Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2016
Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2017
Peluang Bisnis Online Indonesia
Bisnis Online

E-business

E-business (electronic-business) adalah varian dari bisnis. Bisnis elektronik adalah bisnis yang di drive oleh sarana elektronik seperti halnya Internet. Pada bagian ini akan dijelaskan konsep bisnis elektronika dan bagaimana membangun bisnis tersebut.

7.1. Pengertian E-Business
Kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat ternyata sangat mempengaruhi berbagai aktivitas kehidupan masa kini. Salah satunya yang akan penulis bahas adalah pengaruh teknologi informasi pada dunia bisnis yaitu E-business. E-business mewarnai perkembangan bisnis tidak hanya di Negara maju tetapi juga Negara berkembang, hal ini dikarenakan E-business mengacu kepada penggunaan teknologi informasi yang sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk meningkatkan koordinasi dan pengelolaan bisnisnya. E-business memiliki pengertian yang hampir sama dengan E-commerce, jika Ecommerce mendefinisikan proses penjualan dan pembelian produk via internet maka Ebusiness memiliki pengertian yang lebih luas lagi meliputi pembelian dan penjualan produk dan layanan, pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan rekanan bisnis, dan mengatur tugastugas dalam bisnis.

E-business menawarkan beberapa keuntungan dalam implementasinya, yaitu:
a. Efektif
Teknologi informasi memungkinkan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan dapat dilakukan selama 24 jam.
b. Efisien
Biaya operasional perusahaan yang diperuntukan untuk transaksi informasi antar divisi dapat direduksi dengan memanfaatkan secara maksimal penggunaan teknologi informasi.
c. Inovatif
Terbukanya peluang bagi pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan produk-produk serta metode pemasaran yang baru sesuai dengan teknologi yang sedang berkembang.
d. Ekspansi Bisnis
Perusahaan dapat dengan mudah memperluas jangkauan bisnis tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal.

a. Tipe E-business
E-business melibatkan banyak pihak dalam implementasinya, oleh karena itu terdapat beberapa tipe E-business berdasarkan elemen yang terlibat di dalamnya, diantaranya:
1. Business-to-business (B2B)
Segala bentuk transaksi produk atau menyediakan layanan untuk jasa yang melibatkan perusahaan yang terkait dengan para supplier.
2. Business-to-consumer (B2C)
Merepresentasikan transaksi produk yang melibatkan perusahaan dengan pengecer atau pengguna terakhir.
3. Consumer-to-consumer (C2C)
Transaksi produk antara sesama pengguna, biasanya dapat dilihat pada transaksi pelelangan berbasis web.
4. Business-to-government (B2G)
Transaksi produk atau layanan informasi antara perusahaan dengan pemerintah
5. Business-to-employee (B2E)
Layanan informasi yang disediakan perusahaan untuk para karyawannya secara online.
6. Mobile Commerce (m-commerce)
Media Wireless yang menangani transaksi dan segala aktivitas E-commerce.
7. Collaborative commerce (c-commerce)
Layanan secara online untuk melakukan interaksi antar individu atau grup.

