Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2016
Peluang Usaha Bisnis Online Indonesia Terpercaya 2017
Peluang Bisnis Online Indonesia
Bisnis Online

SEJARAH PERTUMBUHAN INTERNET

Ketika berbicara masalah Internet maka yang segera terlintas di benak kita adalah akses tanpa batas waktu dan jarak. Kita dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia dengan beragam status ekonomi, ras, profesi, pemikiran, dan banyak perbedaan lainnya. Internet mengintegrasikan banyak komputer yang terhubung secara luas di seluruh dunia dan di dalamnya terdapat sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis serta interaktif. Internet adalah media yang paling tepat untuk saling
bertukar informasi, berbagi pengalaman, dan bahkan lebih lanjut Internet dapat menjadi media untuk membangun bisnis. Maka merupakan hal yang sangat wajar apabila jumlah pengguna Internet selalu bertambah setiap tahunnya. 1969 adalah tahun yang mencatat awal sejarah kemunculan internet. Dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika (Defense Advanced Research Projects Agency) mengadakan sebuah program riset yang dikenal dengan nama ARPANET. Riset ini bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga terbentuk jaringan pada departemen ini. Tahun demi tahun ARPANET semakin berkembang dan mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sejarah mencatat Universitas London merupakan instansi yang pertama di luar Amerika yang menjadi anggota ARPANET. Selanjutnya terdapat banyak jaringan yang berkembang sehingga dibutuhkan sebuah protocol yang dapat menghubungkan banyak jaringan. Akhirnya pada tanggal 1 januari 1983 lahirlah Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) dan untuk mengidentifikasikan alamat pada jaringan komputer yang ada maka diperkenalkanlah DNS (Domain Name System) pada tahun berikutnya yaitu 1984. Sampai awal tahun 1990-an, Internet semakin banyak dipakai oleh berbagai kalangan dan sebuah aplikasi baru World Wide Web (WWW) temuan Tim Berners Lee telah membawa perubahan besar dalam perkembangan internet, dengan adanya WWW sebuah situs dapat tersusun dari sejumlah halaman informasi yang berisi teks, gambar bergerak, dan suara, bahkan video dengan cara meletakan link yang dapat membawa pengguna ke halaman yang dirujuk oleh link tersebut. Tahun 1992 muncul istilah “Surfing” di internet, sementara itu telah ada lebih dari sejuta computer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan. Kemudian pengguna internet semakin dimanjakan dengan kehadiran Yahoo sekaligus Nescape Navigator 1.0 pada tahun 1994. Hingga saat ini Internet masih terus menarik banyak peminat di seluruh dunia dengan berbagai aplikasi menarik yang ditawarkan.
Bahasan mengenai Internet adalah hal yang sangat kompleks, hal ini juga dikarenakan internet adalah bagian dari teknologi yang dengan cepat berubah. Seperti penggunaan kapitalisasi huruf. Ternyata ada perbedaan yang mendasar pada pengertian Internet apabila ditinjau dari segi penulisannya.

Istilah Internet dengan huruf ‘I’ besar adalah singkatan dari International Networking yang dapat diartikan sebagai jaringan komputer global yang terdiri atas jutaan komputer terhubung pada suatu jaringan yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan suatu protocol komunikasi yang sama yaitu Transmission Control Procokol / Internet Protocol (TCP/IP). Sedangkan istilah Internet dengan huruf ‘I’ kecil adalah singkatan dari Internetworking yang terdiri dari sejumlah komputer yang terhubung secara lokal dan bukan global seperti halnya Internet dengan huruf ‘I’ besar.

Pelopor Perkembangan Internet

Internet yang kita kenal saat ini tidak mungkin seperti sekarang ini tanpa kerja keras orang-orang yang sangat berjasa dibalik perkembangan internet. Berikut beberapa orang yang berjasa dalam perkembangan internet:

· Vannevar Bush
Vannevar Bush membangun badan militer U.S dan perkumpulan riset universitas yang nantinya akan dikembangkan menjadi ARPANET. Bush menulis deskripsi pertama tentang penggunaan potensial untuk teknologi informasi yang sangat menginspirasi para pelopor internet. Pada tahun 1940, presiden Roosevelt menunjuk Bush untuk menjadi
kepala badan riset pertahanan nasional untuk membantu dalam menangani perang dunia ke-2. Pada tahun 1941, Bush kembali ditunjuk untuk menjadi Direktur riset dan pengembangan ilmu pengetahuan yang bergerak pada bidang riset senjata-senjata.
Organisasi ini meperkerjakan sekitar 6.000 ilmuwan dan menjadi organisasi yang menjadi pengawas pengembangan bom atom.

