena usaha kita sendiri yang menjalankan, kecuali jika usaha sudah sangat besar dan kita kewalahan menanganinya sendiri.

bisnis online 2. Bisa menjangkau pasar tanpa batas

Internet mencapai ke semua daerah, bahkan lintas negara. Jadi bisa saja pembeli adalah orang dari Malaysia, Arab, Singapura, dan lain-lain. Begitu luas, bukan?

bisnis online 3. Jangkauan waktu tanpa batas

Dengan bisnis online, kita bisa menjalankan usaha 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Asalkan usaha kita sudah terpasang di internet, maka sistem usaha kita akan tetap berjalan, walaupun kita sedang tidur dan bermimpi.

bisnis online 4. Mudah dijalankan dan mendatangkan keuntungan materi yang menjanjikan

Bisnis online begitu mudah dijalankan, karena menghemat waktu dan tenaga. Baik dari sisi pembeli, maupun penjual. Keuntungannya pun tak perlu diragukan lagi.

Contoh Bisnis Online

Ada banyak ragam bisnis online. seperti : Pay Per Click (PPC), Pay Per Sale (PPS), Pay Per Lead (PPL), Pay To Click (PTC), Pay Per Impression (PPI), dll. kita bahas yang paling gampang saja untuk dijadikan contoh adalah sebuah toko online. Toko umumnya beroperasi di pasar, pusat perbelanjaan, jalan jalan utama.

Namun, dengan sedikit modifikasi, sebuah toko tidaklah harus menjelma seperti sebuah toko pada umumnya. Dengan bangunan besar, display barang jualannya, pramuniaga, kasir, hingga securiti.

Bisnis online dapat mengubah sebuah toko konvensional menjadi toko online. Kita tidak memerlukan bangunan. Kita juga tidak memerlukan space yang luas untuk memajang produk.

Hanya bermodal sebuah web atau blog dengan space tertentu dan juga sedikit pengaturan, maka toko yang biasanya beroperasi di pasar tradisional dapat dimigrasikan ke laman internet.

Bangunan atau ruko menjelma menjadi sebuah blog atau website toko online. Display produk di rak atau almari dapat diganti dengan gambar gambar dengan tampilan yang tidak kalah menarik. Kasir dan pramuniaga dapat digantikan dengan script berbasis php shopping chart. petugas pencatat dapat digantikan dengan database.

Lantas, bagaimana dengan konsumen? Calon pembeli tentu saja akan mengunjungi toko kita di laman website atau blog toko online. Istilahnya adalah visitor. Dengan sedikit promosi via online maka calon pembeli dapat didatangkan.

Sudah banyak toko-toko online yang dapat meraup omzet puluhan juta, ratusan juta bahkan milyaran rupiah walaupun hanya bermodal blog atau website seharga ratusan ribu bahkan gratis. Dan toko online ini menjadi pilihan favorit para wirausaha yang ingin membuka sebuah usaha dengan budget yang terbatas.

Langkah Dasar Memulai Bisnis Online

Banyak orang yang ingin memulai toko online, apakah toko baju, keranjang hadiah atau mainan di Web. Dengan mengambil contoh toko pakaian, berikut beberapa langkah dasar untuk membuat etalase toko online Anda:

bisnis online 1. Tentukan Usaha Anda.
Langkah paling awal adalah selalu tahu apa yang ingin Anda lakukan. Termasuk mengetahui jenis usaha baju apa dan market yang Anda tuju (anak-anak, bayi, wanita atau pria). Pertimbangkan ceruk pasar yang ada – beberapa contoh toko baju online juga menyediakan baju wanita dengan ukuran besar, atau baju seragam atau baju kerja untuk ibu hamil. Lihat seberapa banyak pesaing Anda.

bisnis online 2. Melakukan Riset Pasar.
Memahami target konsumen Anda serta tahu pesaing Anda – siapa mereka, apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka menampilkan tokonya, bagaimana mereka memasarkan, apakah target pasar Anda membeli secara online dan dari mana. Berlangganan untuk publikasi seperti Internet Retailer untuk membantu Anda banyak belajar cara terbaik berjualan online dan apa yang dilakukan pada usaha besar.

bisnis online 3. Menentukan Fitur Website E-commerce Anda.
Tentukan fitur apa saja yang diinginkan pada website Anda. Keindahan tampilan Web, penyediaan daftar barang dagangan, kecepatan loading, kemudahan pemesanan barang bagi para pelanggan anda, dsb.

bisnis online 4. Menulis Business Plan.
Business plan penting untuk membantu Anda memikirkan usaha Anda – siapa target pasar Anda, apa yang ingin Anda capai dengan situs Anda, bagaimana Anda memasarkan produk, teknologi apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda, dimana Anda akan mendapatkan sumber produk Anda atau bagaimana Anda akan membuat item tersebut, dan seberapa besar sumber yang perlu Anda miliki.