b. Bisnis Internet
Mungkin bagi anda yang belum mengenal lebih dalam internet, anda akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan memulai bisnis online. Anda membutuhkan alasan yang kuat untuk meyakinkan diri memulai suatu bisnis pada bidang yang anda tidak kuasai. Satu hal yang harus anda ingat adalah anda pasti berhasil jika melakukan suatu hal dengan kerja keras. Penulis mengatakan hal ini bukan tidak beralasan, telah banyak contoh nyata yang membuktikan pernyataan tersebut. Banyak orang yang tidak begitu mengerti dan tidak memiliki pengalaman sebelumnya untuk membangun bisnis internet tetapi mereka dapat sukses bahkan meraih banyak keuntungan dari bisnis pada bidang ini. Keberhasilan dalam membangun bisnis terutama bisnis internet tidak dikarenakan adanya keahlian khusus dan pengalaman dalam bidang TI, internet, atau E-commerce. Tetapi keberhasilan tersebut dilatarbelakangi rasa optimis dan kerja keras yang akan menjadi titik balik dari keberhasilan membangun bisnis internet. Pengalaman diperoleh sejalan dengan perkembangan usaha. Peluang-peluang dan permasalahan yang terjadi dalam pembangunan bisnis internet membuat pengetahuan kita dalam bidang ini bertambah. Seiring dengan permasalahan yang dihadapi bisnis kita, kita akan belajar untuk mencari solusi tepat untuk permasalahan tersebut. Memang tidak ada bisnis yang dalam sekejap dapat merubah hidup kita walaupun itu bisnis internet sekalipun. Kita tetap
membutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Tetapi kedua hal tersebut dapat dipelajari seiring dengan pengembangan bisnis. Jadi sekali lagi anda tidak perlu takut untuk memulai bisnis yang sangat potensial ini. Ada beberapa alasan mengapa internet menjadi media bisnis yang sangat potensial sekarang ini. Melalui alasan ini diharapkan anda dapat menetapkan hati untuk mulai membangun bisnis internet.
· Bisnis internet dapat anda lakukan dimana pun dan kapan pun.
Internet memberikan kebebasan untuk pembangunan bisnis anda. Tidak ada batasan
waktu atau tempat dalam bisnis ini. Anda adalah pemegang kendali waktu dan tempat bagi bisnis yang anda jalankan ini. Hubungan bisnis dapat dilakukan jam 2 pagi, atau 11 malam dan sewaktu liburan di suatu tempat tertentu, semua terserah kepada anda. Asalkan ada koneksi ke jaringan internet, maka bisnis pun dapat
dimulai.
· Biaya operasional menjadi ringan
Anda tidak perlu membangun sebuah kantor khusus ketika menjalankan bisnis ini, sehingga tentunya akan mengeliminasi biaya sewa kantor. Yang perlu anda bayar hanyalah biaya koneksi internet. Biaya koneksi internet pun sangat beragam. Tetapi anda tidak perlu khawatir, biaya koneksi internet tidak akan menguras habis kantong anda. Malahan anda akan merasa sebaliknya bahwa keuntungan yang anda dapat melalui bisnis ini ternyata jauh lebih besar dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan koneksi internet.
· Bisnis dapat berjalan secara otomatis tanpa perlu anda terlibat langsung didalamnya Seperti yang kita ketahui bisnis pada bidang ini adalah bisnis elektronik, yang sangat memungkinkan segala sesuatu dijalankan secara otomatis. Anda hanya perlu melakukan monitoring rutin dan melakukan instalasi software pendukung bisnis otomatis anda. Apabila ditinjau lebih dalam, bisnis yang dijalankan secara otomatis dapat mengurangi banyak nya biaya untuk membayar sumber daya manusia. Jika anda menjalankan bisnis internet secara otomatis, maka akan berpengaruh ke biaya operasional.
· Jangkauan bisnis luas
Karena internet dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja, maka bisnis anda dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang mengkases internet tentunya secara cepat. Bahkan mungkin saja produk anda menarik pembeli yang berasal dari luar negeri. Dapatkah anda bayangkan berapa keuntungan yang akan anda dapatkan dengan semakin luas nya scope bisnis anda? Oleh karena itu jangan Cuma bermimpi, segera realisasikan mimpi anda.

Web Dinamis

a. Pengertian website dinamis
Bu Ani membuka sebuah situs resep-resep makanan, dia ingin membuat makanan yang resepnya ada di situs tersebut. Pada waktu yang sama, Pa Rahman membuka sebuah situs berita, ia membaca berita terbaru tentang keadaan ekonomi Indonesia hari ini. Bu Ani
dan Pa Rahman sama-sama mengakses sebuah situs yang memberikan informasi kepada mereka. Tetapi Bu Ani mengakses Situs yang menampilkan informasi yang tidak dapat berubah secara otomatis, jenis situs seperti ini lah yang disebut dengan website statis.
Perubahan pada website statis dilakukan dengan cara merubah isi file-file website. Sedangkan Pa Rahman mengakses situs berita yang menampilkan informasi yang selalu berubah pada setiap waktu, dapat anda bayangkan betapa sibuknya administrator apabila situs berita tersebut mengadopsi pola website statis karena administrator harus segera merubah file-file website pada saat terjadi perubahan terhadap content atau jika terdapat berita terbaru. Maka website yang informasinya dapat berubah otomatis tanpa harus melakukan perubahan pada file-file website disebut dengan website dinamis.