· Claude Shannon
Dikenal dengan sebutan bapa teori informasi modern. Shannon menerbitkan buku “ A Mathematical Theory of Communication”. Pada bukunya ini, Shannon mengelompokan sebuah channel berdasarkan parameter tunggal dan kapasitas chanel. Selain itu, buku ini menunjukan bahwa mungkin saja informasi ditransmisikan pada kecepatan yang berbeda dibawah kapasitas transmisi dengan kemungkinan kesalahan yang kecil. Sebelumnya pada saat itu, teori yang berkembang mengatakan bahwa untuk dapat melaksanakan transmisi data dengan kemungkinan kesalahan yang kecil adalah dengan mengurangi kecepatan ratarata. Selain mengungkapkan teori diatas, Shannon juga merancang representasi informasi dalam angka 1 dan 0 yang sekarang dikenal dengan BITS. Ia kemudian membuat konsep transmisi data dalam BITS per detik. Pada tahun 1936, ia mendapatkan sebuah nobel untuk tesisnya yang berjudul “ A Symbolic Analysis of Relay and Switching Circuit” yang membahas tentang teknik matematika untuk membangun sebuah jaringan dengan fungsi logic.

· J.C.R. Licklider
Joseph Carl Robnett Licklider mengembangkan ide jaringan universal. Idenya ini terwujud ketika ARPANET dikembangkan. Licklider menyadari bahwa interaktif komputer dapat seorang asisten yang bekerja secara otomatis. Tahun 1960, pada sebuah seminar ia
menyampaikan idenya yang dikenal dengan “Man-Computer Symbiosis “. Pada seminar tersebut ia mendeskripsikan computer yang dapat berperan sebagai asisten yang dapat menjawab pertanyaan, menampilkan tampilan grafik,dan memperhitungkan solusi untuk situasi yang baru berdasarkan pengalaman di masa lalu, ia meramalkan bahwa pada masa yang akan datang hubungan simbiosis antara manusia dan computer akan menjadi semakin dekat.

· Paul Baran
Tahun 1959, seorang ahli pada bidang teknik yang bernama Paul Baran mengikuti organisasi RAND dari grup system penerbangan “Hughes”. Pada waktu itu angkatan udara Air Forces telah membangun sebuah jaringan computer untuk system pertahanan yang
sangat membantu dalam penanganan perbaikan keamanan pasca serangan nuklir oleh Uni Soviet. Baran memulai penelitiannya pada pengembangan jaringan komunikasi. Secara mendetail, penelitiannya mendeskripsikan arsitektur jaringan komunikasi paket switching. Jaringan ini didesain untuk mengatasi kesalahan komunikasi tanpa kehilangan komunikasi end-to-end. Sejak computer dapat saling dikomunikasi ke satu atau lebih computer maka dapat diasumsikan koneksi pada jaringan dapat mengalami kegagalan kapan saja dan pada waktu itu jaringan tidak memiliki control sentral untuk mengatasi masalah ini. Pada tahun 1964 arsitektur yang diciptakan oleh Baran didesain dengan baik untuk mengatasi konflik nuklir dan arsitekturnya ini membantu meyakinkan pihak militer U.S bahwa jaringan computer adalah teknologi yang sangat menjanjikan untuk masa depan militer. Pada akhirnya penelitian Baran mempengaruhi Robert dan Kleinrock untuk mengadopsi arsitektur Baran untuk pengembangan ARPANET beberapa tahun kemudian dan terus diadopsi sampai sekarang. Baran juga menerima beberapa penghargaan termasuk medali Alexander Graham Bell dan penghargaan Marconi.