10 Peluang Bisnis Online Yang Dapat Anda Mulai Dari Rumah

Bisnis online menawarkan berbagai kemudahan yang tak tertandingi dibanding dengan usaha lainnya. Dua dari sekian banyak keunggulan tersebut adalah modal yang relatif rendah (bahkan tanpa modal) dan fleksibilitas. Anda dapat membangun usaha sampingan dan bekerja dari rumah, mengatur waktu Anda sendiri tanpa harus terikat dengan jam kerja. Berikut ini 10 ide peluang usaha online yang dapat Anda mulai dari rumah:

bisnis online 1. Menjual aneka produk di situs jejaring sosial

Membuka toko retail yang fokus pada ceruk pasar tertentu menjadi tren yang cukup populer semenjak munculnya jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Anda dapat menjual produk-produk kecantikan, mainan, beraneka busana, item koleksi dan lain sebagainya. Pada dasarnya apa yang dapat dijualbelikan hanya tergantung dari ide saja.

bisnis online 2. Membangun website/Blog
Bisa anda gunakan hosting berbayar atau gratisan seperti :; wordpress, blogger, atau weebly.

bisnis online 3. Mengembangkan komunitas
Bisa Anda kembangkan di situs jejaring sosial facebook, twitter, linkedin. berbagai situs forum seperti : kaskus, forum.detik, forum.kompas, dll

bisnis online 4. Aktif di situs lelang

Situs lelang seperti eBay dan situs-situs lelang lokal membuka kesempatan bagi siapa saja untuk memulai bisnis online sampingan dari rumah. peluang dropshipping masih populer dan banyak ditawarkan oleh berbagai produsen dan distributor. bisa anda coba.

bisnis online 5. Menyediakan berbagai jasa

Tidak terbatas pada produk, Internet memperbolehkan Anda menjual jasa. Dengan munculnya berbagai jenis projek yang tidak memiliki wujud fisik, maka semua dapat dikerjakan online. Bebebarapa contoh dari peluang ini adalah usaha desain web dan grafis, menulis konten web, copywriting, menata dan memelihara situs e-commerce, software house, jasa pemasaran online, jasa SEO dan masih banyak lagi.
Bahkan, untuk beberapa jasa yang memerlukan tatap muka dan melibatkan barang fisik, tetap saja operasinya dapat dilakukan melalui dunia maya. Dengan hadirnya teknologi video conference dan telepon gratis seperti Skype.

bisnis online 6. Blogging

Sulit dibayangkan bagi sebagian orang, Anda dapat menulis dan berbagi cerita mengenai topik yang Anda sukai, lalu dari sana muncul berbagai kesempatan untuk menghasilkan uang. Tapi itulah kenyataannya. Menulis dalam bisnis online banyak jenisnya, Blogger dapat menulis topik apa saja dari kuliner, wisata ke lokasi-lokasi unik, tips mengasuh anak, resep masakan, menulis teks promosi untuk bisnis online, menulis iklan baris bisnis online, menulis sales letter untuk bisnis online Anda, membuat blog, membuat follow-up, dan lain-lain… pada dasarnya topik apa saja. Kesempatan yang datang dapat berupa penawaran menulis buku, menulis dan menjual e-book online, menjadi pembicara untuk seminar dan workshop atau berbagi hasil dari iklan yang ditayangkan di situs Anda.
Menulis di dalam bisnis online yang bertemakan memasarkan produk dan jasa di internet adalah modal penting karena tanpa menulis sulit sekali meraih kesuksesan di dunia bisnis online. . Tak hanya itu, sebuah website yang menjadi ramai juga tidak lepas dari kegiatan tulis-menulis. Jadi, secara tidak langsung orang-orang yang sering menulis online akan memperoleh uang di bisnis online ini. tuilislah sesering mungkin apa yang Anda sukai. 

bisnis online 7. Publikasi newsletter berkala

topik yang hangat dan berbobot, sangat mungkin mendapat sambutan yang baik dari komunitas, bahkan dibanding publikasi profesional. Kabar baiknya, Anda tidak butuh ratusan ribu pembaca agar dapat menjalankan peluang usaha ini.

bisnis online 8. Jasa konsultasi

Jasa konsultasi dalam bentuk apa pun dapat menggunakan Internet untuk mencari prospek. selama kurang dari dua dekade saja telah bermunculan berbagai profesi yang sama sekali tidak pernah ada sepanjang sejarah. Hal ini menyebabkan dibutuhkannya pelatihan dan konsultasi terutama bagi perusahaan yang ingin menjamah ranah baru ini. Beberapa contohnya adalah pelatihan media sosial untuk korporasi, konsultasi periklanan dan lead generation yang efektif dari Internet, optimasi situs web dan lain sebagainya.

bisnis online 9. Perangkat lunak berbasis web

Perkembangan teknologi sekarang ini sedang bergerak menuju apa yang kita namakan cloud computing, yakni komputasi berbasis awan. Sebagian besar aplikasi akan tersedia melalui Internet dan bukan dari komputer pemakai. Keuntungannya adalah dari mana pun Anda mengakses, data Anda akan selalu tersedia.
Untuk software developer dan programmer, ini adalah peluang besar untuk memulai usaha baru dan mendapatkan pelanggan secara nasional, atau bahkan internasional. Perangkat lunak tentu saja tidak dibatasi oleh aplikasi yang ada saat ini. Bisa jadi dikombinasikan dengan e-commerce, misalnya saja situs kumpulan kupon belanja atau ulasan lokasi restoran dan sebagainya.
Tentunya model bisnis untuk setiap jenis perangkat lunak yang ada berbeda-beda. Dengan kata lain satu peluang ini saja sebenarnya mencakup peluang bisnis yang sangat besar dan menguntungkan.

bisnis online 10. Bisnis informasi

Pada dasarnya Anda hanya menuangkan apa yang telah Anda ketahui dalam paket informasi yang dapat dikonsumsi oleh publik.
Beberapa contoh produk informasi adalah e-book, audio digital (MP3), CD audio, DVD, pelatihan online (e-learning), sampai seminar dan workshop. Dengan teknologi yang ada saat ini, membuat produk informasi sangat mudah dan terjangkau tapi harga banderolnya disesuaikan dengan kualitas informasi yang dikandungnya, bukan materi fisiknya. Dengan sedikit riset, tentu Anda dengan mudah menemukan banyak marketer yang menjual e-book dan pelatihan dalam segala bidang… termasuk kebugaran, kesehatan, diet, pemasaran, bisnis, sampai kencan, pengembangan diri, masak memasak, pendidikan dan berkebun sekalipun. Jika Anda mengetahui sesuatu yang dibutuhkan orang lain, ini adalah kesempatan untuk menjangkau pemirsa Anda melalui Internet dan menarik untung yang besar.

Jadi mulailah berwirausaha sekarang juga, walaupun hanya sebagai peluang usaha rumahan.

Belajar Bisnis Online

Memang untuk memahami segala seluk bisnis online tidak dapat ditempuh dengan cara instan. Proses dan waktu adalah suatu kewajiban dalam pembelajaran segala yang berkaitan dengan internet marketing.

Jika Anda adalah orang awam yang tertarik untuk berkutat di dunia bisnis online, alangkah bijaknya untuk berguru kepada ahlinya. Ada beberapa tempat yang dapat dijadikan referensi sekolah bisnis online yang memberikan pencerahan secara gratis maupun berbayar.

Bagaimana saya mencari pakar ahlinya ? Salah satu pakar internet marketing yang dapat anda hubungi adalah mr. Teddy Mulia yang menerbitkan produk pembelajaran internet marketing pemula bisa anda kunjungi situsnya investasijutawan.com. Di situs tersebut kita dapat belajar tentang seluk beluk bisnis online secara lengkap dari ebook ebook yang di sediakan di sana.

Mulai dari tingkat dasar hingga mahir.akan memandu Anda step by step bagaimana memulai sebuah bisnis online walaupun kita baru pertama kali mengenal internet.

Internet marketing sebagai salah satu program unggulan di investasijutawan.com dapat dijadikan acuan dalam belajar internet marketing. Karena sebuah bisnis online tidak hanya terfokus pada bagaimana kita menjual, namun perlu sebuah marketing, research pasar, promosi, search engine optimation, social media optimation, dan lain sebagainya.

Jika Anda memang ingin mendalami bisnis online secara serius, dapat menekuninya di mulai dari investasijutawan.com Di situs tersebut Anda akan mendapatkan manfaat yang berharga bagaimana menjajaki serta langkah apa yang harus ditempuh dalam mensiasati sebuah bisnis online.

Sehingga Anda akan menjadi seorang yang ahli dan bukan orang yang mendadak pakar. Kunjungi laman investasijutawan.com untuk belajar bisnis online secara langkap dan tuntas.

Nah, tertarik untuk mencoba berbisnis online di internet ? Yuk, kita mulai dari sekarang.

Selamat mencoba.


 
Info Peluang Bisnis

 

bisnis online

 

 

bisnis online

 

 
bisnis online
Copyright © 2014. Bisnis Online