Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2016
Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2017
Peluang Bisnis Online Indonesia
Bisnis Online

Memulai Bisnis Online dan Internet Marketing

Apakah yang paling berat ketika saya memulai sebuah bisnis online?

Hmm.. IDE ! Karena IDE adalah awal mula kita menjalankan bisnis online. Dan sebuah penentu awal keberhasilan kita juga adalah IDE. Tidak perlu ide yang rumit dan terlalu wow, cukup dengan ide yang simple tetapi unik dan bermanfaat untuk banyak orang saja kita bisa membuat produk atau jasa yang diminati orang banyak.
Jika anda mau mencari ide untuk bisnis online anda, coba dimulai dari hobi dan minat anda. Carilah apa yang anda sukai dan paling dikuasai. Yang penting anda senang dan menikmati dalam mengerjakannya. Jangan sampai nanti anda sudah menemukan ide, lalu menjalankan ide itu untuk bisnis online anda tetapi anda tidak menyukai topik/ide itu. Dan lagi kalo anda tidak suka, nanti bisa cepat bosan dan efeknya sangatlah buruk untuk bisnis online anda.
Nah sebelum anda melangkah jauh di dunia bisnis online, sebaiknya anda simak dulu tentang …

bisnis online internet marketing

Realita Bisnis Online dan Mengapa Banyak Yang GAGAL

Bisnis online, semua berawal dari kisah di dunia nyata tentang tidak nyamannya bekerja di dunia offline / konvensional dimana anda akan menemukan berjuta orang terpaksa bangun pagi dengan keadaan malas, memaksa badannya untuk mandi, memakai busana, sarapan lalu berangkat kerja. Ditambah macet dalam perjalanan, cuaca panas, penuh polusi, mobil mogok, bensin habis, lupa bawa duit lalu balik lagi kerumah. Akhirnya sampai di kantor telat, dimarahin bos, lalu anda dendam ke bos. Sudah tidak enak ditambah dosa..lengkap sudah penderitaan.

Sementara, di sisi lain ada orang yang bangun sesukanya, menyiapkan teh anget dengan santainya. Lalu sarapan, setelah itu berangkat ke tempat kerjanya yang jaraknya cuman
8 langkah dari meja makan. Tempat kerjanya itu kamar tidur tadi. Senyuman muncul ketika melihat jumlah uang bertambah di rekeningnya serta menerima email berisi pesanan produk. Setelah membalas email, mereka pergi bermain bersama keluarga sementara uang bertambah sendirinya.

Mereka ini adalah segelintir dari bentuk impian dan kesuksesan era internet. Sehingga banyak orang yang tergiur dengan impian seperti itu lalu masuk ke dunia internet marketing dengan sedikit pengetahuan dan pengalaman yang nyaris tak ada. @_@
Dan lagi banyak orang tertarik mengikuti bisnis online karena berpikir bila bisnis ini dapat sukses dalam waktu yang singkat dan santai. Iming iming cepat kaya sudah menjadi persepsi banyak orang terhadap bisnis online. Mereka menjalankan bisnis online tanpa banyak berpikir, tanpa membuat strategi, tanpa persiapan awal dan dengan mindset yang salah. ( Bagian mindset nanti dijelaskan bab selanjutnya )

Impian berlibur ke pantai dan hanya mengendalikan bisnis online via laptop dari wifi café sering membuat mereka tidak melihat dengan jernih apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis internet. Inilah sedikit dari penyebab kegagalan bisnis online.
Bisnis Online bukanlah bisnis cepat kaya atau bisnis yang dapat sukses dalam waktu relatif singkat, bisnis online juga butuh kerja keras dan pengorbanan yang tidak berbeda dari bisnis offline. Kalo bisnis online adalah bisnis cepat kaya dan sukses dengan mudah, semua orang di dunia pasti sudah tidak susah lagi donk ^_^
Tapi bukan berarti anda tidak bisa lo menjalankan bisnis online. Siapapun anda, dimanapun anda, berapapun umur anda juga bisa kok menjalankan bisnis online. Toh bisnis tidak melihat siapa yang berkata, tapi apa yang dikata.