· Ted Nelson
Ted Nelson adalah seorang tokoh yang sangat kotroversial pada dunia computer. Selama 30 tahun, ia memiliki ide yang sangat brilian tetapi tidak pernah ditunjukan pada proyek yang lengkap. Proyek terbesarnya adalah XANADU tahun 1967. Ia juga dikenal melalui ciptaannya yaitu “Hypertext”. Nelson tidak memiliki pengetahuan teknik untuk dapat memberitahukan orangorang tentang bagaimana idenya dapat diimplementasikan sehingga banyak orang yang mengacuhkan dia. Tetapi sejak ia mengumumkan XANADU, banyak orang-orang muda yang kemudian tertarik untuk mengembangkan ciptaan Nelson ini. XANADU terdiri dari jaringan World-wide yang memungkinkan informasi disimpan tidak sebagai file-file yang terpisah tetapi malah sebaliknya, informasi itu akan disimpan sebagai file-file yang saling terkoneksi satu sama lain. Pengguna dapat menyalin salinan virtual dari dokumen misalnya menyalin dokumen yang berlisensi, pemilik dokumen secara otomatis akan dibayar via elektronik untuk pembayaran atas pengunduhan dokumen mereka. Sebenarnya XANADU tidak pernah secara lengkap dibuat sehingga tidak bisa diimplementasikan.

· Leonard Kleinrock
Leonard Kleinrock adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital dan berjasa dalam membangun ARPANET. Pada tahun 1963, Kleinrock mengembangkan idenya lebih lanjut pada tesis Ph.D nya. Setelah menyelesaikan tesisnya, Kleinrock pindah ke UCLA dan kemudian membangun Network Measurement Center (NMC) yang diketuai oleh ia sendiri dan terdiri dari sekelompok orang yang bekerja pada bidang jaringan digital. Pada tahun 1966, Lawrance Roberts manajer program ARPANET memberikan kontrak kepada NMC sabagai partner kerjasama yang ideal untuk mengukur pelaksanaan ARPANET dan pada awal September 1969, tim NMC menghubungkan satu dari computer mereka ke sebuah interface message protocol yang menjadi node pertama di ARPANET dan menjadi computer pertama juga yang berada di Internet. NMC tetap berlanjut menjadi komunitas riset aktif dan telah mempublikasikan lebih dari 200 karangan dan telah menjadi 6 buku. Pada Agustus 1989, Kleinrock mengatur dan mengepalai sebuah symposium untuk memperingati pengembangan ARPANET yang telah mencapai tahun ke-20 yang kemudian memproduksi dokumen RFC 1121 yang berjudul “ The Act—The Poem”

· Larry Roberts
Lawrance Robert adalah manajer progam ARPANET dan mengetuai seluruh desain system. Setelah mendapatkan gelar Ph.D nya dari MIT, ia masuk menjadi anggota labolatorium Lincoln, disini ia melakukan riset mengenai jaringan computer. Pada pertemuan yang sangat penting tahun 1964, Roberts bertemu dengan J.C.R. Licklider yang menginspirasi Roberts dengan idenya untuk membangun jaringan komunikasi yang sangat luas. Pada Februari, 1965, direktur IPTO, Ivan Sutherland memberikan kontrak kepada
Roberts untuk mengembangkan jaringan komputer. Pada Juli, Roberts memberikan kontrak kepada Thomas Marill untuk memprogram sebuah jaringan dan kemudian pada oktober 1965, mereka berhasil menghubungkan 2 buah computer yang menjadi komunikasi jaringan pertama di dunia Selanjutnya pada tahun 1966, seorang ketua DARPA, Charlie Hertzfeld, menjanjikan jutaan dollar untuk Bob Taylor yang pada waktu itu menjabat sebagai direktur IPTO apabila ia dapat membangun dan mengatur sebuah jaringan komunikasi. Taylor yang sebelumnya telah terkesan dengan penelitian Roberts kemudian menawarkan Robert pekerjaan tersebut. Roberts yang merasa sangat tertantang dengan tawaran Taylor ini kemudian ikut serta dalam ARPA IPTO lalu ia menjabat sebagai ketua dari seluruh ilmuwan yang terlibat pada saat itu. Robert segera memulai penelitiannya pada desain system untuk sebuah jaringan komunikasi digital yang selanjutnya dikenal dengan ARPANET. Pada symposium ACM, oktober 1967, yang membahas mengenai prinsip-prinsip system operasi, Roberts mempresentasikan penelitiannya mengenai Multiple Computer Networks and Intercomputer Communication yang terdapat dalam program kerja ARPANET. Secara garis besar program kerja ini membahas pembagian sumber daya dalam jaringan. Komputer yang terdapat pada departemen yang berbeda dapat masuk kedalam computer lainnya dan dapat menggunakan program yang sedang dijalankan oleh computer tersebut, dengan demikian akan menghemat biaya pembelian program atau perancangan program, dan tentunya akan meningkatkan efektivitas kerja pada departemen tersebut. Selain penelitian yang telah disebutkan diatas, Roberts juga dikenal sebagai seorang yang berjasa dalam perkembangan TCP/IP. Roberts banyak menerima penghargaan atas penemuan-penemuannya yang sangat berguna dalam perkembangan jaringan computer, diantaranya adalah Secretary of Defense Meritorious Service Medal, Harry Goode Memorial Award, IEEE Computer Pioneer Award, Interface Conference Award, L.M. Ericsson prize for research, the IEEE Computer Society W. Wallace McDowell Award, ACM SIGCOMM communications award, dan masih banyak lainnya.