Website dinamis mempunyai database yang berisi content yang akan ditampilkan, file-file website akan diintegrasikan ke database tersebut sehingga jika terjadi perubahan pada database tersebut maka secara otomatis content yang akan ditampilkan file website akan berubah pula. Sama seperti website statis, website dinamis juga dibangun dengan HTML tetapi HTML tersebut telah terintegrasi dengan bahasa program dan database tertentu.
Website dinamis biasanya ditulis dengan bahasa pemrograman web seperti PHP, ASP, PERL, JSP, dan lain-lain. Selanjutnya dibutuhkan sebuah database untuk menyimpan content yang berkaitan dengan situs terkait, seperti MySQL, Oracle, SQL Server, Microsoft access, dan lain-lain dan dibutuhkan pula sebuah web server, misalnya Apache, untuk mentranslasikan bahasa pemrograman menjadi bahasa HTML.

b. Macam-Macam Bahasa Pemrograman Web
Jumlah pengguna internet yang terus bertambah setiap tahunnya menciptakan potensi pasar yang akan menghasilkan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis. Pada awal kemunculan web, penggunanya bersifat pasif dan tidak dapat melakukan interaksi lewat internet. Namun, berbeda dengan sekarang, website sangat menjanjikan bagi penggunanya yang menginginkan kedinamisan. Pengguna tidak lagi pasif dalam berintekasi di dunia maya. Kedinamisan inilah yang sudah seharusnya dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku bisnis agar mendapatkan profit sebanyak-banyaknya.
Seperti yang telah penulis paparkan sebelumnya bahwa untuk membangun sebuah website dinamis dibutuhkan bahasa pemrograman tertentu. Berikut beberapa bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun sebuah website.

HTML (Hyper Text Markup Language)
HTML adalah bahasa pemrograman dasar internet yang berguna untuk membuat sebuah halaman web dan juga berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi didalam sebuah browser internet. HTML adalah standar internet yang telah ditetapkan oleh World
Wide Web Consortium (W3C) sehingga menjadi standar yang digunakan secara luas untuk mendefinisikan informasi yang akan disampaikan melalui halaman internet Bahasa pemrograman internet yang muncul sesudah HTML adalah pendukung bahasa pemrograman ini untuk melakukan hal yang berhubungan dengan database dan interaksi secara langsung dengan pengguna internet.

PERL (Practical Extraction Reporting Language)
Memiliki keunggulan dalam melakukan berbagai jenis pemrosesan teks. Perl Bahasa program yang banyak sekali digunakan untuk program CGI. CGI (Common Gateway Interface) adalah bentuk komunikasi yang mendefinisikan suatu masukan melalui browser dari klien kepada server, kemudian pada sisi server masukan tersebut akan diolah dan kemudian dikomunikasikan kembali kepada klien. Bagi web programmer pemula merupakan hal yang tidak mudah untuk mempelajari PERL karena banyaknya penggunaan symbol, bukan huruf atau angka pada penulisan sintaksisnya. Untuk menjalankan sebuah sintaksis Perl dibutuhkan interpreter yang disebut dengan perl (dengan huruf “p” kecil).

ASP (Active Server Page)
Bahasa program yang diluncurkan sekitar tahun 1996 ini dikembangkan oleh Microsoft yang tentunya berjalan pada system operasi Windows. ASP berbasis Server Side yang berarti seluruh proses eksekusi skrip ASP dilakukan di sisi server sehingga klien tidak dapat melihat skrip ASP tersebut. ASP memiliki script engine server untuk memproses skripnya yang disebut COM (Component Object Model). Kemudian Server akan mengirimkan skrip ASP yang telah diproses dalam bentuk kode-kode HTML kepada klien.
ASP memungkinkan perubahan pada website secara langsung yaitu melalui inputan atau masukan dari klien dengan mengisi form khusus tertentu.

PHP (Personal Home Pagetools)
Awal pengembangan PHP dimulai dari keinginan Rasmus Lerdorf untuk memiliki tool yang dapat memonitor pengunjung website pribadinya. Inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya bahasa program PHP. Karena antusias para web programmer pada PHP ini
begitu besar maka bahasa PHP ini dikembangkan secara open source. PHP banyak diminati pada programmer karena cukup mudah untuk dipelajari dan tersedia gratis di internet dan dapat berjalan pada berbagai platform yaitu Windows maupun UNIX/LINUX. Pemrograman PHP berbeda dengan pemrograman CGI lainnya. Kode program CGI harus menghasilkan output dalam format HTML. Sedangkan pada PHP, programmer dapat
menyisipkan kode program dimanapun pada baris HTML kemudian kode program PHP tersebut akan dieksekusi ketika baris HTML yang disisipinya terbaca. Eksekusi kode program ini dilakukan pada sisi server yaitu oleh interpreter PHP. Berikut alur eksekusi PHP yang disisipkan pada halaman HTML.