Mengendus Penipuan Bisnis Online dan Menghindarinya

Jika anda benar benar serius ingin menjalankan bisnis online, sebaiknya anda menginvestasikan sedikit dari uang anda untuk membeli produk informasi tentang cara menjalankan internet marketing atau mencari mentor yang tepat. (Yang jelas bukan saya, la wong saya jg belajar hehe ) Saya sendiripun juga begitu. Memang banyak informasi yang gratis dari internet. Tapi anda akan kehabisan banyak waktu dan tenaga untuk mencari informasi gratis yang benar‐benar menghasilkan. Jadi saya sarankan mencari produk informasi tentang internet marketing, investasikan uang anda untuk masa depan anda.

Tapi hati‐hati, dalam bisnis online juga sangat banyak sekali penipuan. Biasanya penipuan dalam produk informasi. Mungkin anda pernah menemukan situs satu halaman ( minisite ) berisikan janji janji muluk dan bombastis, situs yang menawarkan anda cepat kaya, bisnis yang berjalan serba otomatis, berisikan testimonial dengan identitas meragukan, dan tidak perlu melakukan banyak hal.
Nah, sebaiknya anda mendapatkan beberapa tips untuk mengenal beberapa ciri dari penipuan yang sering muncul di internet. Namun anda juga harus menggunakan tips ini secara hati‐hati karena banyak bisnis online yang legal, terpercaya dan terbukti berhasil ada kemiripan dengan ciri ciri penipuan yang disebutkan. Gunakanlah akal sehat anda untuk membandingkannya, atau bila anda ragu silahkan Tanya saya via email di admin@bisnisindonesian.com (anda bisa konsultasi langsung dengan saya ^_^ hehe )

1. Menawarkan Cara Cepat Kaya dalam waktu singkat.

Ini adalah metode yang paling sering digunakan para penipu internet. Mereka memanfaatkan sifat keserakahan manusia yang ingin cepat kaya tanpa usaha keras dan dalam waktu singkat. Contoh headlinenya adalah “jutaan bahkan puluhan juta sudah mereka dapatkan hanya dengan satu langkah cerdik”

2. Tidak perlu melakukan banyak hal.

Coba perhatikan penawaran seperti ini “1‐2 jam kerja perhari, bisnis anda akan mengalirkan uang” atau “Tidak perlu susah payah, hanya dengan satu langkah cerdik anda akan menghasilkan uang”. Percayakah anda dengan penawaran seperti itu? Gunakan akal sehat saja. Modusnya tetap sama yaitu memanfaatkan keserakahan anda. Hihihi..

3. Garansi yang dipersulit dan Pengakuan Testimonial dengan ID tidak jelas.

Sebenarnya banyak yang akan dibahas disini tentang penipuan bisnis online. Tetapi dikarenakan saya tidak ingin membuat terlalu banyak halaman pada ebook ini, saya akhiri dulu penipuannya. Hehe.

Latar Belakang Bukan Lulusan IT/Progammer ?

Biasanya ini juga jadi alasan utama kebanyakan orang tidak berani menjalankan bisnis online. Ah..ini adalah alasan klasik. Yang jelas anda harus menghindari alasan ini. Banyak juga di email yang bertanya tentang ini. Zzz..,jawabnya simple “ Emang saya lulusan IT/Progammer ? “

Kalo dipikir pikir, kok banyak internet marketer yang bisa sukses tanpa latar belakang IT/programmer/webdesign? Atau Latar belakang anda bukan bisnis ?
Untuk menjadi seorang Internet Marketer, anda tidak harus lulus sarjana IT atau ekonomi atau kursus programmer sekalipun. Cukup belajar IM dari yang senior saja. Saya juga begitu, malah dari seniorlah saya bisa tahu banyak ttg IM. Makannya sisihkan sebagian dari uang anda untuk membeli produk informasi ttg IM atau mengikuti mentor yang ahli di bidangnya ^_^

Yang terpenting adalah anda mengetahui dasar dasar bisnis secara UMUM. Jika anda belum memiliki pengetahuan tentang bisnis, nah ini saatnya untuk anda belajar. Banyak ebook atau informasi gratisan lainnya di internet. Di toko buku juga ada tentang Internet Marketing. Atau bila punya dana lebih bisa mendapatkan konsultasi dengan pakar bisnis yang sesuai. Apapun yang anda lakukan, mulailah dengan mendapatkan pengetahuan yang cukup. Pengetahuan yang memadai akan membentuk pola pikir yang sesuai dengan bisnis yang anda geluti. Untuk awal mula bisnis online, hal inilah yang sangat menentukan.