· Vinton Cerf
Vinton Cerf dikenal sebagai desainer protokol TCP/IP. Pada tahun 1972, Cerf ditunjuk sebagai ketua InterNetworking Working Group (INWG) yang telah membangun standar teknik umum untuk memungkinkan banyak computer dapat terkoneksi dengan ARPANET. Cerf banyak terlibat dalam beberapa proyek jaringan DARPA, yaitu diantaranya adalah Packet Radio Net dan Packet Satellite Network. Selanjutnya di tahun 1973, ia mengikuti Bob Kahn menjadi investigator sebuah proyek untuk desain generasi selanjutnya dari protokol jaringan yang diimplementasikan pada ARPANET. Kahn memiliki pengalaman dalam hal Interface message Protocol sedangkan Cerf memiliki pengalaman dalam hal Network control protocol, pengalaman mereka ini membuat mereka menjadi tim yang sempurna untuk membuat protokol TCP/IP. Cerf dan Kahn memulai proyeknya dengan membuat tulisan berjudul “A Protocol
for Packet Network Interconnection” yang mendeskripsikan dengan jelas jaringan merek. Pada September 1973, tulisan ini didistribusikan pada pertemuan INWG di Sussex University dan kemudian pada Mei 1974 di publikasikan secara resmi pada IEEE
Transactions of Communications Technology. Desember 1974, spesifikasi pertama teknik TCP/IP, dipublikasikan oleh Cerf
bersama dengan Yogen Dalal dan Carl Sunshine sebagai Internet Experiment Note (IEN) yang lebih dikenal dengan sebutan RFC 675. Mereka mendesain 32 bit IP address, dengan 8 bit untuk identifikasi sebuah jaringan dan 24 bit untuk identifikasi sebuah computer, yang menyediakan 256 alamat jaringan.

· Robert Kahn
Sama seperti Vinton Cerf, Robert Kahn dikenal juga sebagai pengembang protokol TCP/IP. Kahn memperoleh gelar Ph.D. nya dari Princeton University, kemudian ia bekerja pada Bolt Beranek and Newman dan membantu membangun the Interface Message Processor. Pada tahun 1972, Kahn bekerja pada IPTO pada bidang teknologi jaringan. Kahn memberikan sebuah demonstrasi jaringan ARPANET dengan menghubungkan 40 komputer yang berbeda. Hal ini membuat internet diketahui oleh banyak orang diseluruh dunia.
Selanjutnya Kahn bekerja pada pengembangan sebuah standar model jaringan arsitektur terbuka yang memungkinkan berbagai komputer dapat saling berkomunikasi. Kahn mendefiniskan 4 tujuan TCP desain, yaitu:
· Konektivitas jaringan : berbagai jaringan dapat melakukan koneksi ke jaringan lain melalui sebuah gateway.
· Distribusi : tidak ada administrasi jaringan pusat atau kontrol dari pusat.
· Penanganan eror : paket yang hilang dapat ditransmisikan kembali.
· Desain Black Box : tidak ada perubahan internal yang harus dibuat sebuah komputer agar dapat melakukan koneksi ke jaringan.
Pada tahun 1973, Vinton Cerf bergabung bersama Kahn. Mereka mulai dengan riset pada komunikasi data melewati jaringan paket radio dan kemudian mereka mempelajari protokol kontrol jaringan untuk selanjutnya membangun Transmission Control Protocol (TCP).

