Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2016
Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2017
Peluang Bisnis Online Indonesia
Bisnis Online

KONSEP DASAR BISNIS TELEKOMUNIKASI

Bisnis adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bisnis adalah transaksi yang terjadi antar anggota masyarakat. Pada bagian ini akan dibahas konsep dasar bisnis dan kaitannya dengan telekomunikasi.

Dasar-dasar Bisnis

Berbicara tentang bisnis kita berbicara tentang keseluruhan proses yang terjadi antara produsen dan konsumen. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Bisnis dijalankan secara perseorangan maupun dalam satu usaha bersama. Beberapa jenis badan usaha yang biasa digunakan dalam bisnis adalah :

1. Perusahaan Perseorangan atau Individu

Badan usaha perseorangan adalah badan usaha yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Setiap individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu. Semua orang bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya. Pada umumnya perusahaan perseorangan bermodal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah produksi, memiliki pegawai yang sedikit dan penggunaan alat produksi teknologi sederhana. Contoh perusahaan perseorangan seperti warung, tukang mi ayam, pedagang asongan, dan lain sebagainya. Usaha semacam ini dikelola dan ikendalikan oleh perorangan. Untuk melakukannya tidak memerlukan izin usaha.

Ciri umum perusahaan perseorangan adalah sebagai berikut :
· Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
· Mudah didirikan dan juga dibubarkan
· Tidak ada pajak
· Keuntungan dinikmati sendiri
· Perusahaan dijalankan sendiri
· Keuntungan kecil
· Jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup
· Sewaktu-waktu dapat dipindah tangankan

2. Perusahaan Persekutuan / Partnership

Perusahaan persekutuan adalah perusahaan/badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Beberapa jenis perusahaan yang termasuk dalam badan usaha persekutuan adalah firma dan
persekutuan komanditer alias cv. Untuk mendirikan badan usaha persekutuan membutuhkan izin khusus pada instansi pemerintah yang terkait.

a. Firma
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
Ciri umum firma adalah sebagai berikut :
· Setiap pemilik wajib melunasi dengan harta pribadi jika terdapat hutang tak terbayar.
· Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin
· Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya.
· Keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup
· Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
· Pendiriannya tidak memerlukan akte pendirian

b. Commanditaire Vennotschaap (CV)
Persekutuan komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif atau pesero diam. Ciri umum CV adalah sebagai berikut :
· Sulit untuk menarik modal yang telah disetor
· Modal besar karena didirikan banyak pihak
· Mudah mendapatkan kridit pinjaman
· Terdapat anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif tinggal menunggu keuntungan
· Kurang stabil

3. Perseroan Terbatas (PT) / Korporasi
Perseroan terbatas (PT) adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT dibutuhkan sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya.
Ciri umum perseroan terbatas adalah sebagai berikut :
· Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi
· Modal dan ukuran perusahaan besar
· Tanggung jawab dan kendali PT ada di tangan pemilik saham
· Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham
· Kepemilikan dapat berpindah tangan dengan cara dijual
· Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal / saham dalam bentuk dividen
· Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saham
· Sulit untuk membubarkan PT
· Pajak berganda pada pajak penghasilan / pph dan pajak deviden

Beberapa bidang bisnis yang banyak dilakukan di masyarakat modern saat ini :
1. Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan produk tidak kentara, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah jasa kontruksi dan sistem informasi.
2. Bisnis real estate adalah bisnis yang bergerak pada bidang property yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti seperti rumah dan bangunan.
3. Bisnis pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti mineral tambang batubara, timah, aspal dan biji besi.
4. Bisnis finansial atau perbankan adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
5. Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
6. Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen menjadi barang jadi, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mebel, kendaraan dan perabotan.
7. Bisnis Internet : bisnis ini menggunakan sarana Internet sebagai alat untuk memasarkan produk atau jasa.

Masih banyak jenis-jenis bisnis lain yang banyak dilakukan pada masyarakat modern sekarang.

Pengusaha

Pengusaha adalah orang yang mengendalikan sebuah bisnis. Pengusaha mengelola bisinis yang didirikannya sendiri maupun warisan dari pendahulunya. Mengelola bisnis memeliki peluang yang besar untuk mendapatkan pencapaian yang tinggi demikian juga
dengan resikonya. Seorang pengusaha yang akan menjalankan bisnis dituntut untuk lebih cekatan dalam mengendalikan dan mengelola usahanya agar tetap bisa maju, tidak hanya sekedar bertahan.
Beberapa ciri umum sifat/karakteristik pengusaha adalah sebagai berikut :
1. Hemat
Sifat ini mungkin agak sedikit berlebihan dan berbeda dengan gambaran umum orangorang di luar pengusaha. Kalau masih ada image bahwa pengusaha adalah mereka yang suka menghambur-hambrukan uang dengan belanja barang-barang mewah dan
menghabiskan uang seenaknya. Maka gambaran itu keliru. Sebut saja Warren Buffet yang termasuk 5 besar orang terkaya di dunia. Beliau tidak pernah membeli mobil baru dan walaupun sudah memiliki bisnis yang maju, masih tetap tinggal di rumah yang ditempatinya pada saat awal menikah.
2. Tanggung jawab
Mengambil resiko tanpa menyalahkan orang lain. Apa pun yang terjadi dengan usahanya, sang pengusaha akan bertanggung jawab penuh. Ini yang disebut dengan sifat The Cause. Kelabikan dari sifat ini adalah The Effect yaitu orang-orang yang merasa kurang beruntung dan menghindari tangung jawab.
3. Mengambil Resiko
Dalam dunia usaha resiko adalah berbagai hal yang harus dihadapi pengusaha dalam menjalankan bisnis. Tidak ada bisnis yang tidak ada resikonya. Namun resiko ini tidak liar, pengusaha dapat memprediksi tingkat resiko yang akan dihadapinya sesuai dengan
bisnis yang dijalankan. Tidak ada yang tidak beresiko, tetapi resiko bisa diminimalisir.
4. Optimis
Sikap yakin atas apa yang dikerjakan dan akan mendapatkan hasil yang diharapkan. Sikap ini menjadi modal awal untuk menjalankan bisnis. Dengan tingkat optimisme yang tinggi suatu perusahaan dapat terus bertahan untuk maju. Dalam penelitian di National Federation of Independent Business (NFIB-USA) menyatakan bahwa
sepertiga dari pengusaha menilai peluang berhasil bisnis mereka 100%. Itulah beberapa karakter pengusaha disamping ciri-ciri lainnya. Secara umum sikap-sikap positif untuk menghadapi berbagai persoalan dan masalah bisnis, dimiliki oleh seorang pengusaha.