Mindset Pebisnis Online Yang Salah dan Bagaimana Yang Benar

Untuk menjalankan bisnis online, anda harus mempunyai mindset yang benar. Mindset atau pola pikir akan membantu keberhasilan anda walaupun tidak 100%. Tetapi pola pikir yang salah tentu menjamin kegagalan anda. Beberapa pola pikir atau mindset yang salah contohnya:

1. Dengan bisnis online, saya bekerja kapanpun saya suka dan menginginkannya. Hal ini salah, memang bisnis internet itu seperti demikian. Anda bisa bekerja semaunya 2 jam sehari, godaan bekerja santai dll dan hal ini sangatlah menipu para pebisnis pemula. Karena sifat malas dan egois, mindset ini muncul. Karena kita sama sama baru memulai bisnis online, bekerja semaunya itu adalah salah. Untuk pemula dibutuhkan kerja yang disiplin dan atur waktu yg tentu. Kerja keras, semangat dan mampu bertahan sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis online. Walaupun sudah sukses, mindset nomor satu ini juga jangan diterapkan.

2. Dengan Bisnis Online, Saya akan memperoleh sukses dan kaya dalam waktu relatif singkat. Jika anda berpikiran seperti ini, anda adalah korban para penipu di internet. Para penipu bisnis online meracuni anda dengan iming iming sukses dan kaya dalam waktu yang sangat cepat. Memang benar bahwa bisnis online itu bisa membuat anda kaya, tetapi tidak dalam waktu sesingkat singkatnya. Butuh usaha donk! Mindset seperti ini yang banyak menipu pemula untuk ikutan bisnis online dan pada akhirnya para pemula menganggap bisnis online adalah bisnis tipu tipu. Kalo sudah gini, repot kan.

Nah, bila anda sudah tahu dua mindset yang salah. Mari kita pelajari dan pahami betul betul mindset yang benar seorang internet marketer. Mindset dibawah ini bukan hanya anda baca, tapi untuk anda pahami dan laksanakan dengan action.

1. Fokus. Pada masa awal anda memulai bisnis online, anda akan mengalami banyak godaan selama belajar dan menjalankan bisnis online. Yaitu godaan “informasi menarik”. Jaman sekarang ini jika kita anda tidak fokus, anda akan melihat banyaknya informasi menarik sehingga anda overload dengan informasi‐informasi itu. Kita akan jadi bingung. Fokuslah dalam satu hal tertentu dan pilihlah satu informasi dengan bijaksana, bila tidak anda akan kehilangan tujuan awal anda sendiri.

2. Harus mau praktek. Kapankah anda tahu sampai dimana kemampuan anda jika tidak praktek? Memang ketika kita hanya membaca dan sekedar memahami, kadang kita sudah merasa bisa dan tidak perlu melakukan praktek. Hal ini salah, setelah mempelajari beberapa trik/tips/informasi ttg bisnis online, yang anda lakukan selanjutnya adalah praktek. Misalnya ketika disuruh membuka suatu situs, ya anda buka situs itu. Jangan hanya diliat , oke ^_^

3. Harus mau Belajar. Jika anda tidak belajar, darimana lagi ilmu yang anda dapat. Anda belajar untuk mengetahui seperti apa internet marketing itu. Toh saya di sekolah juga harus belajar agar dapat nilai dan hasil yang baik.

4. Belajar Mandiri. Pebisnis online itu harus bermental baja, berani berpikir untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan pantang menyerah. Misalnya ketika bingung akan suatu hal, jangan langsung Tanya kepada orang lain. Berusaha mencari sendiri, di Google misalnya. Ketika membuat ebook ini, saya sendiri juga sedang kebingungan mencari software pembuat ecover, pembuat pdf dan autoresponder yang tepat. Kalo udah mepet dah gag bisa nemu hal yang ingin dipecahkan, baru Tanya teman atau orang lain. BIsa via email, ym, facebook, forum, dll.

Sedikit Cara Untuk Mengindari Kegagalan Bisnis Internet

Sebelum anda memulai bisnis online, anda harus tahu tips tips untuk menghindari kegagalan bisnis online seperti kebanyakan orang. Perlu anda ingat, memulai bisnis online dengan jenis apapun tidak akan ada jaminan anda akan berhasil. Memang bisnis online diindentikan dengan keberhasilan yang mudah. Tapi faktanya masih banyak juga yang gagal. Mungkin dibawah ini adalah tips yang bisa membantu anda.