Java Script
Dikembangkan oleh Nescape. Bahasa pemrograman yang satu ini sangat handal berjalan di sisi klien. Program Java Script disertakan pada file HTML dengan menggunakan tag <script> dengan demikian anda tidak perlu membuat program Java Script pada file terpisah. Dengan Java Script anda dapat membuat tampilan halaman web anda menjadi lebih interaktif dan menarik bagi para pengunjungnya. Untuk dapat menjalankan Javascript kita membutuhkan Javascript enabled browser, yaitu browser yang mendukung eksekusi Javascript.

XML (Extensible Markup Language)
Dikenal sebagai bahasa markup yang serbaguna. Struktur kodenya mirip dengan HTML tetapi penggunaannya tidak terbatas hanya pada pengaturan tampilan web saja. XML adalah bahasa yang direkomendasikan oleh W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.

CSS (Cascading Style Sheets)
Merupakan bahasa yang mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam markup language. Bahasa ini terdiri dari sekumpulan stylesheet untuk memformat tampilan web HTML atau XHTML. Penggunaan CSS biasanya meliputi penentuan warna, jenis hutruf,
tata letak dan format-format lainnya yang membuat tampilan halaman web menjadi lebih menarik dan terlihat dinamis.

Blog Bisnis
Seperti yang telah penulis paparkan sebelumnya bahwa menjadi pebisnis di dunia internet tidak memerlukan keahlian khusus dalam bidang teknologi informasi. Jika anda sama sekali tidak menguasai satu saja dari bahasa pemrograman web yang telah dibahas sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir karena anda dapat memanfaatkan blog. Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pemasaran bisnis anda melalui blog karena anda dapat membuatnya dengan cepat, anda juga tidak diharuskan mengeluarkan banyak uang untuk melakukan hosting karena banyak blog gratis yang dapat anda manfaatkan. Mungkin saja anda menjadi bingung ketika harus memilih satu penyedia layanan blog karena terdapat banyak provider blog yang menawarkan keunggulan masing-masing. Anda harus mencari provider mana yang cocok dengan bisnis anda. Berikut pilihan blog yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam menentukan provider mana yang akan anda pilih :
· Wordpress.com
Apabila anda membuat blog pada Wordpress.com, anda tidak akan dipungut biaya apapun karena layanan blog ini gratis, anda sama sekali tidak perlu membayar biaya hosting. Tentunya ketika membuat blog pada provider blog ini, anda tidak diharuskan untuk dapat menguasai bahasa pemrograman web, dalam waktu beberapa menit saja blog pemasaran bisnis anda. Namun, ada satu kekurangan provider ini yang mungkin bagi anda akan sangat mengganggu yaitu nama domain anda akan diikuti oleh “wordpress.com”,
seperti “bloganda.wordpress.com”. Tetapi nampaknya hal ini tidak akan menjadi masalah yang berarti karena telah banyak orang yang sukses memasarkan bisnis nya melalui provider ini.

· Blogger.com
Memiliki kesamaan dengan wordpress.com, yaitu sama-sama merupakan penyedia layanan blog gratis. Kesamaan lainnya adalah ketika anda membuat blog pada provider ini, nama domain anda juga akan diikuti oleh blogger.com. Tetapi juga tidak menjadi permasalahan penting karena banyak pula orang yang telah sukses dalam bisnisnya melalui blogger.com. Apabila anda membuat blog di provider ini maka akan banyak fitur dan aplikasi yang telah secara otomatis terintegrasi dengan Google.

· Live Journal
Juga merupakan penyedia layanan blog gratis. Biasanya blog yang ditawarkan adalah blog yang digunakan untuk komunitas online. Disini anda dapat menyimpan postingan anda atau komentar anda pada komentar orang lain. Melalui Live Journal anda daoat membangun komunitas bisnis yang luas bahkan tidak mustahil ke luar negeri.

· Joomla
Merupakan software blog yang open source dan gratis. Anda dapat mengunduh software ini dan dapat diinstal pada hosting anda. Tidak seperti Wordpress dan Blogger, disini anda bisa mengatur nama domain tanpa harus diikuti nama provider penyedia layanan blog. Seluruh data bisnis anda akan tersimpan pada database MYSQL penyedia layanan hosting dan konten yang akan ditampilkan ditulis dengan bahasa PHP. Yang perlu diperhatikan lainnya sebelum memulai bisnis internet dengan menggunakan blog adalah anda harus besedia secara rutin membuat tulisan terbaru pada blog anda. Walaupun yang anda tulis sediit tetapi lebih baik jika anda sering melakukan posting pada blog anda daripada anda melakukan posting dalam jumlah banyak pada blog anda tetapi kemudian membiarkan blog tersebut vakum dalam waktu yang lama. Mengapa penulis menyarankan hal ini kepada anda? Karena apabila anda secara rutin melakukan posting terbaru pada blog anda maka secara rutin pula blog anda akan masuk dalam index search engine, misalnya: google. Dengan demikian manfaat yang dapat anda peroleh tentunya adalah blog anda akan sering dikunjungi oleh banyak orang dan hal ini akan
mempermudah proses pemasaran produk anda. Selain melakukan posting secara rutin, anda juga harus memperhatikan nilai tambah pada produk anda. Maksudnya, usahakan anda membuat sesuatu yang berbeda dari orang lain sehingga para pengunjung blog anda tidak segera bosan ketika mengunjungi blog anda bahkan mereka akan ketagihan untuk selalu mengunjungi web anda. Nilai tambah tersebut mungkin saja tampilan web yang interaktif dan menarik, produk yang anda pasarkan harganya lebih murah daripada produk yang sama lainnya, menyediakan hadiah bagi para pembeli, atau pelayanan after sales yang lebih baik. Semuanya itu tergantung kepada pilihan anda, pilihlah nilai tambah yang cocok untuk produk dan system pemasarannya.

Transaksi Online
Transaksi Online adalah transaksi yang dilakukan dengan menggunakan media Internet. Transaksi melibatkan jasa perbankan dan lembaga sertifikasi untuk pengamanan transaksi.

a. Tren Pemasaran Melalui Internet
Dahulu pemasaran produk hanya dapat dilakukan melalui media offline diantaranya koran, majalah, dan papan reklame. Namun seiring perkembangan teknologi informasi, pemasaran secara online merupakan stategi pemasaran yang amat digemari oleh para pelaku bisnis. Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh media pemasaran ini, diantaranya adalah dengan memasarkan produk melalui internet dapat menekan biaya operasional karena jauh lebih murah. Anda dapat memasang iklan mengenai produk anda pada website, blog atau melalui milis. Pemasaran lewat internet dapat memperluas pasar produk anda. Apabila secara offline anda hanya dapat menjangkau beberapa calon pembeli saja maka dengan internet secara cepat pangsa pasar anda akan meluas dengan sendirinya, karena anda bisa menjangkau banyak calon pembeli yang mengakses internet dari berbagai tempat, bahkan dari seluruh dunia. Bagaimana cara untuk memulai pemasaran produk melalui internet? Tentunya anda harus membuat calon pembeli tertarik dengan produk anda melalui tampilan dan deskripsi produk yang menarik. Misalnya anda ingin membangun sebuah website penjualan, dapat dibayangkan bagaimana jadinya apabila anda mengadopsi pola website statis yang sama sekali tidak melibatkan interaksi dengan pengunjung. Hal yang akan terjadi adalah Website anda akan menjadi kurang menarik dan pengunjung nya pun mungkin hanya dalam hitungan jari saja. Oleh karena itu pengetahuan tentang website dinamis dan interaktif sangat penting disini.

b. Paypal
Seperti yang telah kita ketahui, internet memungkinkan akses tanpa batas ke semua orang di seluruh dunia, tidak ada batasan wilayah. Jadi mungkin saja calon pembeli produk anda berasal dari luar negeri. Kemudian bagaimana cara mengatur proses pembayaran jika
calon pembeli memesan lewat website dan jarak anda dengan calon pembeli tersebut cukup jauh? Di zaman yang serba modern ini pembayaran dan penerimaan transaksi online dapat dilakukan dengan Paypal. Berita baik untuk para pelaku bisnis Indonesia adalah kartu kredit Indonesia telah diterima paypal, jadi cukup dengan mempunyai kartu visa dari bank tertentu anda dapat melakukan pembayaran maupun menerima transaksi online. Pemilik account Paypal dapat melakukan pembayaran maupun menerimanya ke sesama account Paypal. Intinya Paypal menyediakan account untuk anda melakukan transaksi online. Uang anda yang terkumpul di account Paypal dapat disimpan ke nomor rekening bank anda. Apabila anda melakukan transaksi dengan mata uang dollar maka saat nominal uang tersebut akan disimpan ke rekening bank anda, mata uang dollar tersebut sudah dikonversi menjadi rupiah.
Tipe account Paypal dibagi menjadi 3, yaitu :
1. Personal Account, ditujukan bagi anda yang hanya aktif berbelanja secara online bukan menjual suatu produk secara online.
2. Premier Account, ditujukan bagi anda yang melakukan penjualan produk di internet
3. Bussiness Account, hampir sama dengan Premier Account tetapi dalam skala yang lebih besar.

Artikel Terkait : E-business adalah varian dari bisnis


Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia