Peluang Usaha Investasi Online Terpercaya
bisnisindonesian.com

Deposito Bukan Lagi Produk Investasi


Deposito bukan produk keuangan baru yang bisa dijadikan instrument investasi, sebab hasil yang didapatkan tidak melebihi tingkat inflasi. sebagai contoh jika pada tahun 2014 suku bunga deposito 7,5% dengan tingkat inflasi 8% maka deposito tidak dapat disebut investasi. karena peningkatan hasil lebih rendah dari investasi. deposito hanya bisa digolongkan produk tabungan saja.

investasi deposito

Deposito adalah salah satu bentuk investasi jangka pendek yang juga bisa Anda coba. Perbedaan deposito dan tabungan adalah pada jangka waktu yang ditetapkan.

Deposito merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian Nasabah Penyimpan dengan bank. Penyetoran maupun penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja atau sesuai dengan jatuh temponya sehingga deposito dikenal juga sebagai tabungan berjangka.

Walaupun konsepnya sama, deposito memiliki beberapa perbedaan dengan tabungan biasa :

- Adanya jangka waktu
- Anda harus menanamkan uang Anda dalam jangka waktu tertentu, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau satu tahun. Selama jangka waktu itu, Anda biasanya tidak dapat menambah ataupun mengambil deposito tersebut.

Kalaupun misalnya Anda dalam keadaan terdesak dan mengambil deposito sebelum jatuh tempo, biasanya Anda akan dikenakan penalti/denda yang cukup besar oleh bank.
- Bunga relatif lebih tinggi dari tabungan biasa.
- Setoran awal yang lebih besar

Dengan bunga yang lebih tinggi, deposito juga menuntut saldo minimum yang lebih besar dari tabungan biasa. Biasanya berkisar dari Rp 1.000.000 sampai ratusan juta, tergantung penawaran dari bank.

- Tidak ada biaya administrasi bulanan, tapi bunga deposito Anda akan tetap terkena pajak.

Investasi pada deposito biasanya berorientasi pada jangka waktu pendek. Misalnya untuk sekedar menyimpan dana nganggur, dana darurat, atau mengamankan uang saat situasi investasi lain seperti saham, obligasi atau reksa dana sedang tidak menguntungkan.

Tips Bagi Anda yang ingin menanamkan uang Anda dalam deposito,

- Tabung sebagian, bukan semua. Anda bisa kerepotan kalau menaruh sebagian besar dana Anda dalam deposito, misalnya kalau-kalau Anda butuh dana darurat.
- Pilih yang jangkanya pendek, misalnya 3-6 bulan. Kalau jangka waktunya terlalu panjang, bisa saja Anda kehilangan kesempatan untuk meraih dari invetasi lain yang sedang potensial karena uang Anda ditahan oleh deposito.
- Pilih bank yang sehat dan terpercaya, jangan sampai bank Anda bangkrut sesaat setelah Anda menanamkan uang.

Tag :deposito, investasi, tabungan