Perencanaan Bisnis
Perancanaan bisnis adalah sebuah proposal yang dibuat untuk mengajukan ide bisnis.
Proposal bisnis ini diajukan oleh calon pengelola bisnis ditujukan kepada pemilik modal.
Pembuaatan perencanaan bisnis ini bertujuan untuk memudahkan dalam memahami konsep
bisnis yang utuh dan terstruktur. Dengan adanya perencanaan bisnis ini baik calon
pengelola maupun pemilik saham dapat memprediksi berbagai kemungkinan yang terjadi
pada bisnis dimasa yang akan datang.
Disamping itu, proposal ini juga dapat dijadikan sebagai studi kelayakan tahap awal
sebelum dilakukan studi kelayakan yang lebih rinci. Beberapa aspek yang terdapat padasuatu perencanaan bisnis adalah sebagai berikut :
1. Profil bisnis
Penjelasan tentang bisnis yang akan dibangun secara keseluruhan. Pada bagian ini diuraikan secara rinci :
· Produk atau jasa yang akan diproduksi : Uraian tentang produk atau jasa yang akan diproduksi.
· Pasar dan Nasabah yang Menjadi Sasaran : Uraian profil nasabah dan mengapa mereka menginginkan atau memerlukan produk atau jasa yang akan dihasilkan.
· Kecenderungan Pertumbuhan dalam Bisnis ini : Apakah pasar untuk produk atau
jasa yang akan dihasilkan sedang tumbuh atau menyusut?
· Kekuatan Harga : Jelaskan kualitas atau keadaan luar biasa tentang produk atau jasa yang akan memungkinkan kita untuk mempertahankan penetapan harga yang menguntungkan.