· Christian Huitema
Christian Huitema bergabung bersama Microsoft pada February 2000 sebagai arsitektur pada grup “Windows Networking & Communications”. Grup ini memimpin seluruh networking support untuk windows, termasuk TCP/IP, IPv6, komunikasi realtime, dan Universal Plug and Play (UP nP). Sebelum bergabung dengan Microsoft, Huitema adalah ketua ilmuwan dan anggota Telcordia, di laboratorium riset arsitektur internet Telcordia pada bagian Internet Quality of Service dan Internet Telephony. Huitema bergabung dengan Bellcore yang sekarang dikenal dengan Telcordia pada 18 Maret 1996. Dari 1986 sampai 1996, ia mengetuai proyek riset RODEO di Sophia, Prancis. Disitu ia berkerja pada implementasi inovasi protokol komunikasi, software dan Compilers. Salah satu hasil dari proyek riset ini adalah IP berbasis sistem videoconferencing H.261 yang didemonstrasikan pada tahun 1994. Hasil ini menunjukan bahwa komunikasi dengan video membuat internet menjadi lebih digemari. Huitema menulis banyak paper tentang computer science dan telah dibukukan menjadi 3 buku, yaitu “Routing in the Internet”, "IPv6, the new Internet Protocol", dan "Et Dieu créa l'Internet"

· Tim Berners-Lee
Tim Berners-Lee, lulusan dari Universitas Oxford, adalah penemu HTML. Ia memimpin konsorsium WWW, yaitu sebuah organisasi dengan misi mewujudkan seluruh potensi web. Pada tahun 1989, saat bekerja pada CERN, dengan background desain system pada komunikasi real-time dan pengembangan software “text processing “, Tim menemukan World Wide Web (WWW) berbasis internet dengan hypermedia yang menginspirasi komunikasi informasi secara global. Sebelum bekerja pada CERN, Tim telah menemukan system gambar computer.

· Mark Andreesen
Mark Andreesen adalah seorang mahasiswa dan asisten paruh waktu pada NCSA (National Center for Supercomputing Applications) saat WWW ditemukan. Posisinya di NCSA membuatnya menjadi mengenal dunia internet. Seperti kebanyakan orang yang akrab dengan internet, ia juga sangat akrab dengan web. Kebanyakan web browser yang tersedia pada saat itu untuk mesin UNIX yang harga nya sangat mahal. Hal ini berarti internet hanya dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki mesin tersebut. Selain harga yang tinggi untuk mengakses internet, pada saat itu juga browser cenderung menjadi aplikasi yang tidak bersahabat karena user interface nya yang membingungkan dan kebanyakan adalah text saja. Marc kemudian memutuskan untuk mengembangkan sebuah browser yang mudah untuk digunakan dan lebih menonjol sisi grafiknya. Pada tahun 1992 , Mark direkrut menjadi anggota NCSA. Bersama Eric Bina, ia bekerja tanpa lelah untuk mewujudkan mimpinya membuat sebuah browser. Akhirnya tercipta sebuah browser baru yang bernama MOSAIC. Browser ini lebih bernilai jual dari sisi graphic daripada browser lain pada saat itu. Seperti browser lainnya, MOSAIC didesain untuk menampilkan HTML dokumen, tetapi terdapat format tag-tag baru, seperti tag “center”. Selain itu terdapat pula tag “image” yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada halaman Web. Browser sebelumnya dapat menampilkan gambar tetapi ditampilkannya dalam file yang berbeda. MOSAIC membuat gambar dapat ditampilkan pada halaman yang sama. MOSAIC juga mendukung graphical interface dengan tombol yang dapat diklik yang memudahkan system navigasi user. Pada tahun 1993, MOSAIC dapat didownload pada NCSA server. seketika juga browser ini menjadi sangat populer. Selama 10 minggu, sekitar 1.000 orang mengunduh softwarenya. Pada Desember 1993, pertumbuhan MOSAIC sangat luar biasa ketika MOSAIC membuat halaman pertama “New York Times Bussiness”, pada halaman tersebut disebutkan bahwa MOSAIC adalah aplikasi yang berbeda dengan browser lainnya dan tentunya sangat berguna bagi para user. Administrator dari NCSA dikutip pada artikel yang ditampilkan pada halaman web tersebut dan nama Mark atau Bina tidak disebutkan pada artikel tersebut, hal ini membuat Mark memutuskan untuk pindah ke silicon valley, Caifornia satelah menamatkan kuliahnya dan ia akan memberikan pengembangan MOSAIC untuk NCSA.
Saat Mark tinggal di Palo, Alto dan disana ia bertemu dengan Jim Clark. Clark memiliki koneksi untuk membangun sebuah bisnis telekomunikasi. Mereka berdua memikirkan kemungkinan untuk membangun sebuah perusahaan dan akhirnya mereka tibapada sebuah kesepakatan untuk memulai sebuah perusahaan internet. Kemudian Mark menghubungi beberapa orang temannya yang bekerja pada NCSA dan menawarkan kepada mereka untuk menjadi tim engineering pada sebuah perusahaan komunikasi. Sehingga pada pertengahan tahun 1994, terbentuklah “Mosaic Communications Corp” yang berlokasi di Mountain View, California. Mark menjadi wakil presiden pada perusahaan tersebut. Tugas dari dari tim engineering pada waktu itu adalah membuat sebuah produk
yang dapat melebihi Mosaic sebelumnya. Tim tersebut bekerja mati-matian bahkan selama 48 jam mereka sanggup duduk di depan computer dan melakukan coding hanya dengan satu misi yaitu untuk dapat menciptakan suatu produk yang dapat menandingi versi Mosaic sebelumnya. Selanjutnya ketika program browser penanding Mosaic ini telah berhasil dibuat maka masalah penamaan produk adalah hal yang sangat penting. Akhirnya browser ini diberi nama Nescape.

Pertumbuhan Internet

Mengingat bahwa internet adalah bagian dari kebesaran teknologi yang selalu berkembang tanpa henti maka tidak mengherankan penggunanya pun selalu bertambah. Pertumbuhan tersebut cenderung didorong oleh kemudahan dalam mendapatkan informasi.
Berbagai informasi dapat dengan mudah didapat ketika anda mengakses internet, bahkan para ibu pun dapat mencari bahan-bahan dapur lewat internet. Sungguh menganggumkan bukan?. Inilah salah satu kelebihan internet yang membuatnya masih terus menambah jumlah pengguna sampai saat ini.
Menurut Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) pertumbuhan pengguna situs yang berakhiran ".id" tumbuh sekitar 53 persen per tahun dalam kurun waktu antara tahun 1998-2006. Selain itu pengguna blog di Indonesia pun mengalami kenaikan. Pada tahun 2007 jumlah para
Blogger hanya sekitar 130.000 orang, 2008 tumbuh menjadi 600.000 orang dan pada tahun 2009 semakin meningkat menjadi 1,2 juta blogger. Tetapi apabila kita melihat tingkat penetrasi internet berdasarkan wilayah, Asia termasuk wilayah yang tingkat penetrasi
internetnya rendah, masih sekitar 13,7 %. Belakangan diketahui penyebab dari rendahnya tingkat penetrasi ini adalah infrastruktur internet yang kurang berkembang sehingga pengetahuan mengenai internet tidak menjangkau pelosok-pelosok Asia. Memang perkembangan pengguna pada wilayah Asia tumbuh dengan pesat tetapi tingkat penetrasinya sangat rendah. Walaupun tingkat penetrasi internetnya terbilang rendah, Indonesia termasuk salah satu Negara di Asia yang memiliki jumlah pengguna internet mencapai 25 pengguna. Memang pengguna internet di Indonesia masih didominasi oleh orang-orang yang berada dikota-kota besar dan internet masih belum menjangkau seluruh pelosok di Indonesia, kalau pun ada pengguna nya terbilang sedikit. Sebenarnya, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang meningkat tajam disebabkan adanya kemudahan dalam mengendalikan informasi. Internet memungkinkan
penggunanya berinteraksi dengan bebas tanpa batasan wilayah. Akses internet dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dan media untuk mengakses nya pun kini telah beragam. Selain didominasi oleh para pekerja kantoran dan para pelaku bisnis, internet juga digandrungi oleh generasi muda saat ini. Kebanyakan dari mereka menggandrungi situs pertemanan yang sekarang banyak berjamur di internet.

Artikel Terkait : Sejarah Pertumbuhan Internet


Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia
Peluang Bisnis Online Terpercaya Indonesia