1. Sebelum menjalankan bisnis online, anda harus mempunyai rencana dan strategi awal..

2. Siap bekerja keras untuk mencapai tujuan..

3. Selalu siap, berpikir positif dan tidak mudah tergiur godaan untuk cepat kaya.

Untuk penjelasan lebih lengkap ketiga cara menghindari kegagalan bisnis internet diatas bisa anda dapatkan via blog saya atau nanti di newsletter.

Memilih dan Mengenal Beberapa Bisnis Online

Anda bisa mempelajari beberapa jenis/model bisnis online yang cocok untuk dimulai pemula dan sudah terbukti diterapkan para pengguna internet. Anda jangan langsung mempelajari semua jenis bisnis online, dan anda lakukan semuanya. Pilihlah salah satu, lalu kuasai satu jenis itu. Jika sudah menghasilkan, anda coba kuasai bisnis online yang lainnya. Hal ini penting supaya anda bisa fokus. Beberapa bisnis online berikut ini yang saya ketahui aja dan terbukti menghasilkan aja ya.

Affiliate Marketing / Menjual Produk Orang Lain
Arti affiliate marketing adalah pemasaran yang dilakukan seorang affiliate untuk menghasilkan uang. Affiliate adalah orang yang membantu menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka hasilkan.

Nah, Affiliate Marketing adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat internet. Mungkin bagi anda yang pernah menjalankan bisnis online, anda lebih familiar dengan sebutan reseller.
Di affiliate marketing, kita akan dibayar setiap kita mempromosikan produk orang lain dan ada orang yang membeli produk itu atas rekomendasi kita. Sampai disini mengerti kan arti affiliate marketing? Kalo belum dibaca lagi huruf yang dibold itu hehe. ^_^

Menurut saya affiliate marketing ini adalah bisnis online yang cocok untuk pemula. Karena kita tidak harus membuat produk dan tidak perlu membuat web. Web yang diperlukan sudah disediakan oleh merchant. Merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki jasa atau produk yang mereka pasarkan melalui internet. Jadi nanti kita akan membantu menjual produk yang dimiliki merchant, dan kita akan dapat komisi ketika berhasil menjual.

Dasar Yang Perlu Diketahui ketika memulai Affiliate Marketing

Dalam memasarkan program affiliate, anda akan mendapatkan link affiliate sendiri. Jadi yang anda lakukan adalah memasarkan link/URL affiliate anda sendiri bukan url/link website pemilik. Contohnya http://www.bisnisindonesian.com, nah url affiliate yang akan anda promosikan adalah http://www.bisnisindonesian.com/?id=usernameanda. Bila calon pembeli membeli produk dengan url affiliate lainnya, tentu anda tidak akan mendapat komisi. Anda bisa menyembunyikan link affiliate anda dengan “cloaking URL”. Situs yang menyediakan cloaking url adalah bit.ly atau adf.ly Silahkan dicoba sendiri.

Tipe Pendapatan/Penghasilan Program Affiliate

Dalam program affiliate ada beberapa macam tipe pembayaran, dari komisi yang terkecil sampai yang terbesar. Anda bisa memilih salah satu.

1. PPS (Pay Per Sale). Anda mendapatkan komisi setiap orang yang anda refrensikan membeli produk pemilik program affiliate/merchant. Komisi yang anda dapatkan hanya ketika calon prospek/pembeli membeli produk atas rekomendasi anda. Anda tidak akan mendapatkan komisi bila tidak terjadi penjualan.

2. PPL (Pay Per Lead). Anda bisa mendapatkan komisi bila orang yang anda refrensikan menjadi “free member” atau calon prospek dari program affiliate. Biasanya orang yang menjadi free member ini akan berlangganan newsletter dari merchant. Bila mereka membeli produk, anda akan mendapatkan komisi PPS tadi.

3. PPC (Pay Per Click). Anda akan mendapatkan komisi bila ada orang yang mengklik iklan merchant. Untuk menjalankan PPC anda memerlukan blog/situs. Contoh PPC yang terkenal adalah google adsense.

Untuk contoh –contoh provider/merchant PPS, PPL dan PPC anda bisa cari sendiri via google. Ingat, belajar mandiri ^_^. Sebelum anda mengikuti program affiliate, saya sarankan anda mempelajari dulu merchant/providernya dengan melihat TOS dan FAQ.

Baca Juga : Bisnis Online PTC


Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Ada banyak cara untuk memulai bisnis model ini, semua terserah anda. Lakukan sesuai keinginan anda dan kesukaan anda. Berikut contoh untuk memulai bisnis affiliate marketing:

1. Menggunakan Blog. Salah satu cara mempromosikan url affiliate yang popular engan membuat blog. Dengan blog anda mempunyai basis untuk mempromosikan url affiliate anda bahkan produk anda sendiri. Silahkan membuat blog di blogger.com

2. Menggunakan Email tanpa Blog. Anda juga bisa mempromosikan url affiliate anda via email. Yang terpenting jangan melakukan spam.

Blog Monetizing / Site Monetizing

Blog Monetizing adalah bagaimana website atau blog kita bisa menghasilkan sesuatu dalam bentuk finansial. Artinya adalah blog kita tidak sekedar blog tempat curhat atau menginformasikan sesuatu, tetapi juga dapat memberikan penghasilan minimal untuk kelangsungan blog tersebut. Banyak cara atau program untuk memonetize blog sekarang ini. Sangat diwajibkan anda mempunyai blog, anda bisa membuat blog di blogger.com atau menggunakan wordpress.

1. Ads Publishing.

Blog Monetizing yang paling sederhana adalah ads publishing atau menerbitkan iklan pada blog. Ads Publishing cara paling mudah untuk mendapatkan uang karena tidak memerlukan produk atau menjual jasa anda.
Untuk Menjadi Ads Publishing, anda hanya membutuhkan 5 syarat. Yaitu:

1. Memiliki Blog.
2. Blog anda mempunyai content. Karena blog tidak akan berarti bila tidak ada isi/content.
3. Mendaftar ke provider/penyedia iklan. Pendaftaran ini gratis.
4. Menampilkan iklan. Iklan didapat dalam provider/penyedia iklan. Biasanya anda disuruh untuk menyisipkan script iklan pada blog.
5. Blog anda mempunyai traffic.
Contoh Ads Publishing yang terkenal adalah PPC. Anda akan dibayar ketika pengunjung blog anda mengklik iklan. Penyedia PPC dari luar adalah adsense dan bidvertiser. Penyedia PPC dari Indonesia/local, adalah kumpulblogger dan kliksaya.

Ada lagi Jenis ads publishing selain PPC. Yaitu Fixed Rate. Dengan system iklan fixed rate, anda akan dibayar setiap bulan oleh perusahaan periklanan berdasarkan jumlah iklan yang akan anda terbitkan pada blog. Tidak peduli apakah ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut.
Contoh Fixed Rate yang terkenal saat ini adalah TextLinkAds.com. Pembayaran textlinkads ini juga instant melalui paypal. Penghasilan kita juga bisa stabil.

2. Paid Review

Untuk menjalankan paid review, minimal blog anda harus mempunyai Pagerank. Anda bisa mendapatkan pagerank dengan mencari backlink dari blog yang sudah berpagerank tinggi. Anda akan dibayar bila anda membuat postingan yang mereview suatu produk. Biasanya anda diharuskan member backlink dengan anchor text tertentu.

Blogvertise.com dan reviewme.com adalah broker/penyedia layanan paid review yang saya gunakan. Silahkan mendaftar gratis disana. Sebenarnya banyak cara menghasilkan uang dari blog. Affiliate marketing itu sebenarnya juga termasuk blog monetizing. Untuk cara yang lebih spesifik, cobalah menginvestasikan uang anda untuk membeli produk informasi tentang bisnis online. Mungkin saya juga mau membuat produk informasi yang berbayar. Hehehe ^_^ tapi sibuk sekolah, gag jadi deh. X_X

Kini Saatnya Anda Beraksi

Setelah anda mengetahui banyak tentang realita bisnis online, mindset, tips menghindari kegagalan dan bermacam macam bisnis online. Saatnya anda beraksi. Aksi apakah yang dimaksud? Yups..mulai menjalankan bisnis online. Memang hanya dengan membaca dan memahami anda merasa sudah bisa menjalankan. Tetapi jika anda tidak mempraktekkannya, mungkin sia sia saja anda belajar bisnis online. Hanya dengan praktek kita mampu mengetahui sampai dimana kemampuan kita. Sebelum memulai
bisnis online anda, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal berikut ini. Diantaranya adalah..

Strategi Awal Bisnis Online

Menjadi pebisnis online yang sukses haruslah mempunyai sebuah perencanaan yang tepat dan pengetahuan tentang bisnis yang memadai. Selain itu dibutuhkan juga strategi di awal mula memulai bisnis online. Jika anda tidak mempunyai strategi di awal mula menjalankan, mungkin anda lama kelamaan tidak akan bertahan lalu mulai berhenti menjalankannya. Ini juga yang menyebabkan anda gagal.
Anyway saya share sedikit ya beberapa penyebab utama yang membuat pebisnis online pemula gagal dalam masa awal.

1. Tidak memiliki pola pikir yang benar.
2. Tidak memiliki fondasi dasar yang memadai dan kuat.
3. Tidak memiliki kunci strategi untuk membuka arah pertumbuhan dan perkembangan.
4. Tidak mempunyai rencana/strategi untuk sukses.

Faktor keberhasilan bisnis online lebih dipengaruhi oleh mental dan pengetahuan yang cukup tentang bisnis online. Jadi kegagalan bisnis online bukanlah karena sifat teknis. Contoh sifat teknis adalah anda menguasai html, anda menguasai cara mengupload video, anda bisa membuat website dan lain sebagainya. Pengetahuan teknis ini memang sangat membantu, tetapi keberhasilan anda tidak dipengaruhi oleh ini. Keberhasilan bisnis online tetap dikuasai oleh pola pikir yang benar dan tentunya pola pikir yang benar diperkuat oleh pengetahuan yang cukup. Pola pikir yang benar adalah: anda butuh kerja keras!

Strategi awal inilah yang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis online dengan meminimalkan faktor kegagalan.

Memulai Bisnis Online dengan Modal Minim

Hmm..apakah maksudnya minim adalah anda tetap mengeluarkan uang untuk bisnis anda tetapi dengan modal yang sedikit ? Kita itu sebenarnya sangat diuntungkan dengan bisnis online. Bayangkan sebuah usaha konvensional/offline yang membutuhkan karyawan, tempat usaha, modal yang besar dan beberapa hal lainnya yang anda butuhkan untuk menjalankannya. Tetapi dengan bisnis online, seperti TOKO ONLINE anda bisa menjalankannya sendiri atau dengan teman anda. Tidak memerlukan pegawai yang banyak, tidak butuh gudang, tidak butuh tempat yang luas atau bahkan bila anda menjual produk digital (ebook, video, software, jasa dll) anda tidak perlu melakukan pengiriman apapun. Inikah modal minim untuk memulai bisnis online?

Yang membuat perbedaan dasar antara bisnis online dan offline adalah internet memberikan peluang yang besar untuk pemain kecil, tidak kalah dengan peluang yang didapat oleh pemain besar. Dimana kita ini adalah pemain kecil. Itulah yang membuat internet sangat revolusioner sekaligus sering membingungkan pemain baru.
Sebenarnya modal terminim yang anda miliki adalah pengetahuan yang anda miliki saat ini. Bila anda mempunyai keahlian tertentu yang bisa ditawarkan, promosikan dan jual kepada calon pelanggan anda, inilah yang disebut bisnis online dengan modal minim. Temukan keahlian, minat atau hoby anda untuk mendapatkan modal paling minim. Misalkan anda suka bermain gym atau menguruskan badan, anda bisa membuat produk berisi cara sukses menguruskan badan atau mengecilkan badan. Yang pasti anda tidak akan mengalami kesulitan dalam hal ini. Dan anda tidak perlu membeli produk informasi atau lainnya. Jadi mulailah dengan hal yang anda suka.

Penutup
Semoga dengan membaca ebook sederhana yang sangat singkat ini anda bisa membuka pandangan baru tentang bisnis online. Atau anda bisa meminimalkan faktor kegagalan ketika anda memulai bisnis online.
Yang utama adalah anda mau BELAJAR, FOKUS, MANDIRI dan PRAKTEK agar benar benar memahami bisnis online. Jika tidak, anda hanya akan menjadi pengikut, konsumen dan penonton. Selalu mulailah dengan tindakan. BERANI GAGAL = BERANI SUKSES !

Bila anda ingin mendapatkan info, tips trik lainnya dari saya..silahkan berlangganan newsletter mingguan di bisnisindonesian.com

Artikel Terkait : Memulai Bisnis Online dan Internet Marketing


Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia