Peluang Usaha Investasi Online Terpercaya
bisnisindonesian.com

Investasi Properti Yang Menguntungkan


Berpenghasilan lewat properti artinya mencakup segala investasi properti yang mampu memberikan arus kas tetap untuk Anda. Mulai dari rumah yang di sewakan, tanah, ruko, kompleks perkantoran, gudang, sampai shopping center.

 

Langkah praktis bila Anda ingin memulai dalam investasi properti

Temukan properti yang tepat
Mekanisme berpenghasilan lewat properti cukup rumah rusak di antara rumah lain yang cukup terawat. Rumah seperti ini sangat potensial. Pertama, harganya akan lebih murah mengingat keadaannya yang sudah tidak bagus, kedua, rumah tersebut terletak di kompleks yang
baik. Anda cukup merenovasinya sedikit, dan nilainya akan naik. Tentunya Anda perlu memperhitungkan berat tidaknya kerusakan rumah tersebut.

investasi properti

Properti yang dijual dengan motivasi tinggi
Misalnya, rumah yang disita, rumah yang dijual karena pemilik yang sedang membutuhkan dana, dan sebagainya. properti seperti ini biasanya harganya lebih murah karena pemilik perlu segera menjualnya. Anda mendapatkan diskon besar bila membeli properti seperti ini.

Properti yang potensial untuk diubah kegunaannya.
Cobalah meneliti pembangunan yang terjadi disekitar properti yang Anda incar. Mungkin saja Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar apabila Anda merombak properti tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan yang baru terjadi karena adanya pembangunan. Misalnya saja ada pembangunan jalan besar ataupun jalan utama di dekat perumahan yang hendak Anda beli. Anda bisa saja mendapatkan keuntungan lebih besar dengan cara merombak rumah tersebut menjadi pertokoan. Nilai jualnya akan menjadi jauh lebih tinggi.

Beli dengan uang muka serendah mungkin
Beli properti dengan harga murah, renovasi seperlunya, jual atau sewakan dengan harga lebih mahal. Kuncinya adalah menemukan properti yang tepat untuk dibeli. Properti seperti apa yang potensial memberikan keuntungan?
Bila Anda sudah cukup yakin bahwa properti ang Anda beli itu layak dan memiliki potensi tinggi, beli dengan harga serendah mungkin. Dengan begitu keuntungan yang akan Anda terima nantinya akan lebih maksimal.

Perbaiki
Renovasi rumah itu. Cat ulang, perbaiki atap yang bocor, tambal lubang tembok, bersihkan secara keseluruhan, dan rapikan halamannya. Anda dapat menyuruh kontraktor ataupun tukang untuk melakukannya secara profesional, atau Anda dapat memperbaikinya sendiri, yang tentunya lebih murah. Bisa saja pada awalnya Anda meminta bantuan orang yang lebih ahli sambil ikut belajar, sehingga lain kali Anda apat melakukannya sendiri.

Jual atau sewakan dengan harga lebih tinggi
Setelah sedikit polesan, properti yang telah Anda beli akan naik nilainya. Anda dapat menjualnya atau menyewakannya dengan harga yang lebih tinggi. Tentunya dengan memperhitungkan biaya-biaya seperti renovasi dan pajak, serta keuntungan yang ingin Anda dapatkan.
Bila Anda menyewakan, pastikan bahwa uang sewa tersebut minimalnya mampu menutup cicilan pembelian beserta biaya perawatan properti tersebut. Jika tidak, maka terpaksa Anda mengeluarkan uang pribadi untuk menutupi kerugiannya.

Kembali ke awal
Bila Anda sudah berhasil berinvestasi properti pertama, dan ingin menekuni investasi properti secara serius, maka ulangi lagi prosesnya dari awal. Cari properti lain yang berpotensi menguntungkan Anda. Seiring berjalannya waktu, penghasilan Anda akan meningkat dan Anda juga akan semakin ahli. Pada saat itu, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda. Misalnya dengan Anda menjadi mampu mengurus beberapa properti sekaligus.
Ringkasnya, untuk berhasil di investasi properti, Anda perlu menemukan properti yang tepat, membelinya dengan harga murah, perbaiki seperlunya, dan kemudian menjual atau menyewakan dengan harga lebih tinggi.

 

Berikut adalah sedikit tips jika Anda hendak memasuki bidang Investasi Properti :

Dapatkan nasihat dari para ahli
Investasi Properti bukanlah bisnis yang sederhana. Untuk berkutat di dalam bidang investasi properti diperlukan keahlian dari berbagai cabang ilmu. Carilah beberapa ahli seperti kontraktor dan notaris/pengacara untuk dijadikan sebagai tim Anda. Anda akan banyak membutuhkan nasihat mereka.

Telitilah sebelum membeli
Cari sebanyak mungkin properti sebelum memilih. Untuk menemukan 1 properti layak jual, Anda paling tidak harus melihat 100-150 properti lain. Tanyakan pada diri Anda :

- Bagaimana nilai properti itu, apa potensial?
- Bagaimana kondisinya?
- Apa saja syarat membelinya? Apakah lokasinya baik?
- Berapa harga yang ditawar pemilik?
- Apakah pemilik itu cukup termotivasi untuk menjual propertinya dengan harga diskon ?

Bila anda menyewakan property Anda, seleksi penyewa dengan ketat. Hal ini akan memperkecil resiko macetnya uang sewa. Selain itu Anda dapat menghindari rusaknya property Anda karena keteledoran sang penyewa ini.

Perhitungkan dengan matang.
Bisnis Properti adalah bisnis dengan modal yang cukup besar. Jadi Anda perlu memperhitungkan segalanya dengan matang. Kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan dana jutaan rupiah terpaksa mengalir keluar dari kantong Anda.

Win - win, bukan win - lose.
Pastikan bahwa semua pihak senang. Saat membeli property, negosiasikan harga yang pantas untuk pemilik, tapi juga menguntungkan untuk Anda. Saat menyewakan atau menjual, lakukan hal yang sama. Bila pihak penyewa/ pembeli kurang puas, tawarkan insentif, sesuatu yang dapat membantu mereka. Anda tersenyum, mereka pun tersenyum, kepuasan Anda akan berlipat! Jangan berorientasi  pada keuntungan materi semata, dengan berpikir menang – menang, Anda mendapatkan reputasi baik, jaringan yang meluas, keuntungan finansial dan kepuasan batin. Apa yang lebih baik dari hal itu?

Tag : properti, investasi properti, bisnis properti, rumah, tanah, ruko, gudang