2. Visi dan Orang
Uraikan dengan meyakinkan bahwa ktia berhasrat memiliki komitmen terhadap bisnis baru dan menyadari kenyataan untuk membuat pilihan sulit yang tak dapat dielakkan.
· Orang : Pengalaman Kerja yang Terkait dengan Bisnis yang diminati
Uraikan pengalaman kerja dalam bisnis yang akan kita rencanakan termasuk daftar ketrampilan dan pengetahuan, yang mungkin akan diperlukan dalam menjalankan bisnis
· Riwayat Hidup Pribadi dan Pendidikan
Uraikan mengenai diri kita, termasuk pendidikan dan pengalaman lainnya.
3. Komunikasi
· Komputer dan Alat Komunikasi
Buatlah tabel berisi setiap peralatan yang akan kita gunakan dan berikan keterangan dan anggaran untuk masing-masing item.
· Masukan semua hal berkenaan dengan peralatan komunikasi seperti : telepon, pager, faksimile, komputer dan Internet.
4. Organisasi
· Organisasi Bisnis
Menjelaskan bentuk dari organisasi bisnis yang akan digunakan dan mengapa ini dianggap terbaik untuk bisnis yang akan dilakukan.
· Konsultan Profesional
Buatlah daftar nama-nama pengacara, akuntan, agen asuransi, dan profesional lainnya.
· Izin
Buatlah daftar tentang lisensi apa saja yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.
5. Asuransi
Bagian ini menjelaskan tentang daftar cakupan asuransi termasuk perkiraan biaya yang diperlukan.
6. Tanah dan Bangunan
Bagian ini menjelaskan secara garis besar kriteria lokasi bisnis yang akan dikembangkan menyangkut kebutuhan lahan dan ruangan dalam bangunan.
7. Akuntansi dan Arus Kas
· Lengkapi sebagai bukti terpisah dari neraca awal dan proyeksi laporan laba rugi untuk enam bulan hingga satu tahun pertama.
· Rencana Arus Kas
Sediakan bukti terpisah dari analisis arus kas satu tahun Anda, termasuk perkiraan penjualan, seluruh biaya, dan investasi modal.
Sediakan daftar periksa semua pos pengeluaran untuk dimasukkan ke dalam proyeksi arus kas.
· Analisis Biaya
Seluruh biaya saya meliputi apa saja: tetap, variabel, produk, pengiriman, dll.
· Pengendalian Intern
Jelaskan segala penendalian intern dan pengendalian kas, kebijakan
penandatanganan cek, strategi pengendalian penyusutan dan ketidakjujuran, dan pengendalian masuknya barang dagangan yang diinginkan.
8. Pembiayaan
· Strategi Pembiayaan
Sediakan grafik atau spreadsheet yang memperlihatkan semua sumber modal untuk memulai bisnis. Jelaskan segala bentuk bantuan pemerintah atau program jaminan pinjaman yang akan diajukan.
Apabila bisnis kita berurusan dengan calon pemberi pinjaman, maka lampirkan proyeksi arus kas dan proyeksi laporan laba rugi untuk menunjukkan sumbersumber pelunasan pinjaman.
9. E-Commerce
· Rencana E-Commerce
Uraikan secara terperinci bagaimana rencana pemanfaatan Internet dalam memasarkan produk atau jasa Anda.
· Anggaran E-Commerce
Sediakan rincian segala biaya yang berhubungan dengan pengemasan, pengoperasian, dan pemeliharaan kegiatan e-commerce.
· Kompetisi E-Commerce
Uraikan bagaimana para pesaing memanfaatkan e-commerce dan strategi apa untuk menyempurnakan penggunaannya.
10. Akuisisi
· Prosedur Penyelidikan Mendalam untuk Akuisisi
Buatlah daftar sebagai berikut: Tim konsultan : Pengacara, akuntan, bankir, pialang dll. Pembuktian pendapatan penjual : bagaimana rencana untuk membuktinya.
· Pemeriksaan dan persetujuan sewa dan kontrak.
Penilaian, jika dianggap tidak layak.
· Rencana keuangan untuk akuisisi: masukkan sejumlah sumber, termasuk pembiayaan penjual
11. Pemasaran
· Rencana Pemasaran
Uraikan strategi pemasaran dan penjualan secara menyeluruh, termasuk bagaimana rencana untuk mendapatkan dan mempertahankan para nasabah.
· Rencana Iklan dan Promosi
Uraikan rencana dan anggaran untuk pemasangan iklan dan promosi.
· Pembelian dan Kontrol Inventaris
Lihatlah daftar periksa “cara melakukan pembelian”.
· Kebijakan Pelatihan
Uraikan rencana Anda untuk mengangkat dan melatih rekanan penjualan Anda.
· Kompetisi
Uraikan para pesaing dan bagaimana cara melakukan persaingan.
· Bagaimana Kita Merencanakan Mengambil Keuntungan dari Kompetitor Buatlah daftar kelemahan komputer Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan peluang.
12. Pertumbuhan
· Ekspansi, Uraikan rencana pertumbuhan : Bisa dimasukan pengembangan operasi percobaan yang menguntungkan, sumber-sumber pembiayaan, arus kas, sistem akuntansi yang ada, rencana kompensasi insentif bagi manajer, paket dan kebijakan tunjangan,
ekonomi skala.
· Penanganan Masalah Utama
Uraikan skenario untuk keadaan yang terburuk yang merugikan, dan bagaimana cara menanggapinya. Misalnya, bagaimana rencana menangani penurunan 25% dalam penjualan, atau persaingan baru dll. Siapkan proyeksi arus kas berdasarkan harapan yang lebih rendah, dan 6.4. Contoh Perencanaan Bisnis (Jasa)
Berikut ini contoh perencanaan bisnis yang dibuat oleh Smith E-Commerce Consulting, Mary Smith, sebagai berikut :

BAGIAN 1: PROFIL BISNIS

Keterangan tentang Bisnis saya
Saya merencanakan menyediakan jasa lengkap untuk perancangan, pemasangan, dan pemeliharaan fungsi pemasaran e-commerce bagi klien eceran saya. Saya bermaksud mengevaluasi keberhasilan dari setiap pemasangan dan menindaklanjutinya dengan membuat perubahan untuk menyempurnakan efektivitas dari setiap situs.
Pasar dan Pelanggan yang Menjadi Sasaran Pelanggan saya adalah usaha kecil yang dapat meningkatkan penjualan mereka saat ini dengan memanfaatkan e-commerce. Klien khas saya akan memerlukan situs untuk tujuan ganda dengan menyediakan informasi 24 jam bagi pelanggan sekaligus menyediakan tempat untuk
membeli. Klien potensial saya adalah bisnis di mana e-commerce dapat meneydiakan tambahan peningkatan penjualan. Bisnis ini akan meliputi rangkaian usaha yang luas: dari restoran hingga toko obat.

Tren Pertumbuhan di Bisnis ini
Pasar untuk jasa saya tumbuh dengan kecepatan yang tidak terduga. Menurut Mary Meeker dari Morgan Stanley, sekarang ada 250 juta pengguna Internet di seluruh dunia.
Dapatkah Anda – berdasarkan sumber-sumber perdagangan yang ada – mencatat laju pertumbuhan yang diperkirakan untuk industri Anda? Apabila sumber industri tidak tersedia, Anda perlu memberikan penjelasan yang logis tentang tren dan potensi pasar yang Anda tuju. Segmen ini akan menyediakan informasi bagi Anda dan pendukung Anda tentang apakah pasar Anda sedang berkembang ataukah dalam tren menurun.

Kekuatan Harga
Pada awalnya, kekuatan harga saya terbatas oleh biaya konsultasi yang diberikan oleh pihak lain. Namun, saya memperkirakan bisnis ini akan berkembang dari mulut-ke-mulut dan dari jasa saya dengan tarif yang agak lebih tinggi daripada rata-rata. Dengan demikian, saya
berharap bahwa reputasi saya akan membawa saya memperoleh kekuatan harga hingga tingkat tertentu. Faktor lain adalah bahwa apabila jenis jasa saya diberikan secara tidak efekif, maka ini akan sangat membebani klien dan tidak bermanfaat sama sekali. sebaliknya, apabila dilakukan dengan baik (oleh diri saya) maka jasa ini akan bermanfaat dan sangat bernilai. Dengan mendapatkan reputasi ini, saya berharap bisa memperoleh bayaran yang bagus untuk pekerjaan saya.

BAGIAN 2: VISI DAN ORANG

Melalui pengalaman kerja dan dari bisnis sampingan saya sebelumnya, saya memiliki ketrampilan yang unik dalam menyediakan jasa E-Commerce khusus. Juga, saya telah lama
memiliki keinginan untuk terjun ke dalam bisnis secara penuh untuk diri saya dan dengan memanfaatkan pengetahuan ini. Saya telah bekerja dengan banyak vendor perangkat keras dan perangkat lunak dan perancang website. Dengan memanfaatkan sumberdaya dari kolega ini, saya dapat menunjukkan kompetensi di semua aspek dari penerapan E-Commerce yang berhasil. Saya sangat bergairah untuk menjalankan bisnis baru ini dan sudah memutuskan untuk menentukan pilihan sulit ini.

ORANG
Pengalaman Kerja Terkait dengan Bisnis yang Diminati Pengalaman kerja saya adalah sebagai berikut:

1995 - 2008: Jabatan __________ di perusahaan ________Co. Jelaskan tanggung jawab Anda
secara terinci: ______________________________________
1998 - 2008 Jabatan __________ di perusahaan ________Co. Jelaskan tanggung jawab Anda
secara terinci: ______________________________________
Pengalaman kerja saya dengan perusahaan ____ yang disebutkan di atas termasuk tanggung jawab untuk merancang, menerapkan, dan memelihara website. Saya telah menyertakan sejumlah referensi kerja dan referensi karakter pada Lampiran A, terlampir.
Saya menjadi anggota organisasi profesional berikut ini: National Association of E-Commerce Designers Jasa konsultasi saya akan memerlukan pengeahuan khusus di semua aspek dari penerapan
situs E-commerce untuk usaha kecil. Saya telah bekerja sampingan di kegiatan ini selama 2 tahun dan telah berhasil menyelesaikan kontrak dengan 5 usaha kecil. (Lihat Lampiran __
termasuk referensi, terlampir). Saya merasa bahwa latar belakang ini memungkinkan saya menjalankan bisnis secara penuh.
Latar Belakang Pribadi dan Pendidikan
Pendidikan saya meliputi: Sekolah menengah _________ , lulus dari sekolah
__________(angkatan ____ ).
Sekolah pascasarjana untuk gelar _____ diperoleh pada tahun ______ dari perguruan tinggi
__________ , ditempuh selama _______ tahun.
Di sekolah ________saya terlibat dalam aktivitas berikut ini (dewan siswa, pengurus OSIS,
perkumpulan siswa, klub, dll.) Saya juga pernah mengikuti kursus dan seminar berikut ini:
Kursus Internet “My Own Business”, ________________, _______________, dll.
_________________, _________________, _______________.
Hobi saya adalah: _________________________________________________
Pendidikan saya selanjutnya diperoleh dari berlangganan jurnal profesional berikut ini: Wall
Street Journal, Computer World, dll.

BAGIAN 3: KOMUNIKASI

Komputer dan Alat Komunikasi
Saya merencanakan memanfaatkan semua alat komputer dan komunikasi yang saat ini tersedia untuk menempatkan saya pada bidang yang setara dengan para pesaing saya. Berikut ini adalah spesifikasi tentatif dan anggaran untuk perlengkapan. Persyaratan Sumberdaya:

Komunikasi
Masukkan keterangan tentang semua peralatan komunikasi. Masukkan anggaran untuk semua peralatan komunikasi.
Telepon
Masukkan keterangan tentang semua peralatan telepon. Masukkan anggaran untuk semua peralatan telepon.
Pager
Masukkan keterangan tentang pager. Masukkan anggaran untuk semua pager.
Faksimili
Masukkan keterangan tentang semua peralatan faks. Masukkan anggaran untuk semua peralatan faks.
Komputer
Masukkan keterangan tentang semua peralatan komputer. Masukkan anggaran untuk semua peralatan komputer.
Internet
Masukkan keterangan tentang penyedia layanan Internet. Masukkan anggaran untuk akses Internet.

BAGIAN 4: ORGANISASI DAN ASURANSI

Organisasi Bisnis
Saya merencanakan mengoperasikan bisnis dalam bentuk perusahaan pribadi. Karena ada tanggung jawab pribadi yang terkait dengan bentuk organisasi ini, saya sadar bahwa asuransi akan sangat penting dan saya bermaksud untuk mengasuransikan secara memadai dan mendapatkan agen asuransi yang ahli. Di masa mendatang, sejalan dengan berkembangnya bisnis, saya akan membahas dengan pengacara saya apakah dan kapan saat yang menguntungkan untuk beralih menjadi perusahaan sub-bab S.
Konsultan Profesional
Saya menganggap penting bahwa tim penasihat profesional saya harus sudah siap sebelum saya memulai bisnis. Berikut ini adalah daftar para profesional itu:
Pengacara: Daisy Deposition.
Akuntan: Sam Shelter
Agen Asuransi: Tom Tornado
Bankir: Bruce Bucks
Lainnya: _____________
Izin
Smith Consulting Services memerlukan izin sebagai berikut. Saya perlu meneliti persyaratan
untuk lokasi dan sekitarnya: Saya akan mendatangi:
1. Balai Kota: Ini meliputi departemen perizinan bisnis, departemen perencanaan, departemen bangunan, dll.
2. Sam Shelter, akuntan saya, akan memberi saran tentang persyaratan pelaporan dan perizinan federal, negara bagian, dan lokal.
3. Pengacara saya, Daisy Deposition, akan menyediakan daftar periksa. Asuransi Saya merencanakan untuk menggunakan jasa Tom Tornado, agen asuransi saya. Polis dan batas premi asuransi saya adalah sebagai berikut: Tuan Tornado akan menyediakan tabel polis dan batas kewajiban asuransi.

BAGIAN 5: LOKASI

Kriteria Lokasi
Saya bermaksud memulai usaha di kantor rumah untuk jangka sekitar 6 bulan. Kemudian saya merencanakan untuk membangun bisnis di lokasi eceran yang akan membuat bisnis saya
terlihat jelas di masyarakat. Saya bermaksud mencari lokasi di pusat perbelanjaan setempat yang memiliki jaringan toko eceran besar.
Saya akan menggunakan kriteria berikut ini dalam menentukan lokasi eceran saya:
· Lihat “Ketentuan Dasar untuk Sewa Komersial” terlampir, yang akan saya gunakan sebagai panduan.
· Lihat “Daftar Periksa Sewa” terlampir.
· Pengacara saya akan mengkaji perjanjian sewa saya.
· Saya akan meminta pemilik lahan untuk menyediakan ruangan yang siap pakai, termasuk partisi dinding dll., sesuai “Lampiran C”.
· Studi demografis, jika diperlukan (lampirkan)
· Tanda dan visibilitas.
· Saya akan menggunakan “Tabel Kriteria Lokasi” untuk mengevaluasi lokasi. Lihat format terlampir.
· Saya perkirakan biaya sewa lokasi tidak akan melampaui ___% dari penjualan.
· Zonasi dan persetujuan penggunaan

BAGIAN 6: AKUNTANSI DAN ARUS KAS

Akuntansi
Pengetahuan saya tentang akuntansi cukup memadai. Pelatihan akuntansi saya mencakup _______ (jelaskan), namun saya merencanakan untuk mengambil kursus penyegaran di ______.
Akuntan saya menurut rencana adalah Sam Shelter.
Program perangkat lunak akuntansi dan penggajian: Saya akan menggunakan sistem berikut ini: _____________________.
Metode akuntansi: Saya akan menggunakan metode dasar Uang Tunai untuk akuntansi. Saya tidak merencanakan untuk menjaga inventaris apa pun, dan metode ini akan lebih sederhana dipahami dan dijelaskan.
Catatan bisnis: Saya akan menyimpan rekening dan catatan secara terpisah dari catatan pribadi saya.
Masalah pajak: Akuntan saya akan membantu saya menyiapkan catatan untuk pembayaran dan pajak jaminan sosial, perkiraan pembayaran pajak penghasilan, pajak upah, dan pajak upah ditangguhkan dan pajak penjualan. Nomor identifikasi pemilik bisnis federal (FEIN) saya adalah: ___________________. Nomor identifikasi negara bagian saya adalah: __________________.
Pengendalian internal: Akuntan saya akan membantu menyiapkan kendali yang sesuai untuk menangani dana di dalam bisnis saya. Pembelian, pencarian modal, dan penandatanganan cek tidak akan didelegasikan. Laporan kuartalan: Pajak akan dibayarkan dengan jadwal yang sesuai. Akuntan saya akan membantu menyiapkan catatan izin penjualan kembali untuk dilaporkan ke dewan pajak
waralaba negara bagian. Rekonsiliasi rekening bank: Rekening bank akan direkonsiliasi setiap bulan. Neraca: Terlampir adalah laporan terpisah dari neraca awal saya. Termasuk di dalamnya adalah jadwal kebtuhan perlengkapan dan perabot yang akan muncul pada neraca saya. Laporan laba rugi: Terlampir adalah proyeksi dari laporan laba rugi saya untuk enam bulan pertama dan satu tahun.

Rencana Arus Kas
Telampir adalah laporan terpisah untuk analisis arus kas dalam setahun, termasuk penjualan yang diestimasikan, semua biaya, dan investasi modal. Saya menyertakan daftar semua item biaya yang harus dimasukkan ke dalam proyeksi arus kas.

Analisis Biaya
Saya bermaksud mematok tarif jasa saya ___ per jam dan menaikkan harga pesanan perlengkapan atas nama klien sebanyak ___%. Formulir rincian biaya akan digunakan untuk menentukan tarif setiap kontrak. Setiap calon klien akan diberi kontrak tertulis yang
menyebutkan semua biaya, termasuk biaya-biaya yang tidak sampai melampaui maksimum, berdasarkan analisis rincian biaya. Jangka pembayaran untuk jasa saya adalah: _____. Ekstra akan disetujui secara tertulis sebelum memulai kerja. Kontrak pemeliharaan akan ditangani dengan tarif per jam.
Pengendalian Intern
Akuntan saya berpengalaman di dalam jenis bisnis jasa saya, dan dia akan menyiapkan sistem untuk menangani tanda terima, hutang dagang, dan piutang dagang. Saya akan menjadi satusatunya
orang yang berhak menandatangani pesanan pembelian, membuat akuisisi modal, dan menandatangani cek. Saya tidak merencanakan untuk memiliki inventaris perlengkapan untuk dijual kembali.

BAGIAN 7: PEMBIAYAAN

Strategi Pembiayaan
Kebutuhan saya untuk modal awal adalah: Terlampir adalah daftar biaya yang akan saya butuhkan untuk modal awal maupun pembiayaan. Item-item tersebut mencakup pembelian persediaan, perabot kantor, dan biaya overhead awal. Biaya ini termasuk ke dalam proyeksi arus kas bulanan untuk menunjukkan kebutuhan kas dan biaya overhead awal yang berkelanjutan. Biaya ini termasuk ke dalam proyeksi arus kas bulanan untuk menunjukkan kebutuhan kas yang berkelanjutan. Sumber uang tunai saya untuk memulai bisnis adalah: Saya telah menyediakan lembar kerja yang menunjukkan semua sumber untuk modal awal. Sumberdaya pembiayaan saya untuk mengawali bisnis disebutkan di lembar kerja berikut ini. Sekalipun saya tidak akan tergantung pada bank untuk pembiayaan, akan terdapa beberapa sumberdaya lain seperti sewa perabot kantor dan perlengkapan komputer saat diperlukan untuk upgrade. Perujuk saya untuk sumberdaya pembiayaan termasuk kontak berikut ini:
akuntan saya, mertua saya, dll.
Saya siap menyajikan presentasi di hadapan calon pemberi pinjaman. Kit presentasi saya mencakup rencana bisnis ini, laporan keuangan pribadi saya, dan laporan pajak pribadi saya. Saya akan siap dengan kebutuhan khusus untuk pembiayaan, program pembayaran kembali,
dan sumber pembayaran kembali. Saya akan melengkapi laporan ke calon pemberi pinjaman dengan proyeksi arus kas yang menunjukkan sumber pembayaran kembali dan saya akan bertindak konservatif dengan ramalan saya.

BAGIAN 8: E-COMMERCE

Rencana E-Commerce
Sebagai konsultan di bidang ini, saya merencanakan mengembangkan situs Internet yang akan berfungsi sebagai papan nama untuk menampilkan bisnis saya. Situs saya akan digunakan terutama sebagai iklan dan saluran untuk mendapatkan masukan dari klien.
Anggaran E-Commerce
Saya memiliki perlengkapan dan pengetahuan untuk merancang, menerapkan, dan memelihara website. Saat ini saya memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan tanpa hutang, dan saya merencanakan untuk menyewa upgrade sesuai kebutuhan di masa mendatang.
Kompetisi E-Commerce
Di dalam praktik konsultasi, website saya akan menjadi alat untuk mendefinisikan fokus khusus pekerjaan saya kepada usaha kecil. Tidak ada satu pun pesaing saya yang melakukan hal ini saat ini.

BAGIAN 9: AKUISISI

Prosedur Penyelidikan Mendalam untuk Akuisisi Saya mungkin akan mendapat kesempatan untuk mengakuisisi bisnis konsultasi e-commerce di masa mendatang. Untuk kepentingan penyelidikan tentang akuisisi, proses “due diligence” berikut ini akan diikuti.
Saya akan menggunakan tim ahli untuk memberi saran tentang berbagai komponen dari akuisi:
1. Pengacara
2. Akuntan
3. Bankir
4. Pialang
5. Pemasok perlengkapan
6. Pemilik usaha lain
1. Informasi berikut ini akan dibutuhkan:
2. Catatan penjual dan verifikasi pendapatan
3. Laporan keuangan sekarang
4. Catatan setoran tunai
5. Tagihan penyuplai
6. Perbandingan keuangan untuk bisnis yang sama
7. Lainnya _________________
Analisis penilaian akan meliputi:
· Dasar-dasar penilaian
· Metode pembelian; saham, harta dll.
· Apabila suatu waralaba, akan dilakukan wawancara dengan pemegang waralaba yang
dipilih secara acak
· Evaluasi terhadap perkiraan penerimaan di masa mendatang
· Status motivasi menjual dari penjualnya
· Sumber pembiayaan untuk akuisisi
· Pemeriksaan laporan pajak pribadi dan pajak usaha dari penjual.
· Evaluasi terhadap sewa dan kontrak
· Kualitas renovasi
· Kualitas dan ukuran inventaris Dagangan sudah lama?
· Syarat-syarat piutang
· Satus hutang dagang
· Status dari catatan pemesanan yang sudah diverifikasi
· Evaluasi terhadap hubungan pelanggan dan goodwill
· Evaluasi terhadap persetujuan pemerintah dan perizinan
· Status dari tuntutan yang ditangguhkan
· Lainnya _________________

BAGIAN 10: PEMASARAN

Rencana Pemasaran
Saya merencanakan membangun daftar kepala bidang yang saya kenal ketika saya bekerja sampingan. Kit penjualan saya akan mencakup surat rekomendasi dari pelanggan lama ini dan dari informasi deskriptif di situs mereka. Saya merencanakan membuat presentasi PowerPoint, yang akan mencakup kunjungan ke situs e-commerce yang telah saya buat untuk klien lama. Selain daripada prospek perujuk dan iklan di surat kabar setempat, saya merencanakan untuk melakukan kampanye surat dengan target yang jelas dengan telepon tindak-lanjut ke pelaku bisnis setempat yang merupakan target utama dari pemasaran e-commerce.
Rencana Iklan dan Promosi
Anggaran iklan awal saya adalah $1000 per bulan untuk media cetak setempat, terutama di surat kabar setempat __________. Saya akan menggunakan jasa agensi periklanan ________________ (lokal dan kecil) untuk membuat dan memasang iklan, serta untuk membuat logo, alat tulis, dan brosur dasar. Perkiraan biaya termasuk pembuatan dan pencetakan awal brosur dan formulir bisnis: $5,000. Iklan dan promosi berikutnya akan ditentukan oleh laju pertumbuhan bisnis. Secara keseluruhan, saya merencanakan anggaran iklan dan promosi sebesar ___% dari penjualan. Saya juga merencanakan untuk bergabung dengan Rotary Club dan Kamar Dagang sebagai
cara untuk membangun jaringan dengan pemimpin bisnis setempat.
Pembelian dan Kontrol Inventaris
Di dalam bisnis jasa saya, persediaan barang dan manajemen inventaris tidak memainkan peranan penting. Namun, saya akan bertindak sebagai penasihat untuk perlengkapan yang dipesan untuk dipasang di lokasi klien. Perlengkapan itu biasanya akan dikirimkan langsung dari pemasok ke klien dan ditagihkan ke klien oleh vendor. Namun saya akan menulis spesifikasi perlengkapan yang dibeli, dan kebijakan pembelian berikut ini akan dijaga. Di dalam Order Pembelian terdapat:
· Harga dan jangka pembelian
· Proteksi harga
· Selalu dalam bentuk tertulis
· Spesifikasi lengkap
· Batas waktu pengiriman
· Semua janji akan diverifikasi secara tertulis
· Ketentuan tentang hal-hal tidak terduga harus disertakan di dalam order pembelian
· Setiap perubahan atau tambahan harus mendapat persetujuan sebelumnya secara tertulis
· Kendali internal akan diberlakukan untuk pengiriman dan penerimaan
Kebijakan Pelatihan
Untuk satu dua tahun ke depan, saya akan menangani pemasaran secara pribadi. Namun saya tidak akan mampu berkembang sendirian untuk urusan penjualan. Jadi, seiring dengan berkembangnya bisnis, saya akan mempekerjakan konsultan pemasaran untuk mengembangkan kegiatan penjualan. Widget Corporation, pekerjaan konsultasi pertama yang ditangani perusahaan baru saya, telah berbagi kebijakan untuk personal pemasaran dan saya merencanakan untuk mengikuti panduan mereka. (Lihat di atas). Namun, rencana kompensasi insentif untuk bisnis saya tidak akan berbentuk komisi melainkan tergantung pada profitabilitas menyeluruh dari setiap tugas. Saya ingin agar konsultan saya termotivasi oleh kompensasi insentif yang difokuskan pada prestasi individual dan bukan performa perusahaan secara keseluruhan.

Kompetisi
Pesaing utama saya adalah Bigtime Consultants LLP, Local Moonlighting Company, dan perseorangan (buat daftarnya). Berikan sketsa singkat untuk masing-masing pesaing termasuk kepada siapa mereka menjual dan apa kekuatan mereka. Bagaimana Saya Merencanakan Mengambil Keuntungan dari Kelemahan Kompetitor
Pesaing saya ada yang sangat besar (dan mahal) dan ada pula yang sangat kecil (dan tidak memenuhi syarat) untuk dapat menangani pengecer yang tumbuh, yang menjadi target bisnis saya. Keuntungan unik saya adalah pengalaman saya di semua aspek dari komponen yang diperlukan untuk menginstal operasional e-commerce yang berhasil. Apabila satu saja dari komponen ini tidak ada, pelanggan akan membuang banyak uang dan bahkan menghadapkan bisnis mereka ke dalam bahaya. Contoh: Pesaing kecil A mengistal sistem di _________ yang ternyata tidak bernilai namun membebani perusahaan sebanyak $______, hampir membuatnya pailit. Jadi, pengalaman fokus dan proyek yang berhasil adalah dua kunci utama saya dalam membangun hubungan relasi dan reputasi.

BAGIAN 11: PROGRAM PERTUMBUHAN

Ekspansi
Begitu bisnis saya mapan, saya merencanakan untuk menerapkan strategi pertumbuuhan berikut ini. Saya memperkirakan butuh waktu sekitar ___ (bulan atau tahun) untuk mendapatkan pengalaman dan tingkat keuntungan yang memadai sebelum rencana pengembangan dapat diterapkan. (Apabila Anda memiliki pemikiran tentang bagaimana merencanakan mengembangkan bisnis, jelaskan visi Anda keseluruhan untuk masa depan perusahaan).

Strategi pertumbuhan saya akan dipandu oleh hal-hal berikut:
Saya tidak akan menerapkan jadwal waktu yang kaku untuk pengembangan namun akan menunggu hingga memperoleh pengalaman, penghasilan, dan arus kas yang cukup. (Apabila Anda bermaksud mengembangkan sebagai jaringan toko, di sinilah tempat Anda harus menyebutkan bahwa operasional percontohan awal akan didasarkan pada pendapatan yang mencukupi sebelum Anda menambah unit baru.) Kendali akuntansi dan arus kas akan diberlakukan dan laporan laba rugi akan disiapkan untuk setiap unit berdasarkan laporan setiap ___ (bulan dll.) Kendali internal untuk akuntansi, penanganan uang dan inventaris akan diberlakukan.
Pengacara saya akan mengkaji semua dokumentasi saya. Ini mencakup perjanjian sewa, tenaga kerja dan insentif, perjanjian perizinan, dan komitmen penting. Kebijakan perekrutan dan pelatihan akan diberlakukan. Rencana tunjangan tambahan akan
diberlakukan. Saya akan mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab dengan panduan berikut ini:
1. Manajer akan dimotivasi dengan rencana insentif laba yang akan dikaitkan dengan keberhasilan individual. Rencana saya akan dibuat tertulis, dengan menyatakan dan meminta akuntabilitas. Contoh dari rencana kompensasi insentif buat manajer terlampir.
2. Alokasi modal dan penandatanganan cek tidak akan didelegasikan. Saya bermaksud menjaga penelitian terhadap para pesaing saya. Keberhasilan dan kegagalan mereka akan membantu saya membentuk panduan tentang apa yang harus dilakukan dan apa
yang tidak.

Penanganan Masalah Utama
Kebijakan saya dalam menangani masalah adalah dengan mengidentifikasi dan mengenali masalah dengan cepat dan jujur. Saya merencanakan untuk memberlakukan kebijakan berikut ini segera setelah saya menemukan kejadian yang dapat berakibat buruk selama program pertumbuhan:
Risiko kehabisan tunai: Saya merencanakan untuk membuat sesering mungkin proyeksi arus kas (___ bulanan?). Peramalan terhadap pendapatan, biaya, dan hal-hal tidak terduga akan dinyatakan secara konservatif. Setiap ada peristiwa kekurangan tunai akan segera diselesaikan secepatnya dengan memotong biaya untuk menjaga arus kas dan keuntungan yang positif.
Penurunan dalam penjualan atau penjualan tidak mencapai target:
1. Saya siap secepatnya mengambil langkah pemulihan dengan memotong biaya.
2. Saya aka memperbaiki setiap aspek dari nilai produk, performa, dan citra.
3. Saya akan mencari cara baru untuk mengembangkan penjualan dengan _________.
4. Saya merencakanan untuk tetap berada pada bisnis khusus yang sudah saya kenal baik ini.
Ketidakjujuran, pencurian, penyusutan dalam inventaris: Saya bermaksud menerapkan kebijakan yang sama yang telah dibuktikan oleh perusahaan ______, salah satu pesaing utama saya.
Resesi usaha: Saya siap memotong biaya untuk menjaga likuiditas. Saya juga akan mencari peluang bisnis yang bagus selama masa kemalangan.

Bisnis Telekomunikasi
Bisnis telekomunikasi adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pengelolaan jasa telekomunikasi. PT. Telkom adalah pelaku utama dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN, PT. Telkom diberi kewenangan untuk mengelola bisnis inti telekomunikasi. Disamping PT. Telkom terdapat pemain-pemain telekomunikasi lain yang seperti PT. Indosat, PT. Excelcomindo dan PT. Lintas Arta. Saat ini bisnis telekomunikasi terus berkembang. Pada tahun 2009 PT. Telkom melakukan tranformasi bisnis pada bidang Telekomunikasi, Informasi, Media dan Edutainment (TIME). Tranformasi ini bertujuan untuk meningkatkan gain dari sektor telekomunikasi. Perkembangan sektor telekomunikasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
Pembangunan sektor telekomunikasi akan meningkatkan perkembangan sektor – sektor lain. Organisasi telekomunikasi dunia, International Telecommunication Union (ITU), memprediksi penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan
mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti di negara-negara seperti Korea, Jepang, Kanada, negara – negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya yang telah memberi perhatian besar pada sektor telekomunikasi, secara nyata mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Permasalahan Umum
Permasalahan yang dihadapi pada sektor telekomunikasi adalah sebagai berikut [1]:
· Rendahnya infrastruktur jaringan telekomunikasi
· Rendahnya penetrasi Internet
· Pasar yang masih dikuasai oleh pelaku dominan
· Masih tingginya daftar antrian calon pelanggan telepon
· Masih relatif rendahnya kontribusi sektor telekomunikasi terhadap Pendapatan Nasional
· Makin terbukanya entry barrier bagi produk dan jasa asing untuk masuk ke Indonesia
· Produk dan jasa Indonesia di bidang telekomunikasi yang diekspor ke luar negeri masih rendah
· Permasalahan pro dan kon menyusul divestasi BUMN telekomunikasi
· Lambatnya realisasi pendirian Badan Regulasi telekomunikasi yang bersifat mandiri sesuai dengan mandat Undang – Undang Nomor 36/1999 tentang Telekomunikasi
· Permasalahan Struktur, Perilaku dan Kinerja industri telekomunikasi Indonesia
· Belum adanya upaya serius dari pemerintah untuk memberi perhatian sepenuhnya terhadap pemanfaatan Internet dan dampaknya.

Perusahaan-perusahaan utama yang bergerak dalam bidang telekomunikasi di Indonesia adalah :
1. PT. Telkom Tbk. (www.telkom.co.id)
Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang Telekomunikasi
2. PT. Telkomsel, Penyedia jasa komunikasi seluler GSM
3. PT. Indosat, Penyedia jasa komunikasi seluler GSM
4. PT. Smart Telecom, Penyedia jasa komunikasi seluler CDMA di pulau Jawa
5. PT. Natrindo Telepon Seluler, Operator penyedia jasa seluler GSM dan 3G
6. PT. Mobile-8 Telecom, Penyedia jasa komunikasi seluler CDMA
7. PT. Aplikanusa Lintasarta, Penyedia jasa komunikasi data
8. PT. Excelcomindo Pratama, Penyedia jasa komunikasi seluler GSM
9. PT. Lintasmedia Nusantara, Penyedia jasa dan produk komunikasi dan pesan singkat (SMS)

Artikel Terkait : Konsep Dasar Bisnis Telekomunikasi


Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia